1 Cara Membedakan Anakan Lovebird Jantan atau Betina Usia Hari

0
25514
anakan lovebird jantan dan betina
Foto : https://www.facebook.com/omfaiz.agiztsport

Anakan Lovebird Jantan dan Betina – Membedakan jenis kelamin lovebird memang termasuk gampang-gampang susah karena lovebird adalah salah satu burung yang berjenis monomorfik, yaitu antara jantan dan betina sangat mirip dan serupa.

Membedakan lovebird jantan dan betina bisa jadi sangat penting bagi para penghobi lovebird. Selain untuk kepentingan ternak jenis kelamin lovebird juga bisa menentukan proses rawatan yang tepat untuk lovebird kicau. Apalagi bagi anda yang bermain lovebird warna, mengetahui jenis kelamin lovebird sangatlah penting baik untuk identitas ataupun untuk menantukan warna pasangannya.

Sebenarnya sudah saya bahas membedakan lovebird jantan dan betina secara lengkap bisa dibaca disini : membedakan lovebird jantan dan betina. Tapi kali ini saya ingin coba menyampaikan bagaimana cara membedakan anakan lovebird jantan dan betina.

Loh membedakan lovebird dewasa saja cukup sudah ini lagi membedakan lovebird anakan? Tenang saja metode ini ketepatannya cukup besar, bahkan bisa digunakan untuk membedakan anakan lovebird jantan dan betina mulai usia hitungan hari, tapi saya patok saja mulai 7 hari untuk mempermudah. Bagaimana caranya? Mari disimak

Membedakan Anakan Lovebird Jantan atau Betina

Caranya dengan menggunakan bandul yang digantungkan benang. Sebaiknya bandul terbuat dari logam, baik jarum, cincin besi, cincin emas dll. Saya menggunakan jarum karena lebih mudah penggunaannya. Berikut langkahnya :

  • Pegang cindil lovebird sekiranya dia nyaman, lalu gantungkan bandul dari jarum tadi diatas kepala anakan lovebird, pegang dengan tangan agar efeknya lebih bagus dan mudah terlihat.
  • Perhatikan bandul, jika bandul bergerak berputar maka kemungkinan betina, jika bandul bergerak bulak-balik (lurus) kemungkinan jantan
membedakan-lovebird-jantan-dan-betina-dengan-pendulum
Foto : https://www.youtube.com/watch?v=xYTl-YtFl60

Logikanya karena burung jantan dan betina mempunyai medan magnet yang berbeda yang terpusat dikepalanya. Perbedaan medan magnet ini membuat bandul yang terbuat dari logam bergerak berbeda pula. Medan magnet ini selain dimiliki burung lovebird dimiliki juga oleh hampir seluruh burung menurut saya dari merpati, cucak rowo dll.

Membedakan anakan lovebird jantan dan betina memang sangat banyak sekali cara dan metodenya baik melihat fisik atau prilaku. Nah dengan menggunakan metode ini kita bisa membedakan lovebird jantan dan betina dari anakan atau cindil itungan hari. Kesulitannya biasanya sulit menempatkan bandul diposisi yang pas dan melihat pergerakan bandul. Jika sudah terbiasa insya allah hasilnya akan lebih akurat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.