Pemeliharaan dan Perawatan Sugar Glider yang Benar

In Sugar Glider 184301 views

Perawatan sugar glider yang benar wajib dilakukan oleh para pemelihara sugar glider. Pasalnya ada beberapa pemelihara yang bosan dalam memelihara sugar glider akhirnya tidak terurus dengan baik dan bisa mengakibatkan kematian terhadap sugar glider. Pemeliharaan sugar glider mencakup sarana tempat, perawatan, makanan, resiko memelihara sugar glider dan beberapa hal yang akan dihadapi saat memelihara sugar glider akan dibahas disini.

sugar-glider

Sebelum membeli sugar glider pastikan terlebih dahulu beberapa hal dibawah ini terpenuhi :

  • Pastikan anda memang suka dan mempunyai waktu yang cukup untuk untuk merawat sugar glider atau anda memiliki waktu sisa untuk merawatnya. Karena binatang ini adalah salah satu binatang yang manja yang butuh banyak perhatian dari pemiliknya.
  • Mempunyai kandang dengan ukuran yang cukup. Kandang sugar glider idealnya berukuran besar karena hewan ini sangat aktif dan tidak akan suka jika dipelihara dikandang yang sempit
  • Pelajari dulu tentang karakteristik dan pemeliharaan SG
  • Pelajari jenis dan harga sugar glider untuk panduan
  • Beli sugar glider di peternak lebih baik. Jangan sampai beli sugar glider liar yang sulit jinak dan suka mengigit. Walau sugar glider yang berasal dari peternak juga suka mengigit tetapi tidak seganas yang liar.
  • Belilah sugar glider (joey) yang sudah cukup umur. Jangan terlalu muda, minimal 1.5 bulan tetapi lebih disarankan 2 bulan atau telah OOP (out of pouch)
  • Pilihlah SG yang berkualitas baik, sehat, aktif, anggota tubuh lengkap, gigi tidak dipotong dan bulu tidak rontok.
  • Sugar Glider dapat hidup selama 10 – 14 tahun dengan perawatan (makanan, lingkungan, dll) yang benar, karena itu pastikan kamu memiliki komitmen untuk merawat hewan selama itu.

Perawatan dan Pemeliharaan Sugar Glider

Perawatan sugar glider. Siapkan kandang sugar glider yang luas dan cukup untuk bergerak. Sediakan air minum dengan tempatnya, lebih baik menggunakan dot hamster agar air terjaga kebersihannya dan tidak basah kemana-mana. Kenalkan dot sebagai air minum dengan cara menempelkan atau menyodorkan ujung dot kepada sugar glider. Air dalam dot juga bisa diberikan sedikit madu karena sugar glider suka yang manis-manis. Lebih baik gunakan air minum matang yang bersih jangan menggunakan air kran.

Letakkan kandang dari jangkauan hewan lain seperti kucing atau anjing, karena sugar glider akan merasa panik dan tidak tenang. Jauhkan juga dari suara bising karena sugar glider mudah sekali terkejut. Hindari pula cahaya langsung karena mata sugar glider sangat sensitif terhadap rangsangan cahaya sehingga akan mengejutkan dan membuat silau, habitat asli sugar glider memang di daerah yang teduh dan gelap.

merawat-sugar-glider

Dalam memelihara sugar glider perlu adanya kesabaran karena sugar glider mempunyai waktu adaptasi yang cukup lama pada lingkungan barunya. Penjinakan dan bonding (ikatan) terjadi dalam hitungan minggu bahkan bulan, tidak sehari dua hari. Untuk mempercepat proses adaptasi dan bonding maka biarkan dulu SG yang baru di kandang 1-2 hari dan jangan di sentuh atau di ganggu, letakkan baju bekas anda di sekitar kandang itu akan mempercepat SG untuk menghafal bau anda. Jika sudah terlihat tenang maka bisa dengan memegang memberi makan dengan tangan, mengajak jalan-jalan SG anda. Selama proses itu anda harus hati-hati jangan biarkan sugar glider anda tersakiti, karena anda perlu meyakinkan sugar glider bahwa manusia bukan ancaman bagi mereka.

perhatikan kuku pada sugar glider. Segera potong jika terlalu panjang (*cara memotong kuku sugar glider) . Segera periksakan sugar glider jika terlihat sakit. Tandanya yaitu mata sayu dan terlihat lemas atau prilakunya tidak seperti biasanya.

Makanan Sugar Glider

Sugar Glider termasuk binatang omnivora, yang berarti mereka bisa (mau) makan hampir semua jenis makanan. Secara alami makanan sugar glider adalah getah pohon, nectar, buah-buahan, dan serangga. Kita tidak mungkin bisa menyediakan makanan yang sama persis seperti makanan di alam tetapi kita bisa mensiasati makanan yang mirip atau mengandung kandungan sejenis. Ada beberapa makanan jadi sugar glider yang telah diproduksi perusahaan, maka pilihlah makanan yang anda yakini komposisinya tepat.

Sugar glider sangat suka makanan manis, salah satunya buah-buahan, buah-buahan adalah makanan sampingan yang sangat bagus dan sangat disarankan untuk diberikan setiap hari berdampingan dengan makanan utama yang Anda berikan untuk SG Anda. Salah satu buah yang disarankan untuk diberikan kepada sugar glider setiap hari adalah buah pepaya, didalam buah pepaya banyak terdapat kandugnan kalsium yang tinggi dan mempunyai tekstur yang lembut. Kandungan kalsium bisa membantu mencegah Hind Leg Paralysis.

Anda juga bisa bereksperimen memberikan makanan apa saja yang sekiranya aman untuk sugar glider. Hindari beberapa makanan ini : susu, bawang-bawangan, buah yang terlalu kecut. Jika anda ragu sebaiknya jangan diberikan kepada sugar glider.

Kandang dan Mainan Sugar glider

Sugar Glider adalah hewan aboreal yang sangat aktif, maka semakin besar kandang akan semakin bagus. Sugar glider adalah binatang yang suka bergerak bebas, jika kandang semakin luas maka akan lebih mudah bergerak. Sugar Glider adalah hewan yang sangat aktif dan memiliki rasa penasaran tinggi. Sugar glider yang kita pelihara menghabiskan banyak waktu di kandang, maka secara psikologis mereka akan bosan. Memberikan mainan berguna untuk memenuhi kebutuhan psikologis mereka, tidak hanya sekedar hiasan kandang tetapi mainan juga akan membuat mereka tidak bosan di kandang. Selain berfungsi sebagai hiasan kandang mainan seperti wheel juga bisa berfungsi untuk sarana berolahraga bagi sugar glider.

kandang-sugar-glidersource : fjb.kaskus.co.id

Pemilihan mainan juga perlu diperhatikan. Ingat hindari mainan kucing yang diolesi minyak catnip yang beracun bagi sugar glider. Sugar glider suka sekali bermain dengan akar-akaran, kita bisa menggantinya dengan tali atau rantai plastik kecil di kandangnya. Secara rutin bersihkan mainan, terutama yang terbuat dari kayu, karena bakteri bisa masuk lewat pori-pori kayu. Kandang jangan sampai lembab karena kotoran, bersihkan pula kandang secara rutin. Untuk lebih jelasnya sudah di posting di post sebelah kandang dan aksesoris sugar glider

Kenapa Sugar Glider Memakan Anaknya Sendiri (Rejected Joey)
Kenapa Sugar Glider Memakan Anaknya Sendiri (Rejected Joey)
SG Memakan Anaknya Sendiri (Rijek Joey) – Dalam
Pertumbuhan Sugar Glider IP, OOP, Joey Sampai Dewasa
Pertumbuhan Sugar Glider IP, OOP, Joey Sampai Dewasa
Pertumbuhan Sugar Glider – Sugar glider adalah salah
Makanan Sugar Glider untuk Berbagai Usia
Makanan Sugar Glider untuk Berbagai Usia
Makanan Sugar Glider – Sugar glider termasuk kedalam binatang
Cara Mengembangbiakkan dan Mengawinkan Sugar Glider
Cara Mengembangbiakkan dan Mengawinkan Sugar Glider
Cara Mengawinkan Sugar Glider – Setelah sebelumnya Sudah
Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina
Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina
Membedakan Sugar Glider Jantan dan Betina – Sugar
Cara Mudah Melatih Sugar Glider
Cara Mudah Melatih Sugar Glider
Melatih sugar glider – Sugar glider bisa
Perhatikan Resiko Memelihara Sugar Glider Sebelum Memeliharanya
Perhatikan Resiko Memelihara Sugar Glider Sebelum Memeliharanya
Resiko Memelihara Sugar Glider – Resiko? memang
Cara Memotong Kuku Sugar Glider dengan Benar
Cara Memotong Kuku Sugar Glider dengan Benar
Memotong kuku sugar glider. Sugar glider adalah
Kandang dan Aksesoris Sugar Glider
Kandang dan Aksesoris Sugar Glider
Kandang sugar glider adalah hal yang wajib
Jenis dan Harga Sugar Glider
Jenis dan Harga Sugar Glider
Jenis Sugar Glider – adalah hewan asli asal
  1. aria romanov3 years ago

    Makanan sugar glider pengganti ulat hongkong hidup. Praktis, lebih higienis,telah teruji kandungan nutrisinya dan terbukti di sukai oleh sugar glider. Klik link di bawah ini untuk info detailnya

    Reply
  2. yoha3 years ago

    Itu maksudnya kita diemin di kandang 1-2 hari ,nah trs kita ngasih makannya gimana ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      buka kandangnya, kasi makan pake tangan (hans feed)

      Reply
  3. Husein3 years ago

    Apakah SG yg gemuk mengerti dg program diet???

    Krn SG sy nafsu makannya berkurang, yang biasanya 5-6 kali makan sehari, sekarang cuma 1 x sehari, kadang jg gak mau makan, tp SG sy tetep aktif, sehat, gak ada tanda2 sakit, dan gak ada perubahan perilaku…

    Mohon pencerahannya…

    NB : SG albino betina, umur 5 bln lebih, kandang 1 x 1,5 meter…

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kalo mengerti atau tidak saya kurang tau mas. kalo normal kayaknya ga ada masalah, terlalu gemuk ga baik juga

      Reply
  4. Hary2 years ago

    Apakah beresiko kalo saya beli sugar glider yg berumur kurang dari 1 bulan?? Mohon pencerahannya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      sangat mas. karena joey yang terlalu kecil masih butuh susu induknya, rawan mati. minimal-minimal 1,5 bulan lah sampai bisa makan sendiri, atau 2 bulan lebih baik

      Reply
  5. ricky2 years ago

    Gmn kalo lagi hamil? Apa dipisahkan? Soal nya anak nya dimakan
    Tolong jelaskan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      ga usah dipisah. Kalo dimakan namanya di reject (normal memang ada kalanya gini), biasanya di reject sama indukan karena anakny dinilai ga bisa selamat atau salah perawatan. Kasih makan yang cukup buat indukannya selama ip yah

      Reply
  6. zhen2 years ago

    sy baru punya sg kemarin malem,kenapa ya sg nya sering diem di dlm kantong tidur mulu ga mau keluar. makan jg harus di suap pake jari. amankah kalo dia ga makan. ukurannya dah gede tp ga tau usianya. makasih infonya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      biasanya sih makan jago, apakah masih aktif SG nya?

      Reply
  7. dany winardy2 years ago

    saya baru dapet sg umur sekitar 1,5 bln
    saya gasengaja dikasih susu karna gatau itupun disuapin,
    dan sekarang udh disediain bubur dan buah apa dia mau makan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      bisa om, mau makan ko, biasanya kalo dah laper nanti dia makan, suapin aja nanti di jilatin

      Reply
  8. Julia2 years ago

    Sg saya lg ga aktif nih klo malam. Mgkin gk gara” d ajak pegi kliar ? Stress gitu mksudny. Harus d apain ya? Soalny berkurang makanny

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      diliat dlu bisa jadi sakit atau kenapa. coba seling makanannya

      Reply
  9. Sony2 years ago

    Saya baru punya sg.. Umurnya 1,5 bulan. Nah dia diem trs di kantong rumahnya. Itu sakit atau cuman awal aja? Klu awalnya gtu sampe kapan? Makasih

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      kalo baru memang gitu mas, dia adaptasi sama lingkungan dulu, apalagi kalo cuma miara 1 ekor

      Reply
      • Sony2 years ago

        Dia ga bsa di ksh mkan pke tangan.. Langsung marah.. Jdi saya taro ja ditempat makan.. Pedahal awalnya bsa.. Cara biar jinak gmn caranya

        Reply
  10. Anis2 years ago

    saya baru beli sg umurnya baru 1,5 bulan
    cara beradaptasi yang baik sg dengan majikan baru nya gimana yah ? biar selalu jinak

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      sering-sering dipegang di ajak main, diberi makan dengan tangan, lama-lama nanti hafal pemiliknya

      Reply
  11. Fasha2 years ago

    Mas saya peliharq sg tapi sya punya 2 kucing persia tapi mereka ngak gangubapakah tidak apa apa

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      asalkan ga ganggu ga masalah um, sukur2 kalo akur hehehe

      Reply
  12. kelvin M2 years ago

    saya beli sg umur 1.1 bln mas pas mau di pegang dia kayak triak2 gitu kenapa ya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      normal mas kalo baru emang gitu, sring2 aja di pegang, btw itu kemudaan umur 1 bulan

      Reply
  13. Anissa Virgita2 years ago

    Kak bagaimana membagi jadwal / meluangkan waktu antara kerja di kantor yang kerja dari Senin – Jumat dengan merawat SG ? Yang tidak bisa bermain setiap hari dengan SG

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      Pagi sebelum berangkat bisa di beri makan dulu yang agak banyak sediain di kandangnya bisa buah atau serangga kesukaan, pulang sore asumsi jam 5-7, malam juga bisa di kasi makan sambil bermain sama SG, SG pada dasarnya hewan nokturnal jadi main malem juga ga masalah kok, week end bisa di ajak main sepuasnya

      Reply
  14. dewi2 years ago

    gan ini aku adopsi punya temenku dia opp 2 mingguan ,amankah jauh dari induknya, dy gak crabing diem aja maunya minum air putih aja,gimana penangannya gan?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      coba di suapin bubur um mau ga?

      Reply
  15. Raditya Kenneth2 years ago

    Gan saya baru punya SG umur 1,5 bulan,
    Kalo ngasih makan sebaiknya 1 hari berapa kali??..

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      2-4 kali sehari um + kasi cemilan juga gpp

      Reply
  16. Theo1 year ago

    Om,master mau tanya kalau pelihara sg bagus nya 1/e apa sepasang.dan sedangkan saya masih kuliah takut sibuk jarang dimainin apakah bisa berakibat stress??? Terimakasih

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang1 year ago

      bagusnya sepasang kalo sering ditinggal

      Reply
  17. Pires1 year ago

    Gan Kok Sg Saya Nyaa 1,5 Bulan,Kok Dia Gak Mau Makan Yaa Gan ???

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang1 year ago

      coba disuapin gan

      Reply
  18. Panji1 year ago

    Saya baru beli sg tapi di rumah ada burung love bird , apa sgnya harus dijauhkan sama lovebirdnya ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang1 year ago

      gpp ko, bisa berdampingan juga.

      Reply
  19. Dafiqa11 months ago

    Kan sugar glider hewan aktiv ya?l. Kalau saya lepas aja dikamar stlah sugar glidernya kenal majikannya boleh ga? Gausah dikandangin biar main kmna2.
    Saya baru mau pelihara lg baca2 dulu ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang11 months ago

      boleh, bisa dikasih kandang juga nanti dia masuk sendiri. tapi perlu latihan, pembiasaan, dan ati2 kalo ada kucing 😀

      Reply
  20. Rudy5 months ago

    Master PB saya mau nanya donk, saya kan baru beli SG umur 3bln jantan.
    Tapi setiap tangan saya masukin kandang di gigit master..!! Itu kenapa yah master ? Itu wajar apa emang ada yang salah dengan perawatan nya yah master..!! untuk jinakin yang seperti itu bagaimana master ? Tolong saran dan masukan nya master terima kasih.

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang5 months ago

      Pelan-pelan mas, kalo adop usia 3 bulan udah masuk usia remaja jadi emng aga giras, kalo mau yang jinak adop usia 2 bulanan. Kalo dh terlanjur jinakinnya pelan-pelan. Mulai kasih makan, deketin, kasih makan pake tangan, deketin, usahain dia jadi ketergantungan sama kita dan tau kalo kita yang kasih makan. lama2 bisa jinak, asal sabar

      Reply
  21. Rudy5 months ago

    Baik master, terima kasih master masukan nya.
    Master baik nya kasih makan apa yah?yang SG sukain, saya kasih Sun Pinsang (bubur bayi)

    Reply

Leave a reply "Pemeliharaan dan Perawatan Sugar Glider yang Benar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top
error: Content is protected !!