Perawatan Anis Kembang Mabung Agar Cepat Selesai dan Tuntas

0
38096
anis-kembang-mabung-cepat-selesai
Foto dari https://www.facebook.com/eradithya1

Perawatan Anis Kembang Mabung – Salah satu jenis burung anis ini memang banyak dipelihara para kicau mania. Pasalnya selain mempunyai postur yang bagus, warna yang indah juga kicauannya sangat merdu dengan variasi khasnya yang membuat banyak orang jatuh hati pada anis kembang ini.

Anis atau punglor kembang ini perlu dirawat dengan baik agar bisa mengeluarkan kemampuan berkicaunya yang maksimal. Ga mau kan beli mahal-mahal tapi malah drop atau bahkan rusak. Selain perawaan harian anis kembang salah satu yang perlu diperhatikan dalam merawat anis kembang yaitu perawatan anis kembang mabung.

perawatan-anis-kembang-mabung
Foto dari https://www.facebook.com/novan.a.rizky

Masa mabung adalah masa normal dan alamiah dimana burung mengganti bulu lamanya dengan bulu-bulu baru. Siklus mabung ini berlangsung 1-2 kali dalam setahun (tergantung kondisi burungnya). Pada umumnya setelah masa mabung selesai burung kicau biasanya mengeluarkan kemampuan maksimalnya (top performa), tetapi jika salah rawat ketika masa mabung burung bisa jadi mabungnya lama dan tidak tuntas, yang lebih buruk setelah selesai mabung bisa jadi burung drop dan macet bunyi.

Oleh karena itu punglor kembang mabung perlu diberikan rawatan khusus agar mabungnya cepat selesai dan tuntas. Terlebih jika anis kembang mabung pertama kalinya. Oh iya mungkin ada yang penasaran berapa lama anis kembang mabung? Biasanya anis kembang mabung sekitar 2-3 bulan normalnya.

Anis Kembang Mabung

anis-kembang-mabung
Foto dari https://www.facebook.com/profile.php?id=100009160706114

Tanda anis kembang akan mabung yaitu bulu terlihat kusam, sebagian ada yang pecah dan mengering, burung malas berkicau, malas mandi, jika dilihat didasar sangkar maka beberapa bulu halus akan berjatuhan. Untuk itu perlu segera diterapkan perawatan anis kembang mabung.

  • Pisahkan anis kembang yang sedang mabung dari burung sejenis atau burung lainnya, sendirikan di tempat yang tenang dan sepi. Tujuannya agar AK merasa tenang ketika merontokkan bulunya tidak terpancing berkicau, karena akan menguras energi.
  • Jangan dulu mandikan AK selama masa ngurak (rontok bulu). Agar kepanasan dan bulu lebih cepat rontok. Ak mulai dimandikan kembali saat bulu-bulu baru pada ekor sudah tumbuh separuh.
  • Jangan jemur AK selama mabung, agar tidak stress dan birahinya naik. Jika birahi naik bulu sulit copot.
  • Kerodong anis kembang selama mabung, cukup angin-anginkan pada pagi dan sore sembari mengganti air minum dan pakan.
  • Bila bulu rontoknya lancar maka tidak perlu mengganti voer, jika bulu copotnya alot maka ganti voer dengan voer yang mengandung protein tinggi seperti pelet anak ikan lele atau voer anak ayam.
  • Selama proses rontoknya (ngurak) bulu stop pemberian EF agar bulu lebih cepat copot. Cukup beri voer dan pepaya saja. Kembali berikan EF ketika semua bulu ekor atau sayap sudah lepas semua, bahkan berikan EF porsi double untuk mempercepat pertumbuhan bulunya. Apalagi setelah selesai mabung agar naik lagi birahinya.
  • Rajin-rajin kontrol kebersihan kandang, kontrol makanan dan minum karena kondisi yang di krodong jadi biasanya kurang terpantau.
  • Bila bulu jarum sudah mulai tumbuh AK bisa di master dengan masteran hidup atau mp3, klik : download suara anis kembang

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.