Cara Melepas Lem Kaca, Bongkar Aquarium

0
49547
cara melepas lem kaca

Cara Melepas Lem Kaca – Dalam hobi memelihara ikan baik itu ikan air tawar ataupun ikan air laut tentu kita membutuhkan yang namanya tank atau aquarium. Tank ini bisa digunakan untuk merawat ikan air tawar, air laut, atau bisa juga digunakan untuk membuat aquascape.

Saat membuat tank tentu harus dikonsep sedemikian rupa sesuai dengan apa yang akan kita terapkan pada tank tersebut. Tetapi tank atau akuarium atau Aquascape yang sudah jadi dirakit ada saja yang salah atau terlewatkan atau bahkan kurang puas dengan bentuknya, padahal tank-tersebut sudah di lem dengan kuat.

Oke kali ini hewanpeliharaan.org akan sedikit membahas tentang teknis melepas lem kaca di aquarium atau aquascape dengan mudah dan tanpa merusak tank. Kebetulan kemarin sore saya baru saja melepas kaca pada aquarium yang salah pemasangan sekatnya.

Sedikit tips dari saya saat melepaskan lem kaca di aquarium kita harus sabar dan tidak buru-buru, karena jika salah menekan sedikit saja kaca bisa retak atau bahkan pecah. Oke langsung saja kita bahas cara melepaskan lem kaca dibawah ini.

Cara Melepaskan Lem Kaca di Aquarium

Alat melepas lem kaca

Untuk melepaskan lem kaca sediakan beberapa alat yang akan kita gunakan

  1. Benang pancing
  2. Cutter kecil/silet
  3. Thinner (Optional)
  4. Camilan hehe

Bongkar lem silikon kaca

1. Untuk mempermudah proses melepaskan lem kaca bisa dengan menggunakan thinner terlebih dahulu, menggunakan kuas oles-oles lem dengan thinner agar mudah mengelupas.

Penggunaan thinner ini bebas yah, bisa pake bisa tidak. Pengalaman saya kemarin tidak pake thinner juga bisa kok, tapi ini untuk lebih memudahkan pekerjaan kita saja.

2. Lalu siapkan cutter berukuran kecil yang tajam atau menggunakan silet yang lebih tipis. Perlahan-lahan kerok atau belah lem kaca yang melekat, perlahan-lahan dan sabar yah hehehe. buat jalur untuk memudahkan dalam mencopot lem kacanya.

3. Siapkan benang pancing atau benang apa saja yang tipis dan kuat, ukuran benang yang saya gunakan 0,30 mm, mungkin jika lebih tipis akan lebih mudah masuk ke celah, tetapi akan lebih rapuh juga jadi kira-kira ukuran terbaik menurut saya ya kisaran 0,26mm – 0,30 mm.

Setelah benang pancing siap lalu gunakan benang untuk memotong lem pada sekat-sekat kaca, gesekkan benang pada lem kaca secara perlahan, kuat, dan hati-hati. *gambarnya diambil dalam kondisi gelap, maaf yah ga jelas hehehe

cara-melepas-lem-kaca-dengan-benang-pancing

4. Setelah lem terpotong sempurna coba geser-geser kaca pelahan, potong lem yang masih melekat (biasanya pada bagian bawah yang agak sulit) dengan cutter atau silet.

5. Jika sudah terpotong semua lemnya insya allah kaca bisa dilepaskan. Jangan mencoba untuk mencongkel kaca dengan benda keras yah. Selamat mencoba dan hati-hati.

Selain untuk melepas lem kaca pada aquarium cara ini bisa bisa digunakan untuk berbagai keperluan, misal melepas lem kaca film pada mobil, melepas lem kaca pada perabotan dan lain sebagainya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.