CO2 DIY Aquascape CISOD VS RAGUL Bagus mana?

0
1318
CO2 ragul vs cisod bagus mana
Foto : https://www.facebook.com/kresna.cassells

CISOD VS RAGUL Bagus mana? – Bagi teman-teman aquascape yang suka dengan DIY-DIY atau memang ingin menghemat anggaran tentu saja membuat CO2 DIY itu wajib hukumnya dalam dunia aquascape.

Seperti yang telah dibahas di postingan sebelumnya bahwa manfaat CO2 bagi aquascape sangatlah vital, terutama bagi teman-teman yang ingin menanam atanaman dengan kebutuhan CO2 yang tinggi.

Lalu jadilah 2 opsi cara membuat CO2 aquascape DIY, yaitu dengan metode ragul (ragi dan gula) dan CISOD (citrun dan soda). Kedua racikan tersebut menjadi menu andalan dikalangani aquascaper. Selain hemat juga mampu menghasilkan CO2 yang baik bagi asupan tanaman dalam tank.

Lalu timbul pertanyaan, dari kedua metode pembuatan CO2 tersebut mana yang lebih baik? Oke saya jabarkan kelebihan dan kekurangan co2 dengan Cisod dan ragul. Mana yang lebih lama? Mana yang lebih aman? Mana yang lebih kuat?

CISOD VS RAGUL Bagus mana?

CO2 Ragul (Ragi-gula)

ragul-vs-cisod-bagus-mana-CO2-aquascape
Foto : https://www.facebook.com/andrianafirmansyah15

Kelebihan ragul

  1. Peralatan sederhana, mudah didapatkan dan mudah dalam proses pembuatannya.
  2. Bahan-bahan campuran bisa didapat dengan mudah, bahkan di warung terdekat pun ada.
  3. Bisa bertahan sekitar 2 minggu. Bahkan ada yang mencapai 1 bulan lebih dengan menambahkan bahan baking powder, pupuk NPK, atau pupuk dekastar.
  4. Tidak ada resiko meledak, karena tekanan relatif kecil (dengan syarat bahan-bahan racikannya tidak over, kalo over meledak juga).

Kekurangan ragul

  1. Tekanan yang dihasilkan relatif sehingga tidak bisa menembus diffuser buatan pabrik. (beberapa ada yang berhasil tembus tetapi harus dikondisikan).
  2. Tidak bebas mengatur kecepatan gelembung per detik (bubblr per second). Melainkan harus mengatur jumlah takaran ragi atau menambah jumlah tabung reaksi agar mendapatkan tekanan yang optimal
  3. Waktu menunggu reaksi cukup lama bahkan bisa sampai 24 jam lebih

CO2 Cisod (Citrun-soda)

cisod-vs-ragul-bagus-mana-CO2-aquascape
Foto : https://www.facebook.com/profile.php?id=100022349329339

Kelebihan Cisod

  1. Tekanan yang dihasilkan cisod cukup besar, bisa sampai sekitar 30 psig, sehingga bisa menembus diffuser buatan pabrik.
  2. Bisa mengatur kecepatan gelembung dengan mudah
  3. Tidak berbau
  4. Bahan mudah didapatkan
  5. Bertahan sampai 2-3 minggu tergantung pemakaian dan bukaan keran

Kekurangan Cisod

  1. Peralatan yang harus baik, mulai dari botol wajib menggunakan botol bertekanan, selang tebal, lem, dll.
  2. Resiko bocor cukup besar, apalagi dengan tutup botol DIY.
  3. Resiko meledak karena tekanan yang cukup besar.

Nah itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan 2 metode pembuatan CO2 untuk aquascape. Silahkan dinilai sendiri mana yang lebih baik antara cisod dan ragul untuk CO2 aquascape.

Kalo pendapat pribadi saya memilih yang ragul, karena relatif aman dan tidak ada resiko meledak. Selain itu hemat bahan-bahannya juga. Tapi mau coba pake cisod juga kalo nemu botol yang pas buat racik cisod hehe Nah bagi teman-teman tinggal pilih cisod dan ragul bagus mana, sesuaikan dengan kebutuhan tentunya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.