jenis batu aquascape

12 Jenis Batu Aquascape yang Bagus dan Harganya

In Aquascape 465 views

Jenis Batu Aquascape – Dalam membuat aquascape tentu saja tidak lepas dari yang namanya hardscape yang tersusun biasanya dari kayu dan batu. Untuk kayu Aquascape bisa dibaca selengkapnya disini : kayu untuk aquascape. Sedangkan untuk jenis batu aquascape akan kita bahas selengkapnya di sini.

Dalam pembuatan hardscape untuk aquascape batu kerap kali digunakan sebagai bahan penyusunnya. Baik itu sebagai hiasan utama ataupun sebagai hiasan pendukung pada aquascape.

Misalnya saja kita ingin membuat hiasan dari kayu tentu agar kayu tersebut tenggelam kita harus menggunakan batu aquascape sebagai pemberat nya. Atau sebagai pijakan kayu di dasar aquascape.

Ataupun kita ingin membuat tema Aquascape tertentu, misalnya tema hutan, tema air terjun, tema nature, atau tema iwagumi. Tentu saja kita membutuhkan yang namanya batu aquascape.

Sebenarnya semua jenis batu bisa digunakan untuk hiasan aquascape, akan tetapi ada beberapa jenis batu yang sering digunakan untuk hiasan aquascape karena dinilai mempunyai karakteristik yang bagus sehingga mempunyai nilai seni yang tinggi.

Berikut beberapa jenis batu Aquascape yang sering digunakan oleh para penghobi aquascape.

Jenis Batu Aquascape

Batu aquascape batu besi

Batu besi aquascape adalah salah satu jenis batu aquascape yang banyak digunakan untuk tema tebing atau jurang. Karena batu besi ini memiliki corak yang sangat unik yang mirip dengan terjalnya dinding pada tebing. Selain itu bagian terjalnya bisa digunakan untuk dudukan tanaman.

Baca Juga  6 Macam Tanaman Karpet Aquascape yang Sering Digunakan
Batu-aquascape-batu-besi

Gambar batu aquascape batu besi Foto : https://www.tokopedia.com/tokogrosirspare

Selain itu batu besi juga cukup berat tidak heran jika batu ini dinamakan batu besi. Harga batu besi perkilonya mencapai Rp10.000-Rp15.000

Batu aquascape batu fosil

Batu fosil merupakan salah satu batu yang adalnya terbentuk dari tumbuhan pada zaman dahulu. Tumbuhan yang terkubur terproses sedemikian rupa sehingga menjadi keras dan menjadi batu.

Batu fosil biasanya berwarna putih sampai coklat dengan ciri khas yaitu memiliki satu garis jalur serat. Sehingga cocok untuk pembuatan tebing dinding padang pasir bukit dan lainnya. Harga batu fosil per kg nya bisa mencapai 8.000 sampai Rp10.000

Batu aquascape batu kali

Batu kali juga bisa digunakan sebagai hiasan aquascape. Karena pada dasarnya Aquascape adalah memanfaatkan barang-barang disekitar dan dibentuk dengan kreativitas sehingga menjadi karya seni yang cantik.

Bahan untuk membuat seni ini bisa dari apa saja termasuk dari batu kali sekalipun. Bahkan di luar negeri sana kali ini disebut dengan pa-hai Stone, Mungkin maksudnya pahe Stone (batu paket hemat hahaha) .

Harga batu kali untuk aquascape saya tidak mengetahuinya karena di Indonesia jarang sekali yang menjualnya. Karena terkendala beratnya, juga karena batu kali ini bisa didapatkan secara gratis di alam.

Batu aquascape batu serpentine stone

Serpentine stone adalah batu aquascape yang memiliki warna sedikit biru abu-abu. mirip seperti batu akik warnanya, tetapi tidak begitu terang. Mungkin kalau terang bisa juga di pakai batu akik ya hehehe.

Batu ini biasa digunakan untuk membuat tema aquascape iwagumi sebagai alternatif dari batu seiryu. Harga batu ini antara 10.000 sampai 15.000 per kilo

Batu aquascape dragonstone

Dragon Stone adalah salah satu batu aquascape memiliki corak yang unik. Dinamakan dragonstone karena corak batu ini menyerupai sisik naga atau tekstur kulit naga, kayak udah tau aja naga kayak gimana.

Baca Juga  Berapakah Ukuran Aquarium yang Ideal untuk Memelihara Ikan?

Struktur lubang alami pada Dragon Stone menjadikan batu ini cocok digunakan untuk tebing dan kita bisa menaruh tanaman sebagai semak di antara lubang tersebut. Harganya berkisar antara 40.000 – 60.000 perkilonya.

Batu aquascape eragon garang stone

Eragon Stone atau biasa dipanggil juga garang stone adalah salah satu batu aquascape memiliki corak yang sangat unik. Sangat mirip dengan Dragon Stone tapi corak pada garang biasanya lebih tajam dan lubang pada garang stone tidak sebesar lubang pada dragonstone.

Batu-aquascape-eragon-garang-stone

Gambar batu aquascape eragon garang stone Foto : https://www.bukalapak.com/u/carsiola

Karena banyaknya pori dan lubang pada batu ini bobot batu ini cukup ringan. Batu ini biasanya berwarna coklat sampai hitam. Harga batu eragon berkisar antara 10.000 sampai Rp30.000

Batu aquascape lava rock

Lava Rock adalah salah satu batu Aquascape yang paling populer, paling banyak digunakan dari pemula sampai yang sudah senior. Batu ini biasanya digunakan untuk membuat waterfall, sebagai pijakan akar, atau hiasan pada hardscape lainnya.

Dinamakan lava Rock karena batu ini berasal dari lava yang membeku. Selain itu boboknya juga ringan dan terdapat banyak pori-pori dengan lubang yang kecil.

lava-rock-media-filter-aquarium

Gambar Batu Lava Rock

Harga batu ini cukup murah jika dibandingkan dengan jenis batu lainnya yaitu berkisar antara Rp6.000 sampai Rp10.000 perkilonya

Batu aquascape manten stone

Batu ini mungkin kurang populer di kalangan Aquascape pemula tetapi batu ini cukup populer dikalangan aquascaper profesional dan aquascaper dunia. Manten Stone memiliki warna abu-abu tegas dan retakan yang terlihat sangat alami.

Terdapat sisi halus dan sisi kasar pada batu ini dengan sudut yang bulat pada setiap sisinya. Batu ini mempunyai harga yang cukup tinggi yaitu kisaran Rp200.000 perkilonya, tidak heran memang batu ini kurang populer di kalangan Aquascaper pemula hehehe.

Baca Juga  6 Cara Menghilangkan dan Mencegah Munculnya Alga Pada Aquascape

Batu aquascape ryuoh stone

Batu ini merupakan yang memiliki kemiripan dengan batu seiryu. Batu ryuoh ini memang cocok sekali jika digunakan untuk tema iwagumi. Harga batu ryuoh saya belum tahu pasarannya karena sedikit sekali yang menjualnya.

Batu aquascape seiryu stone

Boleh dibilang batu ini merupakan batu yang cukup populer di kalangan aquascaper terutama untuk tema iwagumi. Batu seiryu ini berasal dari Jepang, karena memang tema iwagumi juga berasal dari Jepang.

Batu-aquascape-seiryu-stone

Gambar batu aquascape seiryu stone Foto : https://www.tokopedia.com/najmaonlen

Bentuk dan tekstur batu ini sangat terlihat alami sudut yang tajam mirip seperti gundukan tebing. Walaupun batu ini berasal dari Jepang tetapi harga batu seiryu cukup terjangkau yaitu kisaran 30 ribuan perkgnya.

Batu aquascape black pagoda stone

Dinamakan batu pagoda karena batu ini memiliki lapisan-lapisan yang unik menyerupai sebuah Pagoda. Batu ini cocok sekali jika digunakan untuk miniatur tebing atau jurang di padang pasir.

Batu aquascape elephant skin stone

Memiliki nama lain yaitu batu Seegebrige. Sesuai dengan namanya batu ini memiliki corak yang sangat mirip sekali dengan corak kulit gajah.

Walaupun sangat eksotis tetapi batu ini memiliki kelemahan yaitu bisa menaikkan kekerasan air. Walaupun hal ini bisa diminimalisir atau dihilangkan dengan melakukan pergantian air secara teratur.

Di atas adalah beberapa jenis batu aquascape yang bisa kami sampaikan. Untuk harga batu aquascape bisa saja berbeda di beberapa daerah, tergantung dari penjual dan tempat asal batunya.

Tags: #aquascape #batu aquascape #batu aquascape murah #harga batu aquascape #jenis batu aquascape

Cara Menghilangkan Getah Lendir Putih di Kayu Aquascape
Cara Menghilangkan Getah Lendir Putih di Kayu Aquascape
Menghilangkan Getah Kayu Aquascape – Hiasan Aquascape
Jenis Filter Terbaik Untuk Aquascape Agar Air Selalu Jernih
Jenis Filter Terbaik Untuk Aquascape Agar Air Selalu Jernih
Filter Terbaik Aquascape – Membuat air dalam
Hewan Pemakan Alga Alami untuk Aquascape, Keong, Udang, dan Ikan
Hewan Pemakan Alga Alami untuk Aquascape, Keong, Udang, dan Ikan
Hewan Pemakan Alga – Keseimbangan dalam suatu ekosistem
Jenis Keong Pemakan Alga Alami Efektif untuk Aquascape
Jenis Keong Pemakan Alga Alami Efektif untuk Aquascape
Keong Pemakan Alga – Melihat kondisi aquascape
Jenis Anubias Tanaman Aquascape Terbaik dan Harganya
Jenis Anubias Tanaman Aquascape Terbaik dan Harganya
Jenis Tanaman Anubias – Berbicara soal aquascape
Perlengkapan Aquascape dan Kegunaannya yang Harus Diketahui Pemula
Perlengkapan Aquascape dan Kegunaannya yang Harus Diketahui Pemula
Alat Perlengkapan Aquascape – Dunia aquascaping memang
CO2 DIY Aquascape CISOD VS RAGUL Bagus mana?
CO2 DIY Aquascape CISOD VS RAGUL Bagus mana?
CISOD VS RAGUL Bagus mana? – Bagi
Cara Membuat CO2 Aquascape DIY Cisod dan Ragul Pemula
Cara Membuat CO2 Aquascape DIY Cisod dan Ragul Pemula
Membuat CO2 Aquascape – Manfaat CO2 bagi tanaman
8 Tanaman Aquascape Tanpa Inject CO2 atau Low CO2 Pemula
8 Tanaman Aquascape Tanpa Inject CO2 atau Low CO2 Pemula
Tanaman Aquascape Tanpa CO2 – Seperti yang
6 Cara Menghilangkan dan Mencegah Munculnya Alga Pada Aquascape
6 Cara Menghilangkan dan Mencegah Munculnya Alga Pada Aquascape
Cara Menghilangkan Alga Aquascape – Alga atau
Cara Menghilangkan Alga Aquascape dengan Metode Blackout
Cara Menghilangkan Alga Aquascape dengan Metode Blackout
Menghilangkan Alga Aquascape – Alga atau umum
Menanam dan Merawat Carpet Seed Aquascape untuk Pemula
Menanam dan Merawat Carpet Seed Aquascape untuk Pemula
Cara Menanam dan Merawat Carpet Seed Aquascape
3 Jenis Pupuk untuk Aquascape Terbaik dan Aman
3 Jenis Pupuk untuk Aquascape Terbaik dan Aman
Jenis Pupuk Aquascape – Dalam menjaga tank
8 Macam Substrat Aquascape atau Dasaran Aquascape yang Baik
8 Macam Substrat Aquascape atau Dasaran Aquascape yang Baik
Substrat Dasar untuk Aquascape – Bicara mengenai
7 Jenis Kayu Aquascape Bagus yang Sering Dipakai
7 Jenis Kayu Aquascape Bagus yang Sering Dipakai
Jenis Kayu Aquascape – Hiasan kayu dalam
Cara Membuat Kayu Hiasan Aquascape Cantik
Cara Membuat Kayu Hiasan Aquascape Cantik
Membuat Batang Kayu Hiasan Aquascape – Kurang
4 Jenis Ikan Kecil Terpopuler untuk Aquascape
4 Jenis Ikan Kecil Terpopuler untuk Aquascape
Ikan Kecil untuk Aquascape – Hobi menghias aquascape
Cara Melepas Lem Kaca pada Aquarium/Aquascape
Cara Melepas Lem Kaca pada Aquarium/Aquascape
Cara Melepas Lem Kaca – Dalam hobi memelihara
6 Macam Tanaman Karpet Aquascape yang Sering Digunakan
6 Macam Tanaman Karpet Aquascape yang Sering Digunakan
Jenis Tanaman Karpet Aquascape – Dalam dunia per-Aquascape-an

Leave a reply "12 Jenis Batu Aquascape yang Bagus dan Harganya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top