Cara Membedakan Cendet Jantan dan Betina

11
186933

Burung cendet atau dikenal juga dengan burung pentet/toet adalah salah satu burung kicau yang mempunyai variasi suara yang indah. Cendet mempunyai suara yang khas, warna yang indah, dan ukuran yang pas sebagai burung kicau sehingga burung ini menjadi salah satu primadona dikalangan kicau mania. Burung Cendet termasuk salah satu kedalam burung yang agresif dan bersifat teritorial, yang artinya dia akan bertarung untuk berebut wilayah yang akan dikuasainya. Tak jarang dari kita digigit burung ini ketika akan memegangnya apalagi burung cendet yang masih liar dan didapat di alam, tetapi sifat agresif burung ini akan hilang jika kita pelihara dari kecil, mungkin akan menganggap kita orang tuanya hehehe. Panjang tubuh burung cendet sekitar 20-25 cm, dengan ciri khas ujung paruh yang mengait.

Cara-Merawat-Burung-Cendet

Suara kicau khas cendet yaitu suara yang melengking tajam dan suara pekikan yang nyaring. Tidak hanya suara yang melengking tetapi burung cendet juga mempunyai nada-nada yang indah. Menurut saya burung jantan lebih ‘baik’ dalam hal berkicau karena secara insting burung jantan akan merayu betina di alam. Nah kali ini saya akan memberikan tips bagaimana membedakan burung cendet jantan dan betina karena jika salah beli atau memilih bisa rugi kita.

Ciri-Ciri Burung Cendet Jantan Dan Betina

Nah kali ini binatang peliharaan akan membagikan tips atau tepatnya ciri cendet jantan dan ciri cendet betina untuk membedakan keduanya. Artikel ini berasal dari berbagai sumber dan orang-orang terpercara dibidangnya yang sudah biasa berurusan dengan burung kicau berikut perbedaannya :

CIRI-CIRI CENDET JANTAN

  • Bulu yang berwarna hitam pada bagian pipi cendet jantan terlihat hitam mencolok/tegas.
  • Bulu kepala sampai tengkuk kepala berwarna hitam pekat biasanya pada pentet dewasa baru bisa terlihat.
  • Bentuk kepala cendet jantan terlihat lebih datar/ceper.
  • Pada saat masih anakan, cendet jantan memiliki warna hitam pada bagian ekornya.
  • Pada bagian supit, cendet jantan memiliki bentuk supit yang kecil dan panjang, dan motif garis bulunya tidak beraturan.
  • Cendet jantan lebih agresif dan galak jika diperhatikan prilakunya karena mempunyai sifat teritori.
  • Paruh tebal pada ujungnya

CIRI-CIRI CENDET BETINA

  • Bulu berwarna hitam pada bagian cendet betina terlihat semu/samar-samar.
  • Bentuk kepala cendet betina terlihat bulat/menggelembung, seperti syahrini gitu jambulnya :D.
  • Bulu kepalanya hitam tapi memudar disekitar tengkuknya.
  • Paruh tipis jika dibandingkan dengan jantan
  • Pada saat masih anakan, warna hitam pada bagian ekornya tidak jelas.
  • Pada bagian supit, cendet betina memiliki bentuk supit yang besar dengan motif bulu garis teratur yang menyerupai kembang/bunga.
  • Lihat bagian anus, cendet betina anus agak sedikit lebar dan terlihat ada blahan

Nah untuk lebih jelasnya perhatikan gambar-gambar burung cendet ini

Burung-Cendet-Jantan-dan-Betina
Burung Cendet Jantan dan Betina

Demikianlah ciri-ciri cendet jantan dan betina secara fisik yang bisa kita jadikan sebagai dasar untuk membedakan burung cendet jantan dan betina. Bagi pemula tidak mudah memang melihat perbedaannya tetapi dengan memperhatikan dengan seksama maka insya allah bisa membedakannya. Karena jenis cendet berbeda maka perhatikan juga setiap perbedaan jenisnya.

11 COMMENTS

  1. aku baru beli pentet tapi ga tau jantan atau betina burung pentet ku warna hitam di atas kepala nya hanya setengah itu menandakan jantan atau betina mohon di bantu gan

  2. Pentet yang aku beli gan mulai dari hidung sampai di atas matanya berwarna hitam termasuk topeng banditnya juga hitam cuma ga full sampe leher belekang gan sedang yang aku lihat di mbah google pentet jantan full hitam di kepalanya gan yang aku tanyakan apakah pentet yang aku baru beli jenis jantan gan di mohon info nya

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.