Perawatan Burung Cendet/Pentet Agar Cepat Gacor

1
229068

Burung Cendet, Pentet atau dikenal juga sebagai burung Toet merupakan salah satu burung kicau yang mudah dilatih. Perawatan burung cendet sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya, salah pola rawatan cendet maka akan berdampak fatal terhadap kualitas burung cendet. Perawatan yang bagus adalah perawatan yang meningkatkan kualitas kicau dan mental burung. Mental cendet yang bagus ditandai dengan tidak drop ketika didekati manusia dan berani berkicau walaupun ditempat yang ramai. Cendet yang bermental jelek biasanya tidak akan berprilaku seperti itu bahkan cenderung panik atau diam saja ketika berada di tempat yang ramai, mengingat bahwa saat lomba keadaanya sangat ramai.

Cara-Merawat-Burung-Cendet

Pembentukan mental cendet yang bagus sangat penting agar burung mau berkicau walau dalam keadaan yang tidak kondusif. Pasalnya jika burung sudah gacor dan mental kurang maka burung tidak akan berkicau jika sedang ramai melainkan hanya berani jika dalam keadaan sepi saja. Nah pola perawatan cendet yang benar sangat mempengaruhi mental burung. Jangan lupa juga pilih cendet jantan yah hehehe. Cara membedakan cendet jantan dan betina

Pola Perawatan Burung Cendet

Pola perawatan burung cendet sebenarnya adalah perawatan sehari-hari, tetapi ada beberapa poin yang harus ditambahkan dalam perawatan cendet ini agar hasilnya semakin maksimal. Berikut ini pola perawatan agar mental burung cendet tetap bagus :

Perawatan harian burung cendet

  • Pada Jam 07.00 keluarkan diangin-anginkan burung di teras sekiranya samapai Jam 08.00 lalu burung di mandikan.
  • Bersihkan kandang dari kotoran, jangan biarkan kandang lembab. Ganti air dan pakan burung jika dibutuhkan.
  • Berikan Jangkrik 4 ekor pada cepuk extra food. Hindari memberikan Jangkrik secara langsung pada burung.
  • Jemur burung di panas pagi matahari, penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam/hari. Jemur di saat terik matahari tidak menyengat dan sehat yaitu sekitar pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.
  • Setelah dijemur, lalu didinginkan terlebih dahulu diteras yang teduh selama 10 menit, lalu sangkar dikerodong kembali.
  • Siang hari sampai sore sekitar jam 10.00-15.00 burung dapat di Master dengan suara Master atau burung-burung Master.
  • Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan bila perlu. Tetapi jika cuaca mendukung yah jangan biarkan dalam kondisi basah atau lembab burung sudah di kerondong lalu berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk extra food.
  • Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara Master selama masa istirahat sampai pagi harinya.

Perawatan extra burung cendet

  • Jangan ubah posisi dan letak cepuk atau tempat pakan cendet. Perubahan posisi ini terkadang mempengaruhi mental burung.
  • Gantung burung dengan posisi yang bervariasi. Artinya setiap hari selalu dipindah lokasi gantangan, agar cendet tidak jenuh. Dan akan lebih baik lagi jika dipindah ke lokasi yang lebih ramai secara bertahap. Ini akan melatih mental cendet.
  • Untuk tangkringan, sebaiknya anda tidak merubah posisi tangkringan dan juga bentuknya. Biarkan tangkringan seperti awal, kecuali rusak atau tidak layak lagi.
  • Tidak ada salahnya jika anda mendekatkan cendet satu dengan cendet lain. Tetapi pastikan mental cendet anda sudah terbentuk sehingga tidak drop saat bertemu cendet lain.
  • Kerodong bisa anda gunakan, tetapi yang transparan dan warnanya bervariasi (beraneka ragam).
    Untuk lebih menaikkan mental cendet, anda bisa memelihara cendet lain yang mentalnya lebih lemah/buruk sebagai “pancingan.”
  • Ajak jalan-jalan cendet anda keluar rumah/jalan ramai atau sekitar arena lomba. Sebagai awalan anda bisa memakaikan kerodong yang transparan/tipis disesuaikan dengan kondisi cendet. Jika sudah kuat mentalnya, bawalah jalan-jalan tanpa kerodong.

Cara-cara di atas tidaklah mutlak harus dilakukan, karena cara di atas adalah cara yang dikumpulkan dari beberapa kicau mania berdasarkan pengalamannya masing-masing. Jangan takut lakukan experimen rawatan terhadap burung anda. Lakukan analisa pada setiap prilakunya. Salam sukses kicau mania.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.