Setingan Harian Cucak Ijo Agar Gacor dan Rajin Berkicau

0
107513
setingan cucak ijo harian
Foto dari https://web.facebook.com/lancenx.mellas

Perawatan cucak ijo – Pola rawatan burung cucak ijo harian sangat penting sekali menurut saya, entah apakah itu untuk lomba atau untuk rumahan setelan harian cucak ijo tetap penting. Kenapa penting? Karena pada dasarnya karakter burung akan keluar jika kita tepat dalam melakukan setelan harian pada cucak ijo, dan juga perawatan harian tentu akan memberi pengaruh pada cucak ijo kita karena pola rawatan ini ditemui si cucak ijo setiap harinya.

Bagi yang sudah hafal dengan karakter burung cucak ijo nya tentu bukan masalah untuk ‘meracik’ rawatan harian yang tepat. Karena sudah hafal apa kesukaan si cucak ijo dan apa pantangannya. Karena perawatan yang tepat adalah perawatan yang cocok untuk karakter burungnya masing-masing. Lalu bagaimana yang masih pemula? Atau yang belum kenal betul dengan karakter burungnya? Nah tidak perlu khawatir kita bisa melakukan coba-coba atau trial error pada burung kita sehingga bisa menemukan rawatan yang tepat.

setelan-cucak-ijo-harian-agar-gacor
Foto dari https://web.facebook.com/gilank.ramadhan.7334

Dibawah ini adalah beberapa pola rawatan harian cucak ijo secara umum. Kita bisa memodifikasi sesuai dengan karakter cucak ijo masing-masing. Bisa dikurangi atau ditambah, lihat efeknya pada CI kita. Apakah positif apakah negatif.

Baca : mengatasi cucak ijo over birahi

Perawatan Cucak Ijo Harian

  • Pagi sekitar 07.00 burung buka kerodong dan diangin-anginkan. Tujuannya agar burung adaptasi, tidak stress dan kaget. Kurang lebih sekitar 20-30 menit cukup.
  • Menjelang matahari terbit sekitar 07.30 burung dimandikan. mandi bisa memakai keramba atau spray tergantung kebiasaan.
  • Sebelum atau sesudah dimandikan kita bisa membersihkan kandang burung dan ganti air atau tambahkan voer. Lalu angin-anginkan sebentar sampai burung tidak basah kuyup sekitar 5 menit cukup.
  • Lalu jemur selama 1-2 jam/hari, jam optimal untuk penjemuran sekitar pukul 08.00-11.00.
  • Pagi hari berikan Jangkrik 3 ekor pada cepuk. Jangan menggunakan tangan yah agar burung tidak manja nantinya.
  • Setelah dijemur, angin-anginkan kembali 10-15 menit.
  • Beri pisang kepok putih sebagai selingan makanannya.
  • Siang hari sampai sore burung dapat dimaster atau di gantang biasa. Jika ingin dimaster burung bisa di kerodong agar lebih efektif. Download suara cucak ijo.
  • 15.30 burung diangin-anginkan lagi, mandikan bila perlu dan cuacanya mendukung.
  • Berikan 2 ekor Jangkrik pada cepuk saat sore hari.
  • 18.00 burung kembali dikerodong dan dimaster sampai pagi lagi.

Lakukan pola rawatan cucak ijo secara rutin dan disiplin agar burung bisa mengeluarkan kemampuan yang maksimal, kita bisa menambah porsi EF atau mengurangi porsi EF, lihat efeknya dan catat. Berlaku untuk semua jenis cucak ijo.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.