Panduan Lengkap Memelihara Hamster

16
193646

Panduan Memelihara Hamster – Hamster, salah satu hewen pengerat ini memiliki berbagai jenis diseluruh dunia baca : jenis dan harga hamster. Perawatan hamster cenderung tidak sulit, baik dikarenakan sifat bawaannya maupun karena bentuknya yang kecil sehingga memudahkan kita dalam merawat maupun membawanya kemana-mana.

Siapa disini yang sedang memelihara hamster? Oke saya rasa yang mencari artikel ini sedang memelihara hamster yah hehehe. Nah sobat yang sedang memelihara hamster hewanpeliharaan.org akan memberikan sedikit panduan memelihara hamster, agar kita semua terhindar dari kesalahan yang dapat mengakibatkan efek yang tidak baik bagi hamster kita.

Perlu saya sampaikan kepada para pecinta hamster pentingnya merawat hamster baik dari makanan maupun cara memperlakukan hamster kita dengan baik, bagi yang memutuskan memelihara hamster maka harus berkomitmen untuk menjaga dan memeliharanya.

cara-memelihara-hamster

Cara memelihara hamster

Sebelum memelihara hamster baiknya kita tentukan terlebih dahulu jenis hamster yang akan kita pelihara, Jenis hamster ada berbagai macam, silahkan ditanyakan pada toko hewan yang dipercaya. Setelah menentukan hamster yang dipelihara berikut cara memeliharanya :

1. Kandang

Kandang adalah tempat hamster tinggal, jadi sehat dan sakitnya hamster salah satunya karna kondisi dalam kandang. Untuk mempersiapkan kandang ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, diantaranya adalah alas kandang, ukuran kandang, kebersihan kandang. Beri alas kandang hamster dengan serbuk kayu atau sekam bekas gilingan padi. Tujuannya adalah untuk menyerap air seni dan kotoran, sehingga bau dari kotoran dan air seni hamster tidak tercium tajam.

Sesuaikan ukuran kandang hamster dengan hamster yang akan kita pelihara, berikan ruang yang luas bagi hamster untuk bergerak karena hamster senang sekali berlarian. Bersihkan kandang secara rutin, bisa seminggu sekali atau jika kandang terlihat sudah kotor dan perlu mengganti alas kandang, jangan sampai ada makanan sisa pada hamster.

Kandang-hamster-yang-baik

2. Makanan dan Minum

Pilih makanan yang cocok untuk hamster. Silahkan Baca : makanan untuk hamster, disana sudah saya tulis bagaimana makanan yang baik dan makanan yang dilarang bagi hamster. Beri tempat khusus untuk makan, bisa berupa wadah dan tempat minum. Jangan sekali kali di tebar didalam kandang, karena makanan yang busuk bisa jadi termakan atau membusuk dan mengakibatkan penyakit pada hamster.

3. Mainan

Beri juga mainan pada hamster, bisa berupa hamsterball, rantai/tali untuk memanjat. Mainan ini juga bertujuan bagi hamster untuk berolahraga dan membakar lemak berlebih dan menjadikan hamster lebih sehat.

4. Pemeliharaan

Cahaya matahari sangat baik bagi kesehatan hamster, tetapi perhatikan rawatan dalam menjemur hamster. Jemur hamster di cahaya matahari yang redup, jangan jeur di terik matahari bisa mengakibatkan kematian pada hamster. Jemur maksimal sampai jam 9, cari aman yah. Karena pada dasarnya hamster adalah hewan nokturnal, jadi kurang cocok jika terpapar cahaya matahari berlebih.

Jika ingin memandikan hamster jangan langsung mengguyur hamster dengan air, terlebih dahulu sediakan wadah yang diisi air sedikit dan masukan haster agar berendam, cukup sedikit saja yah kira-kira sekaki hamster.

cara-merawat-hamster

Berikan juga pijatan halus pada hamster, pijatan ini bisa membuat hamster semakin jinak dan melancarkan peredaran darah. Bagaimana mudah bukan?

Selamat mencoba semua tips ini ya, kami berharap semoga informasi ini dapat membantu anda dan dapat menjadi panduan cara memelihara hamster yang benar.

16 COMMENTS

    • Kalo hamsternya saling cinta ya bisa aja mas, tapi kalo tidak cinta jangan dipaksa :D. anak-anaknya nanti blasteran (perpaduan keduanya)

  1. Saya punya hamster 2(sepasang) tapi kok sering kaya berantem gtu ya, tapi yg galak atau agresif yg cwenya, itu lagi kawin atau berantem ya? Tolong bantu jawab?

  2. kalo hamster itu boleh di kasih pop cron gk aku bingung kata nya boleh tapi takut nya salah cuma buat pastiin aja tolong bantu jawab ya thx

  3. saya punya hamster udh 1 minggu lebih,tapi hamster saya masih belum jinak juga? boleh minta saran dan cara supaya hamster nya jinak ga min?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.