3 Makanan Ikan Gurame Agar Cepat Besar dalam Hitungan Bulan, Terbukti!

0
1990
makanan ikan gurame agar cepat besar
Ikan gurame Foto : bibitikansuper.weebly.com

Makanan Ikan Gurame – Ikan gurame atau gurami adalah salah satu jenis ikan favorit di Indonesia ikan ini banyak diminati masyarakat sebagai ikan untuk kepentingan pangan. Bahkan di beberapa tempat ikan gurami menjadi menu paling favorite.

Ikan gurame merupakan ikan omnivora atau pemakan segala sehingga ikan ini seringkali terlihat memakan beberapa dedaunan yang ada dalam kolam ataupun memakan binatang kecil. Gurame pada umumnya mempunyai ukuran 30 sampai 60 cm usia dewasa mungkin juga bisa lebih.

Kebutuhan ikan gurame di Indonesia tergolong cukup tinggi, permintaan ikan gurami ini biasanya datang dari supermarket, rumah makan, restoran, warung kaki lima, bahkan kebutuhan rumah tangga. Sehingga usaha budidaya atau pembesaran ikan gurame cukup menguntungkan karena pasar masih luas.

makanan-ikan-gurami-agar-cepat-besar
Foto : wikipedia.org

Ikan gurame dipanen sekitar 8 sampai 11 bulan biasanya, memang cukup lama untuk ukuran ikan pangan. Tetapi jika melihat harga gurame yang ada di pasaran tentu saja ini sebanding dengan waktu yang dikeluarkan.

Ikan gurame biasanya dipanen saat berat mencapai sekitar 1 kilo atau kurang, untuk mencapai berat tersebut gurame perlu diperhatikan asupan nutrisinya. Makanan ikan gurame pun perlu diperhatikan agar cepat besar dan tentunya cepat panen.

Jika pemberian makanan gurame tepat maka ikan akan cepat besar, tentu akan memotong waktu panen ikan gurame sehingga ikan gurame akan dipanen lebih cepat. Berikut ini beberapa makanan ikan gurame agar cepat besar dan cepat panen.

Makanan Ikan Gurame

Pakan dari tumbuhan

Ikan gurame merupakan ikan pemakan segalanya baik itu tumbuhan maupun hewan, untuk menghemat anggaran biasanya para petani memberikan pakan dari tumbuhan yang berupa dedaunan ataupun buah-buahan.

Daun yang disukai gurame adalah daun pepaya, daun kangkung, daun Lumbu atau daun sente, dan juga daun talas, daun lompong dll. Selain disukai oleh gurame dedaunan tersebut bisa kita dapatkan secara gratis disekitar kita.

daun-pepaya
Daun pepaya Foto : pixabay.com

Selain dedaunan gurame biasanya diberikan makan jagung rebus, makan jagung rebus untuk gurame ini bisa mempercepat pertumbuhan ikan gurame utama ikan gurame akan dipijahkan.  Jagung mempunyai protein yang tinggi yang bisa mempercepat pertumbuhan gonad atau sel telur pada ikan.

Pakan dari hewan

Selain protein dari tumbuhan gurame juga membutuhkan protein dari hewani. Ikan gurame bisa diberikan beberapa macam makanan yang berasal dari hewan misalnya limbah ikan teri, keong, siput, bekicot, limbah udang, belalang, cacing, jangkrik, ulat dan lainnya

Makanan gurame dari hewan ini memang dikenal sangat tinggi protein sehingga mampu mempercepat pertumbuhan ikan gurame dan mempersingkat waktu panen.

Pakan pabrikan

Selain makanan alami gurame di atas ada juga makanan ikan gurami buatan pabrik yang berupa pelet. Pelet ikan gurame banyak dijumpai di pasar ternak dengan berbagai merk dan kualitas.

pelet-ikan-gurame
Pelet ikan gurame

Pelet ikan gurame biasanya menjadi makanan pokok ikan gurame, karena makanan pelet ikan gurame ini tergolong praktis dan murah didapat karena pakan buatan pabrik ini tersedia di setiap saat tanpa mengenal musim.

Nah itulah tadi beberapa jenis makanan ikan gurame terbaik yang bisa diberikan agar mempercepat pertumbuhan ikan gurame dan mempercepat masa panen. Selain gurame untuk pakan ada juga gueame padang sebagai gurame hias.

Selain makanan ikan gurame yang tepat juga perlu melakukan pemilihan bibit ikan gurame yang baik. Bibit ikan gurame macam-macam kualitas dan harganya. baca : harga bibit ikan gurame

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.