Jenis dan Harga Ikan Discus

1
51972

Ikan discus adalah salah satu jenis ikan air tawar yang populer untuk dipelihara. Ikan discus mempunyai nama latin Symphysodon discus, ikan ini berasal dari brazil tepatnya di sungai amazon. Nama discus berasal dari bentuknya yang mirip lempengan CD atau ‘disk’Banyak jenis ikan discus yang tersebar tetapi disini saya akan menerangkan beberapa ikan discus yang populer.

Daftar Isi

Jenis dan Harga Ikan Discus

Harga ikan discus bervariasi, bibitan biasanya sekitar harga 2.000 – 10.000. Harga ikan dewasa sekitar 20.000 sampai 100.000 bahkan bisa lebih.

Berikut jenis ikan discus

Angel Blue Diamond

ikan discus ini sangat terkenal dan paling laris diantara para hobiis. Ikan ini mempunyai corak yang polos biru seperti warna telur bebek. Ikan discus yang bagus akan mengeuarkan warna yang seolah-olah bercahaya.

Discus-Angel-Blue-Diamond

Gold Yellow Diamond

Warna kuning ke emasan di ikan ini sangat mencolok sehingga di namakan ‘gold yellow’.

Discus-Gold-yelow-Diamond

Marlboro Red

Ini adalah warna kesukaan saya hehehe. Warna merah menyala dan terkesan berani atau garang. Ikan ini mempunyai corak merah di seluruh tubuhnya dan sedikit kehitaman di bagian siripnya.

Discus-Marlboro-Red

Pearl Pigeon

Warna ini adalah salah satu warna yang unik. Pearl Pigeon mempunyai corak yang khusus dan khas, seperti batik. Bintik pada Pearl Pigeon kecil-kecil.

Discus-Pearl-Pigeon

Red Ribbon

Red Ribbon mempunyai corak yang mirip dengan Pearl Pigeon tetapi coraknya cenderung panjang-panjang tidak bulat seperti Pearl Pigeon.

Discus-Red-Ribbon

Checker Board Pigoen

Ikan jenis ini mirip dengan Pearl Pigeon tetapi besarnya totol pada ikan ini bervariasi.

Discus-Checker-Board-Pigoen

Sebenarnya jenis ikan discus ini bukan perbedaan jenis bentuk atau jenis variasinya tetapi diambil dari warnanya. Berbeda dengan ikan cupang yang dibedakan dengan berbagai bentuknya. Nah karena banyak warnanya maka dari itu saya tidak bisa menyampaikannya satu persatu disini.

Tips Memelihara Ikan Discus

Untuk memelihara ikan ini berilah panakan alami, ikan discus kurang menyukai pakan buatan. Dengan memberikan pakan alami ikan ini akan terlatih secara insting dan bisa lebih lincah. Suhu hidup ikan ini sekitar 25-30 derajat celsius. Dengan kadar ph sekitar 5-6.5.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.