Cara Menjinakkan Jalak Kebo

Menjinakkan jalak kebo – Burung jalak kebo adalah salah satu dari jenis burung jalak yang banyak dipelihara. Jalak kebo atau jabo termasuk burung yang dapat jinak dengan manusia. Sejak dahulu kala burung ini di alam liar bahkan sudah bersahabat dengan manusia, saat kerbau kerbau digembala atau berada di sawah burung jalak kebo sering hinggap diatasnya untuk memakan kutu kerbau, itulah kenapa burung ini dinaakan jalak kebo. Sampai-sampai muncul yah di pelajaran IPA anak SD  hehehe.

Burung lain jika dipelihara dari kecil tentu bisa jinak, jalak kebo salah satu burung yang bisa jinak tanpa dipelihara dari kecil. Agar burung jalak jadi jinak dan penurut kita harus melatinya, bagian paling sulit dalam melatih jalak adalah kita harus rutin dan telaten dalam melatihnya, karena setiap binatang sebenarnya berjalan berdasarkan dengan insting dan kebiasaan.

Cara-Menjinakkan-Jalak-Kebo

Menjinakkan jalak kebo

Untuk menjinakkan jalak kebo ada beberapa tahapan yang harus dilalui, setiap tahapan penting karena saling mempengaruhi satu sama lainnya, berikut tahapan-tahapannya.

Tahap 1 menjinakkan jalak kerbau

Tahapan pertama adalah tahapan pengenalan dan pembiasaan, di tahapan ini jalak kita kenalkan terlebih dahulu dengan tangan. Caranya biasakan memberi makan dengan tangan, bisa memberi jangkrik atau ulat dengan tangan sampai burung jalak tidak takut lagi. Sambil pengenalan kita lakukan pembiasaan, ini berguna untuk memanggil burung jalak. Caranya setiap burung jalak akan diberi makan kita bersiul, siulan dengan nada yang sama setiap akan memberi makan sehingga burung jalak akan tahu jika mendengar siulan itu berarti dia akan diberi makan.  Jika sudah kenal tangan atau tidak takut tangan dan sudah terbiasa dengan suara siulan bisa dilanjutkan ke tahap kedua.

Tahap 2 menjinakkan jalak kerbau

Tahap ini adalah tahap pengenalan jalak dengan lingkungan sekitar, tujuannya agar burung jalak terbiasa diluar sangkar. Latihan tahap ini harus dilakukan di ruangan tertutup dan jangan mengagetkan burung jalak secara tiba-tiba. Pertama melatih jalak dalam kondisi yang lapar, karena dalam kondisi lapar jalak mudah di atur. Masukkan jalak kedalam ruangan, lalu buka pelan-pelan sangkarnya dan biarkan jalak keluar dengan sendirinya, bisa di pancing dengan ulat hongkong atau jangkrik agar keluar. Biarkan jalak terbiasa di luar ruangan, sesekali beri makan dari tangan saat di luar sangkar. Biarkan jalak menjelejajahi ruangan agar biasa di luar sangkar.

Tahap 3 menjinakkan jalak kerbau

Selanjutnya setelah bisa keluar kandang maka burung dilatih agar bisa masuk ke kandang, caranya seperti biasa pancing dengan makanan agar mau masuk. Lakukan tahap 2 dan tahap 3 secara terus menerus sampai lancar sambil di panggil-panggil dengan siulan agar hafal.

Tahap 4 menjinakkan jalak kerbau

Selanjutnya latih jalak agar mau terbang menghampiri kita, pancing jalak agar mau terbang ke arah kita dengan panggilan. Baik itu menclok ke tangan atau ke badan kita.

Tahap 5 menjinakkan jalak kerbau

Setelah dirasa sudah jinak jalak kerbau bisa dibawa keluar, tentu ini tergantung keberanian pemiliknya masing-masing. Karena tahap ini beresiko jalak terbang bebas dan tidak kembali lagi. Jika masih takut bisa dengan mengikat jalak dengan benang kasur di kaki, lalu di tenggerkan di tangan atau di sepeda (bebas) agar jalak terbiasa dengan suasana luar. Saat jalak diikat benang, kita lihat gerak-geriknya, panik atau tenang, jika tenang berarti sudah cukup aman melepas jalak. tapi kembali lagi pada pemilik jalak, berani atau tidak hehe.

cara-melatih-burung-jalak-kerbau

Foto : omkicau.com

Nah silahkan dipraktekkan cara menjinakkan burung jalak di atas, setiap tahapnya memerlukan waktu yang lama agar jalak terbiasa dan hafal dengan kita pemiliknya.

7 thoughts on “Cara Menjinakkan Jalak Kebo”

  1. Permisi om mau tanya, saya punya burung jalak kebo baru 4 hari di rumah, awalnya saya beli warnanya hitam Aga pekat, tapi semenjak kemarin warnanya berubah jadi abu abu, itu kenapa ya?

    Reply
    • sudah positif jantan kah om? Ada beberapa kemungkinan sih om, bisa karena alami memang bawaannya begitu, bisa jadi karena warnanya di cat hitam (bleaching) sama penjualnya biar dikira jantan, dan setelah bbrp hari luntur. Tp saya ga tau pasti loh om penyebabnya itu cuma beberapa kemungkinannya aja

      Reply
  2. Permisi om pengen nanya burung jalak kebo saya diam karena 3 hari ke hausan sy kan gk ngerti burung om cara ngobaati nya gmn y om ?

    Reply
  3. permisi om..
    saya mau tanya…
    saya pnya burung jalak anaan uda dalam 2 mggu..
    tapi ko paya x jinak burung saya ia…
    om kasih tau ya..

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.