membedakan jalak nias jandan dan betina

Cara Membedakan Jalak Nias Jantan dan Betina dengan Foto

Jalak Nias Jantan dan Betina – Jalak nias adalah salah satu jenis burung jalak yang banyak dipelihara para kicau mania. Baik itu dipelihara sebagai burung kicau, burung penjaga rumah (burung satpam), atau sebagai burung masteran sebagai suara isian burung lainnya. Jalak nias memang satu kerabat dengan burung-burung jalak lainnya seperti jalak kebo, jalak suren, dan jenis jalak lainnya. Perawatan dan karakternya pun tidak berbeda jauh antara burung jalak tersebut.

Untuk memulai memelihara jalak nias tentu kita perlu memilih salah satu jalak yang akan kita pelihara. Nah dalam proses pemilihan ini kadang ada yang bingung bagaimana membedakan jalak nias jantan dan betina. Atau ada juga yang tertarik untuk mengembangbiakkan burung jalak nias? Jika iya tentunya kita harus tahu cara membedakan kelamin jalak nias jantan atau betina untuk keperluan pemilihan indukan.

Selain itu tentu sebagai tambahan informasi atau ilmu bagi kicau mania semua agar mengetahui perbedaan jenis kelamin jalak nias. Penasaran? Simak bahasan dibawah ini.

Membedakan Jalak Nias Jantan dan Betina

Untuk mengetahui jalak nias jantan dan betina tentu kita harus mengetahui ciri-cirinya agar kita bisa membedakannya.

Cici-ciri Jalak Nias Jantan

foto-jalak-nias-jantan
Foto dari https://www.facebook.com/habib.goxil
  • Kepala jalak nias jantan terlihat agak pipih (papak) dan berbentuk persegi. Selain itu terdapat sedikit jambul dibelakang kepalanya.
  • Jika berkicau maka suaranya lebih bervariasi dibandingkan jenis jalak nias betina. Seperti ini baca : suara jalak nias jantan.
  • Jika sedang berkicau juga biasanya jalak nias jantan akan terlihat mengangguk-anggukan kepala dan jambulnya akan terlihat sedikit mengembang.
  • Warna bulu jalak nias jantan terlihat lebih gelap, mengkilap dengan warna yang lebih tegas.

Cici-ciri Jalak Nias Betina

foto-jalak-nias-betina
Foto dari https://www.facebook.com/andy.kurniawan.144
  • Bentuk kepala jalak nias betina cenderung lonjong dan bulat (mbulet).
  • Jika berkicau suara kicaunya cenderung monoton atau tanpa banyak variasi. Suaranya seperti ini : suara jalak nias betina
  • Saat berkicau tidak seperti jalak nias jantan, jalak nias betina jarang mengangguk-anggukan kepala dan jambul tidak mengembang.
  • Warna bulu terlihat agak pudar tidak sepekat jalak nias jantan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.