Jenis dan Harga Kadal Peliharaan

20
140617

Jenis kadal peliharaan – Kadal adalah salahs satu reptile yang biasa dipelihara manusia. Cakupan untuk kadal sebenarnya sangat luas, karena iguana, tokek juga trmasuk kadal, bahasan saya pada jenis kadal ini yaitu binatang yang sudah lumrah dipanggil kadal (secara praktis) di masyarakat dan mempunyai nama kadal didepannya ehehe.

Memelihara kadal dan reptil lainnya tergolong kedalam hobi yang eksotis, karena pecinta reptile ini tidak lazim dimasyarakat, nah ada beberapa jenis kadal yang sering dipelihara yang umum dijumpai. Diantaranya adalah

Jenis Kadal

1. Kadal Panana

Kadal ini memiliki beberapa nama panggilan yang biasa dipakai Blue tongue skink atau kadal Tiliqua. Menurut reptil mania kadal ini cocok sekali dipelihara oleh para pemula, karena lebih mudah perawatan dan tidak rewel masalah makanannya. Kadal panana ini termasuk omnivora jadi tidak usah khawatir soal makanan. Perawatan kadal panana tidak banyak cukup diberikan air minum (wadah yang ceper) dan beri makanan yang disukai beberapa jenis makanan yang dapat diberikan pada kadal panana adalah ulat hongkong, ulat jerman,bayi tikus putih (pinkies), telur puyuh rebus, wortel, pepaya, kembang sepatu, strobery dan pisang. Selain itu bisa diseling dengan pemberian catfood/dogfood atau sebagai tambahan. Kadal seperti hewan berdarah dingin lainnya butuh berjemur, waktu atau jam jemur kadal ini adalah antara jam 8 sampai jam 9, jemur sebentar saja sekitar 5 hingga 10 menit, jangan biarkan terkena sinar matahari langsung.

Jenis-kadal-panana-Blue-tongue-skink

2. Kadal Savannah Monitor

Varanus Exanthematicus atau Kadal monitor ini berasal dari afrika, kadal ini juga terkadang disebut kadal Bosc’s Monitor atau disingkat kadal savmon. Kadal ini jika diperhatikan termasuk kadal yang pendek, masalah ukuran kadal ini mirip dengan biawak, cukup besar untuk golongan kadal, bisa tumbuh sampai 1 meter panjangnya. Umur kadal monitor rata-rata 11 tahun lamanya, termasuk hewan penyendiri, tidak suka hidup berkelompok. Pakan utama kadal savannah monitor adalah serangga. Serangga yang umum dan dapat digunakan adalah ulet hongkong, jangkrik, ulet jerman dan kecoa madagascar. Selain itu savmon yang sudah berusia diatas 6 bula dapat diberikan pakan berat lainnya seperti mecit atau tikus.

Jenis-kadal-savannah-monitor-savmon

3. Kadal Duri

Kadal duri merupakan spesies kadal air yang berasal dari papua. Kadal duri biasa disebut crocodile skink. Kadal ini dinamakan crocodile tidak ada kaitan kekerabatan dengan buaya sedikitpun, melainkan duri yang menonjol di punggungnya menyerupai buaya. Kadal duri berukuran kecil, maksimal hanya 20cm dan memakan serangga seperti ulat hongkong, jangkrik, dan lainnya. Jenis kadal duri Red eyed Crocodile skink, Nova crocodile skink banyak dipelihara sebagai jenis kadal peliharaan.

Jenis-Kadal-Duri-Red-Eyed-Crocodile-Skink

4. Kadal Water Monitor

Ada yang sudah tahu kadal apa ini? Kadal ini sebenarnya tidak asing lagi bagi kita. Kadal Water Monitor adalah nama lain dari biawak keren bukan? Nama ilmiahnya juga keren varanus salvator Hehe, ya kadal biawak juga salah satu reptil peliharaan yang banyak dipelihara dan berkeliaran di sekitar kita. Bahkan kadal ini sering jadi musuh pemilik ternak (ayam) di daerah saya karena sering memangsa ayam-ayamnya. Biawak adalah salah satu pemangsa di alam bebas jadi jika memelihara hewan ini harus hati-hati yah.

Jenis-kadal-biawak-Water-Monitor

5. Kadal Red Tegu

Red Tegu biasa juga dipanggil dengan kadal Argentina. Kadal ini mampu tumbuh mencapai panjang 1,2 meter, sedangkan betinanya bisa mencapai panjang 1,1 meter. Banyak yang mengatakan bahwa kadal ini adalah kadal dengan sifat yang tenang, jarang menggigit, dan aman untuk dipelihara, tetapi kita perlu waspada juga karena pada dasarnya ini hewan liar yang butuh kewaspadaan.

Jenis-kadal-red-tegu-argentina

Ada banyak jenis kadal peliharaan lainnya yang tidak bisa saya informasikan disini.

Harga Kadal Peliharaan

Harga kadal ini relatif dimana kita berada dan penjualnya, tidak ada harga pasaran yang pasti. Tetapi untuk memperkirakannya saya buat rentang harga untuk kadal peliharaan diatas

1. Kadal Panana : 200-500 ribu

2. Kadal Savmon :

3. Kadal Duri : 150-400 ribu

3. Kadal Biawak : 50-300 ribu

20 COMMENTS

  1. Saya punya kadar penana
    Bingung mau jual ke mana
    Ada yang tau gak tempat jual nya?

    Hub no sy kalo ada yg tau ya
    085354400515

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.