Cara Mudah Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Membedakan kenari jantan dan betina – Burung kenari pada sekarang ini (2015) menjadi burung yang banyak sekali dipelihara. Bahkan sudah mulai banyak di kembang biakkan, mengingat burung kenari mudah sekali untuk berkembang biak. Sebelum mengembang biakkan kenari tentu kita terlebih dahulu perlu membedakan kenari jantan dan betina. Penentuan jenis kenari ini memang agak sulit bagi pemula, terlebih lagi jika kenari belu dewasa atau masih bakalan, mebedakan kenari jantan dan betina pada bakalan akan lebih sulit memang. Mengingat kenari adalah burung yang mempunyai bentuk yang sama antara jantan dan betina, perlu pengamatan khusus untuk membedakannya.

Kenari dewasa bisa terlihat perbedaannya dengan mudah antara kenari jantan dan betina. Bahkan tidak usah merabanya pun sudah terlihat (bagi sebagian orang) nah untuk pengamatan yang lebih efektif berikut ciri-ciri kenari jantan dan betina.

cara-membedakan-kenari-jantan-dan-betina

Membedakan kenari jantan dan betina

Membedakan kenari jantan dan betina saat masih kecil atau saat bakalan

1. Terdapat urat yang berwarna merah gelap (kehitaman) pada bagian perut sampai kloaka (dubur) anak kenari saat usia 3-7 hari. Garis ini merupakan pembuluh vena atau saluran kelamin jantan. Jika pada anakan betina garis ini tidak ada.

2. Perbedaan postur tubu pada kenari jantan dan betina saat masih muda. Biasanya kenari jantan mempunyai ukuran yang lebih besar dan terlihat agak panjang dari anakan kenari betina saat masih diloloh indukan. (umur dibawah 1 bulan)

3. Perbedaan juga terdapat pada keala kenari muda. Kepala anakan kenari jantan lebih pipih dan kenari betina muda bentuk kepalanya cenderung agak sedikit bulat. (umur 2-3 bulan)

4. Perbedaan jelas juga saat kenari mulai besar. Anakan kenari jantan akan ngeriwik setelah ia dipisah dari induknya sementara saudaranya yang betina tidak ngeriwik hanya dia saja. (dibawah 4 bulan)

5. Lihat juga pada kloaka (anus/ven) burung kenari. Jika burung jantan maka kloakanya akan terliat lebih menonjol dan lurus. Sedangkan pada betina akan terlihat datar dan rata.

Membedakan kenari jantan dan betina dewasa

Selain ciri diatas kita juga bisa membedakan kenari jantan dan betina saat sudah dewasa dengan beberapa tambahan berikut.

1. Perbedaan bunyi pada kenari. Kenari jantan tentunya memiliki suara yang keras, kicauan yang ngerol dan suaranya bervariasi, sedangkan kenari betina tidak ngerol, dan bunyinya standar tidak banyak variasi. Kenari betina ada juga yang ngerol tapi putus-putus dan cenderung monoton suaranya dan tidak nyaring seperti kicauan kenari jantan.

2. Perhatikan bagian mata burung kenari. Ambil garis lurus paruh dan mata. Pada kenari jantan posisi mata sejajar dengan paruh, sedangkan pada kenari betina mata terdapat diatasnya paruhnya.

membedakan-kenari-jantan-dan-betina

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.