Jenis dan Harga Kutilang – Burung kutilang, siapa diantara kicau mania semua yang tidak mengenal burung kutilang? Saya rasa semua tau burung ini yah. Burung kutilang seperti yang kita ketahui biasanya dimaksudkan untuk burung kutilang biasa yaitu pycnonotus aurigaster atau bahasa daerahnya biasa di namakan burung pedet atau cangkurileung. Tapi tahukah teman-teman kicau mania semua bahwa kutilang tidak hanya kutilang biasa? Melainkan ada beberapa jenis kutilang yang bisa kita temukan.

Ngomong-ngomong masalah jenis burung kutilang termasuk kedalam burung merbah atau cucak-cucakan tetapi untuk mempermudah pembagian jenis (subspesies) saya batasi jenis burung kutilang disini hanya pada burung yang namanya mengandung “kutilang” karena ini lebih familiar dan lebih mudah diterapkan, mengingat jenis merbah atau cucak-cucakan itu sangat banyak. Oke kita sepakat ya hanya yang namanya mengandung kata “kutilang” saja.

Jenis Burung Kutilang

1. Kutilang Biasa (pycnonotus aurigaster)

Kutilang biasa atau biasa juga disebut hanya dengan kutilang saja merupakan salah satu burung kicau yang banyak dipelihara di Indonesia. Burung ini banyak sekali disekitar kita, bahkan di taman-taman atau kebun pinggiran rumah sering menjumpainya.

jenis-kutilang-biasa
Foto dari https://web.facebook.com/zenit.nadir

Walaupun banyak dipelihara terkadang beberapa kicau mania kurang menyukai jenis burung ini karena katanya bisa merusak suara burung lain, atau malu jika burung mahalnya berisikan suara kutilang yang murah. Ini hanya masalah sudut pandang saja yang suka silahkan yang tidak jangan mengganggu, karena kalo saya menganggap semua burung sama untuk dinikmati kicaunya, bukan egonya.

Baca : Suara burung kutilang

2. Kutilang Emas (pycnonotus melanicterus)

Lain dengan kerabatnya kutilang emas ini banyak dicari kicau mania, karena suaranya dinilai bagus untuk dijadikan suara isian atau suara masteran, baca : suara kutilang emas. Kutilang emas ini dikenal juga dengan nama cucak kuning. Kutilang emas ada yang bermata merah ada yang bermata putih, rata-rata kicau mania lebih menyukai yang bermata merah.

jenis-kutilang-emas
Foto dari https://web.facebook.com/kecenkc

3. Kutilang Sutera (cep-cep)

Burung kutilang sutera atau biasa dikenal dengan nama cep-cep, cucak kurincang juga merupakan salah satu burung kicau yang biasa dicari untuk dijadikan burung master atau burung kicauan. Suara alami dan suara kutilang sutera yang sudah dimaster sangat berbeda, jika ingin mendownload suaranya buka : suara kutilang sutera.

jenis-kutilang-sutera
Foto dari https://web.facebook.com/imay.cavalera

Harga Burung Kutilang

Harga burung kutilang bukan termasuk burung mahal, jadi jangan khawatir untuk masalah harga. Tetapi walau bukan burung mahal jangan meremehkan kemampuan meniru atau kicau dari burung kutilang. Berikut ini list harga burung kutilang.

Kutilang biasa kisaran harga 40.000 – 100.00

Kutilang emas kisaran harga 60.000 – 200.00

Kutilang sutera kisaran harga 40.000 – 200.00

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.