Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

0
329605

Membedakan lovebird jantan dan betina – Lovebird adalah salah satu burung hias yang bisa diambil keindahan bulu dan keindahan suaranya. Burung ini mempunyai warna yang bermacam-macam, karena persilangan yang panjang dan pemilihan indukan yang selektif saat dikembang biakkan. Nah pagi pecinta LB ini tentu membedakan jantan dan berina lovebird sangatlah penting. Bisa untuk tujuan dikembang biakkan bisa juga dengan tujuan dilatih suara kicaunya. Karena biasanya para kicau mania lebih memilih yang jantan untuk di latih suaranya karena burung jantan secara alami mempunyai bakat berkicau lebih merdu dibanding betina, dialam liar ini digunakan untuk menarik pasangannya.

Ada beberapa ciri-ciri perbedaan lovebird jantan dan betina yang harus diperhatikan agar kita bisa benar-benar membedakannya dengan tepat. Cara membedakan lovebird jantan dan betina perlu memperhatikan bagian fisik dan nonfisik atau prilakunya, saya sudah mengelompokkannya agar mudah.

Cara membedakan lovebird jantan dan betina

Download suara masteran lovebird mp3

Perbedaan Fisik

Ciri fisik antara lovebird jantan dan betina adalah :

1. Bentuk Ekor

Paling mudah membedakan LB jantan atau betina adalah dengan melihat bentuk ekornya. Jika jantan ujung ekornya membentuk huruf v atau lancip. Jika betina bentuk ekornya datar seperti burung merpati. Perhatikan gambar berikut.

Membedakan-Lovebird-Jantan-dan-Betina

2. Bentuk Kaki

Bentuk kaki in bisa dilihat pada posisi lovebird sedang bertengger. Posisi betina lebih melebar kesamping kakinya atau ngangkang, sedangkan jantan lebih rapat dan tidak melebar.

perbedaan-lovebird-jantan-dan-betina

3. Bentuk Paruh
Bentuk paruh lovebird bisa dilihat dari dekat agar jelas. Bentuk dari paruh lovebird jantan biasanya lebih runcing dari atas ke bawah dan terlihat kering. Sedangkan bentuk paruh lovebird betina akan lebih melebar dari panggkalnya.

4. Bentuk Sayap 
Selain pada bentuk ekornya cara termudah membedakan lovebird jantan dan betina adalah dengan memperhatikan bentuk sayapnya. Bentuk sayap sering dijadikan patokan dalam membedakan jenis kelamin lovebird. Jika burung lovebird jantan, ujung sayap lebih sering terlihat dalam posisi menyilang dan merapat. Sedangkan pada burung lovebird betina dalam posisi lebih terbuka dan melebar kesamping.

cara-membedakan-lovebird-jantan-dan-betina

5. Bentuk Kepala

Bentuk kepala lovebird juga bisa menjadi patokan jenis kelamin lovebird. Kepala jantan kebanyakan lebih kecil dan bulat tetapi rata di bagian atas seperti potongan rambut tukul gitu rata. Sedangkan pada betina kepala terlihat lebih besar dan menonjol secara umum, seperti jambul syahrini kurang lebih.

Perbedaan Prilaku

1. Saat Birahi

Pada saat lovebird sudah berjodoh biasanya kepala jantan mengangguk atau bergetar seakan ingin memberi makan pada anaknya. Lovebird jantan akan melolohkanya ke betina, ini adalah perilaku yang cukup jelas untuk menjadi patokan kita dalam menetukan LB jantan dan LB betina.

2. Membawa bahan sarang

LB Betina lebi rajin membawa bahan sarang ketika membangun sarangnya dibandingkan dengan LB jantan. Ini juga bisa kita masukkan kedalam faktor pembanding kita.

3. Mengigit objek dari dalam kandang

LB betina lebih bersifat agresif didalam kandangnya. Ini mungkin normal karena sifat keibuannya yang lebih agresif melindungi sarang. Nah jika kita memasukkan objek kedalam kandang biasanya LB betina mematuk-matuk atau mengigitnya.

Perbedaan itu kurang jelas jika dilihat pada lovebird anakan karena fisik dan prilakunya belum tumbuh menjadi matang. Nah diatas adalah beberapa perbedaan lovebird jantan dan betina, perbedaan diatas bersifat relatif melainkan perlu perbandingan lebih. Karena terkadang juga ada yang tidak sesuai dengan ciri-ciri diatas. Tetapi secara keseluruhan ciri-ciri diatas bisa digunakan kok. Selamat mencoba.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.