Melatih Nafas Merpati Agar Kuat

1
238711

Melatih nafas merpati sangatlah penting dalam membuat merpati bekerja maksimal. Udara atau nafas sangat penting bagi makhluk hidup dan sifatnya absolut tidak bisa dihilangkan. Udara (oksigen) diperlukan oleh tubuh untuk proses pembakaran makanan menjadi energi yang akan di sebarkan keseluruh tunbuh, jika di ibaratkan nafas adalah sistem pembakaran didalam kendaraan, semakin bagus maka pembakaran bahan bakar akan semakin bagus dan menghasilkan tenaga yang besar. Nah oksigen atau sistem pernafasan dalam burung merpati juga sama. Semakin lancar pernafasan maka pembakaran makanan menjadi energi akan semakin optimal dan menghasilkan tenaga yang besar. Nafas yang kuat juga akan membuat merpati lebih tahan lama dalam permainan. Jika kehabisan nafas maka tenaga bisa drop dan tidak bekerja optimal. Oksigen juga membantu mengurangi kelelahan otot karena produksi asam laktat.

merpati-nafas-panjang

sumber : Merpati Ganda Purnama

Merpati yang lelah akan membuka mulutnya dengan tujuan mendapatkan udara lebih banyak dan bisa memulihkan otot yang kelelahan akibat bekerja. Tentu merpati yang cepat lelah tidak bagus kedepannya maka perlunya melatih nafas merpati agar menjadi kuat dan tahan lama. Melatih nafas merpati tidak bisa secara praktis melainkan perlunya proses panjang. Agar nafas merpati kuat perlu adanya latihan luar dan dalam. Latihan secara fisik dan perawatan yang baik. Nah ada beberapa tips dalam melatih nafas merpati, tips ini tidak mutlak tetapi tips ini adalah cara yang lazim dipakai para penghobi merpati.

merpati-cepat-lelah

Pemilihan merpati juga perlu, pilihlah yang berbadan bentuk segitiga atau ngejantung, karena ruang pundi-pundi udara pada merpati ini lebih besar. Pundi-pundi udara adalah ruang udara yang digunakan merpati untuk bernafas saat diudara. Biasanya dicirikan dengan capit udang yang tidak terlalu rapat dan hidungnya agak besar.

Melatih Nafas Merpati Agar Kuat

Nafas yang kuat berasal dari kekuatan fisik yang bagus. Kita harus memfokuskan pada kekuatan fisik dan pembiasaan merpati untuk mengoptimalkan energi yang ada. Berikut resep latihan agar nafas merpati kuat.

1. Jemur merpati

Penjemuran merpati yang rutin dapat memperpanjang nafas. Selain itu juga dengan penjemuran akan meningkatkan kemampuan fisik dan menambah sehat. Karena pada cahaya matahari banyak kandungan penting yang dibutuhkan makhluk hidup. Penjemuran dilakukan pada jam 8-10 pagi.

2. Latih Rutin

Latihanlah merpati dengan rutin dan teratur agar kemampuan fisik merpati meningkat. Jika diperhatikan merpati piyik yang baru turun kelapangan baru di lop beberapa terbangan akan ngosngosan dan lelah. Itu karena fisik merpati piyikan belum sepenuhnya terbentuk. Sama seperti halnya jika kita jarang berlari, sekalinya berlari nafas langsung habis tetapi jika sudah terbiasa maka nafaspun menjadi kuat.

3. Jamu

Ada beberapa jamu yang bisa membuat nafas lebih panjang. Jamu ini ada banyak silahkan di cari masing-masing di produsen yang terpercaya.

Tetapi jika perawatan sudah benar latihan juga sudah rutin tetapi nafas masih pendek ada kemungkinan merpati anda terkena penyakit yang menyerang sistem pernafasan. Saluran nafas tersumbut oleh bakteri yang bernama clamydia. Obat yang direkomendasikan adalah “Doxycicline” untuk mengatasi bakteri yang mengganggu saluran pernafasan ini. Kemungkinan kedua memang karena organ tubuhnya (paru) yang tidak mendukung atau bisa juga anatomi lainnya seperti sayap yang tidak efisien dan tidak proporsional dengan badan sehingga boros tenaga atau airsac yg jelek jika dipegang badan terasa berat dan keras. Semoga nafas merpati anda bisa kuat dan panjang dengan latihan ini.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.