Cara Membedakan Jenis Murai Batu dari Ekornya Update

0
8544
membedakan murai batu dari ekornya
Foto : https://www.facebook.com/abbas.bse

Membedakan Jenis Murai Batu – Burung murai batu adalah salah satu burung primadona dikalangan burung kicau. Kemampuannya dalam berkicau baik itu variasi suara, nada, lagu, volumenya semua dimiliki burung murai batu ini.

Dikalangan penghobi juga dikenal berbagai jenis burung murai batu, mulai dari murai batu medan yang terkenal, borneo yang mentalnya kuat, nias, malaysia dan lainnya. Setiap jenis murai batu memiliki keistimewaan atau karakter khas masing-masing. Sehingga para kicau mania bisa memilih tipe murai batu apa yang akan dipilih untuk dipelihara.

Harga murai batu setiap jenisnya pun berbeda-beda baca : harga murai batu 2018. Harga murai batu ini berbeda-beda yang paling menjadi favorit para kicau mania adalah murai batu medan. Mental, gaya, dan kicaunya memang menonjol dibanding jenis lainnya, tapi bukan berarti jenis lain juga tidak bisa hanya saja mayoritas yang mempunyai kemampuan ini adalah murai medan.

Nah karena harganya berbeda-beda tergantung jenisnya maka sebagai kicau mania yang baik tentunya harus mengetahui cara membedakan jenis murai batu. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya penipuan dan juga sebagai pengetahuan kicau mania.

Untuk membedakan jenis murai batu biasanya bisa dilihat dari ekornya. Pertama dari panjangnya lalu coraknya nah berikut ini cara membedakan murai batu dari ekornya.

Membedakan Jenis Murai Batu dari Ekornya

pola-ekor-murai-batu

  1. Murai batu medan memiliki panjang ekor antara 14 sampai 27 cm. Ekor murai batu medan memiliki corak setengah putih dibagian ujungnya dan setengah hitam dibagian pangkalnya.
  2. Murai batu Aceh memiliki panjang ekor paling panjang yaitu antara 24-30 cm. Corak ekor murai batu aceh sedikit miring dengan mayoritas berwarna putih dan sedikit hitam dibagian pangkalnya.
  3. Murai batu Nias memiliki panjang ekor antara 20-30 cm. Ekor murai batu nias berwarna full hitam.
  4. Murai batu lempuyang memiliki panjang sekitar 18-22 cm ekor mayoritas berwarna hitam, tetapi ada sedikit corak putih kecoklatan di ujung ekor.
  5. Murai batu Lasia – memiliki panjang ekor sekitar 13-16cm. Ekor murai batu lasia berwarna hitam dan ada sedikit corak putih kotor di ujung ekornya, coraknya ini lebih sedikit dibanding murai lempuyang
  6. Murai batu sinabang memiliki manjang ekor sekitar 12-16cm. Corak ekor murai ini berwarna hitam pekat dan hampir tidak terlihat corak putihnya. Murai jenis ini juga sering tertukar dengan murai nias. Anda harus berhati-hati jika ingin membeli burung murai batu nias karena bisa saja tertukar atau tertipu.
  7. Murai batu lampung memiliki panjang ekor antara 12-18cm. Corak murai batu lampung hampir sama dengan corak ekor murai batu medan, namun murai batu lampung mempunyai ekor yang lebih pendek dibanding murai batu medan.
  8. Murai batu kalimantan memiliki panjang ekor sekitar 8-13cm dengan warna corak full putih, setengah putih setengah hitam, ada juga yang sedikit hitam. Yang perlu diperhatikan adalah mayoritas warna corak ekor murai batu kalimantan adalah putih.

Nah diatas adalah gambaran untuk pola ekor murai batu jadi untuk bisa membedakan murai batu dari ekornya bisa melihat gambar atau penjelasan diatas.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.