Tips Memilih Murai Batu Tangkapan Hutan

0
64368

Memilih murai batu tangkapan hutan – Burung murai batu adalah salah satu primadona burung kicau di Indonesia. Murai batu ini bisa didapatkan di penjual murai batu atau menangkap di hutan. Murai batu biasanya didatangkan dari peternak, dan terkadang kita bisa menangkap di hutan, tetapi saya sangat melarang sekali para penghobi yang menangkap murai batu di hutan, karena akan merusak habitat aslinya, jangan mengatakan anda pecinta murai batu jika merusak habitatnya.

memilih-murai-batu-tangkapan-hutan

Tetapi jika anda ingin membeli murai batu tangkapan hutan dari penjual atau ingin merawat murai batu tangkapan hutan tersebut maka anda bisa memilih murai batu tangkapan hutan untuk dipelihara.

Ciri murai batu tangkapan hutan yang berkualitas

Mata murai batu

Mata adalah cerminan dari makhluk hidup, termasuk murai batu. Pilihlah murai batu yang mempunyai mata yang cerah dan sorot yang tajam. Jangan sesekali memilih murai batu yang mempunyai mata yang buram, mata buram pada murai batu ini bisa jadi karena murai batu mempunyai mata yang katarak, tandanya pada mata murai batu ada selaput putih, ini bisa berakibat fatal karena beresiko murai batu bisa buta.

memilih-murai-hutan-murai-batu-melotot

Poin yang kedua dari memilih murai batu adalah pilihlah murai batu yang memiliki mata yang terlihat melotot. Mata yang terlihat melotot dan besar adalah murai batu yang bandel, dikenal dengan mental baja.

Kepala murai batu

Bentuk kepala dan mata pada murai batu adalah kombinasi yang berpasangan. Kombinasi kepala yang kotak dan mata yang melotot adalah kombinasi yang sangat pas. Murai batu yang memiliki kepala yang kotak ini dinilai mempunyai mental baja.

Paruh murai batu

Pilih murai batu yang memiliki paruh yang lurus, jangan sekali-kali memilih murai batu yang mempunyai paruh yang bengkok. Perhatikan juga posisi lubang hidung yang dekat dengan posisi mata, pilih yang sedekat mungkin.

Ekor murai batu

Cari murai batu yang mempunyai ekor tidak terlalu tebal, seperti ringan tapi kuat gitu jika dilihat. Sehingga murai batu mudah bergaya saat ditrek (naik turunkan ekor). Jika murai batu yang dijual tidak mempunyai ekor saran saya jangan dibeli, karena kita tidak tahu bentuk ekornya seperti apa.

Bulu Dada murai batu

Pilihlah murai batu yang mempunyai warna bulu dada agak kekuningan, kebanyakan murai batu berwarna coklat. Biasaya yang berwarna agak kekuningan cepat bunyi dan cepat jadi.

Usia murai batu

Biasanya orang-orang menilai murai batu berdasarkan pengamatan pada kakinya. Tetapi kaki yang kering kurang akurat dalam penilaian. Lihat juga pada sayap murai batu. Biasanya murai batu muda memiliki bintik coklat di sayapnya, sayap sebelah dalam.

Postur badan murai batu

Pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan leher yang panjang, badan dan ekor serta kaki yang serasi, istilahnya proporsional. Jangan memilih trotolan urai batu yang berleher dan berbadan pendek (buntet). Sayap mengepit rapat kebadan dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat.

Perilaku murai batu

Pilih murai batu yang mmpunyai prilaku yang ganas, lincah. Tandanya murai batu akan menggigit serta berteriak jika murai batu kita pegang dan akan berusaha mematuk-matuk tangan. Nafsu makan juga besar, ini menandakan burung sehat.

Nah itu sedikit diantaranya cara memilih murai batu tangkapan hutan. Semoga bisa menjadi referensi dalam pemilihan murai batu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.