Jenis dan Harga Burung Pleci / Kacamata

0
55949

Zaman sekarang burung sedang naik daun kepopulerannya baik burung kicau ataupun burung aduan seperti merpati, jenis-jenis burung begitu bervariasi. Nah kali ini saya akan membahas burung pleci atau zosterops. Mungkin untuk pencinta burung khususnya para plecimania, sudah sangat mengenal dan memahami perbedaan antara jenis burung pleci satu dan pleci lainnya. tetapi bagi para pemula plecimania atau hanya sekedar ingin tahu anda tepat sekali membaca artikel ini hehehe. Perbedaan itu membuat rasa ingin tahu yang membuat para plecimania semakin merasa penasaran.

Memelihara satu pleci bagi plecimania itu pasti rasanya sangat kurang, karena ukurannya yang kecil dan imut ditambah lagi dengan suara yang kurang ramai jika cuma satu burung apalagi setiap main ke pasar burung dan kebetulan melihat segombolan pleci, pasti ada rasa ingin menambah lagi pleci untuk di bawa pulang hehehe. Tidak aneh lagi nih sudah bawaan dari para mania pleci hehehe. Nah, plecimania kali ini saya akan memperkenalkan jenis-jenis burung pleci yang sering dipelihara para pleci mania di indonesia.

Baca : minuman racikan pleci

Jenis Pleci / Kacamata

1. Pleci Dakun Macok (Dada kuning mata coklat)

pleci-dada-kuning-mata-coklat

Dakun mata coklat atau biasa di sebut dakun macok merupakan jenis burung yang sering di jumpai dalam ombyokan kandang yang di temui dipasar-pasar burung. Berasal di pulau jawa dan sekitarnya. Ciri khusus pada pleci ini adalah dada yang berwarna kuning dengan punggung sedikit kehijauan, ukuran pleci dakun macok tidak terlalu besar tetapi standart ukuran burung pleci saja, bentuk kacamata juga standart dengan iris yang coklat, tetapi pleci ini mempunyai kelebihan tersendiri yaitu suara yang nyaring dan kristal (renyah).

2. Dakun Maput ( Dada kuning mata putih )

pleci-dakun-maput

Pleci jenis dakum maput tergolong kedalam pleci yang sudah sangat langka dan susah untuk di temui, sangat spesial dalam mental tarungnya. Untuk masalah volume suara tentunya tergantung karakter bawaan burung itu sendiri, pleci ini juga dikenal sebagai pleci muria karena pleci ini berasal dari gunung muria di daerah kudus. Ciri khusus pleci muria yaitu warna dada kuning dengan punggung kuning agak kehijauan, ukuran standart kacamata standart, suara sangat nyaring dan kristal, mempunyai iris mata yang putih agak sedikit menonjol.

3. Pleci Auriventer

Pleci-Auriventer

Dikenal auriventer dikenal oleh para pleci mania mempunyai alunan suara yang sangat mendayu dan khas dibandingkan jenis pleci lainnya, suara ngebbas dengan mendayu pada burung pleci akan menambah harga jual dan lumayan untuk merogoh kantong lebih dalam untuk memilikinya hehehe. Ciri khusus pada pleci ini yaitu mmpunyai warna dada kuning dengan punggung kuning sedikit kehijauan, ukuran standart, kacamata juga standart kelebihannya dari suara yang sangat nyaring dan kristal mempunyai iris mata yang berwarna putih.

Harga Burung Pleci / Kacamata

Harga burung pleci di pasaran standartnya sekitar 20.000 sampai 50.000 tergantung ukuran, daerah asal, jenis, dan kualitasnya. Tetapi untuk pleci yang sudah juara biasanya di bandrol dengan harga 500.000.

Nah demikian sobat binatang peliharaan jenis dan harga pleci. Semoga informasi ini dapat membantu

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.