Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina

1
602924

Cara membedakan pleci jandan dan betina termasuk aga sulit sob karena burung pleci adalah termasuk kedalam burung jenis monomorphic yaitu burung yang mempunyai bentuk dan rupa yang sama antar jantan dan betinanya. Bahkan seorang yang memelihara burung pleci terkadang tidak mengetahuinya, hanya yang berpengalaman saja yang bisa membedakan burung ini. Artikel ini akan coba membantu teman-teman dalam membedakan perbedaan pleci jantan dan pleci betina.

burung-pleci

Ada beberapa faktor yang bisa dilihat untuk membedakan pleci jantan maupun pleci betina. Saya mengumpulkan dari berbagai informasi dan menemukan dua faktor yang bisa membedakan mana pleci jantan dan mana pleci betina. Faktor tersebut terletak pada fisik dan nonfisiknya. Prilaku dan dari anatominya, walaupun perbedaan ini terlihat sangat tipis sekali tetapi ini bisa membantu kita membedakannya.

Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina

Perbedaan Fisik

Perbedaan fisik ada 7 perbedaan, yaitu :

1. Ekor

Bentuk ekor pleci jantan akan sedikit lebih panjang dari pleci betina dengan ujung ekor berbentuk huruf “V” bagian ujung meruncing dan lancip. Sedangkan pleci betina bentuk ekornya agak pendek dan ujung ekor rata.

2. Kepala

Bentuk kepala pleci jantan lebih bulat dan besar sedangkan pleci betina lebih ramping dan kecil. Pleci jantan juga biasanya terlihat agak kasar disekitar paruhnya.

3. Pen / Dubur

Pen/dubur pleci jantan terlihat memanjang dan ditumbuhi bulu disekitarnya. Bentuk yang agak panjang ini membantu pleci jantan untuk berkembang biak saat penetrasi lebih mudah masuk. Sedangkan pada pleci betina pen/dubur hanya ditumbuhi sedikit bulu disekitarnya, Fungsinya adalah untuk memudahkan penetrasi dan bulu-bulu disekitarnya tidak menghalanginya.

4. Warna Bulu

Pleci jantan warna bulunya lebih mencolok dan cerah pada betina agak kusam.

5. Paruh

Paruh pada pleci jantan cenderung lebih pendek dan tebal sedangkan pada pleci betina agak sedikit memanjang. Pleci jantan terlihat ada sedikit luka biasanya bekas bertarung jika ditempatkan pada ombyokan dipasar.

6. Klep Mata

Burung pleci terkadang disebut juga burung kacamata, ini karena terdapat klep disekitar matanya. Pada pleci jantan klep mata putus-putus dan tebal bagian bawah. Pleci betina mempunyai klep yang utuh tanpa putus dan bulat tebal.

7. Body

Body jantan lebih panjang dan ramping. Pada pleci betina agak pendek dan bulat.

Nah itu perbedaan pleci jantan dan betina berdasarkan fisiknya.

Perbedaan Prilaku

perbdaan-pleci-jantan-dan-betina

1. Lincah dan agresif

Pleci jantan akan terlihat lebih lincah bergerak di banding betina. Pleci jantan biasanya senang berkompetisi atau bertarung antar pleci lain di dalam ombyokan.

2. Semprotan air

Jika pleci jantan disemprotkan air dibagian kepalanya biasanya bulunya akan terlihat seperti jambul dan pupil matanya akan terlihat mengecil.

3. Suara

Suara pleci jantan terdengar lebih kristal. Tetapi cara ini tidak terlalu menonjol dibandingkan perbedaan lainnya karena memerlukan pengamatan yang mendalam.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.