Persiapan Pleci Sebelum Lomba Agar Juara

2
131552

Persiapan pleci sebelum lomba – Mempunyai pleci juara tentu idaman semua penggemar pleci dan bisa menjadi kebanggaan bagi pemeliharanya. Tetapi ada juga yang kecewa pada pleci kacamata jagoannya karena tidak tampil prima saat lomba berlangsung. Pleci ini biasanya sangat keras saat berkicau dirumah tetapi saat dibawa ke arena lomba hanya bisa loncat-loncat saja didalam sangkar. Untuk itu perlu adanya persiapan pleci sebelum lomba.

Pleci adalah burung koloni yang biasa hidup berkelompok, jika pleci dipelihara sendiri maka biasanya saat bertemu pleci lainnya akan kegirangan dan loncat-loncat. Tetapi jika sudah dalam kerumunan maka pleci akan saling bersahutan dan berusaha mengeluarkan suara yang keras. Jika dialam liar pleci yang mempunyai suara terkeras adalah pleci yang akan memimpin koloni. Itulah secara singkatnya penjelasan pleci saat dialam liar.

persiapan-pleci-sebelum-lomba
via : omkicau.com

Persiapan pleci sebelum lomba

Berikut ini adalah beberapa persiapan yang bisa dilakukan agar pleci siap lomba. Rawatan untuk pleci lomba.

1. Menjaga birahi pleci

Burung pleci yang stabil birahinya akan bisa tampil prima saat perlombaan. Sebagai pemelihara pleci anda harus tahu pola rawatan yang tepat bagi pleci anda agar kondisi birahi stabil. Karena setiap pleci berbeda-beda dalam perawatannya sesuaikan dengan karakter pleci kita. Baca juga : racikan pakan pleci lomba

Biasanya sebelum lomba pleci bisa dijaga pakannya 7-10 hari sebelum lomba, dan 1-2 hari menjelang lomba pleci diberi pakan yang tinggi protein. Perlu pengalaman untuk mengatur pola rawatan pleci karena karakter pleci yang berbeda-beda dan pengalaman yang berbeda pula.

2. Mandi malam pleci

Mandi malam juga bisa menjaga birahi pleci, mandikan pleci sekitar jam 7-9 malam sebelum lomba, atur dengan sprayer yang halus. Setelah dimandikan pleci bisa di beri 2 sendok teh kroto dan bisa dibeli 3 ekor ulat hongkong. Lalu diangin-anginkan pada ruangan selama 1 jam. Setelah diangin-anginkan maka krondong pleci sampai pagi.

3. Karakter pleci

Kenali karakter pleci anda, ada perlakuan yang berbeda pada pleci sebelum lomba. Ada pleci yang harus disendirikan saat akan ikut lomba. Ada juga yang harus di cas oleh pleci betina terlebih dahulu.

Karakter pleci yang butuh disendirikan harus dikarantina dan diasingkan dari burung sejenis selama 7-10 hari menjelang perlombaan. Biarkan pleci merasa sendiri dengan tidak melihat pleci lain atau mendengar suara pleci lainnya. Jika cocok maka pleci ini akan sangat agresif dalam berkicau dan mampu mengeluarkan suara pleci yang keras.

Ada juga pleci yang perlu ‘dicas’ oleh pleci betina sebelum berlomba. Selama 7-10 hari sebelum lomba. Saat dipisah (lomba) maka pleci ini akan mencari-cari pleci betinanya dengan suara yang lantang dan keras.

4. Saat di arena lomba

Seperti atlet maka pleci pun butuh pemanasan. Saat sedang di arena perlombaan sebelum digantang, buka kerodong pleci selama sekitar 15 sampai 30 menit. Biasanya sebelum lomba ada beberapa pleci mania yang berkumpul untuk melakukan latihan pemanasan pada pleci. Setelah itu, burung dikerodong kembali untuk pemanasan, jangan lupa bersihkan makanan yang ada di dasar sangkar menghindari pleci makan saat lomba.

rawatan-pleci-sebelum-lomba
via : tabloidpcmi.com

Nah diatas adalah beberapa perawatan pleci sebelum lomba. Tetapi ada juga pleci yang tidak memerlukan perawatan khusus, cukup rawatan harian saja dan masih bisa mengeluarkan performa yang prima.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.