Terapi Ampuh Atasi Pleci Salto

3
182660

Agar pleci tidak salto – Dalam memelihara pleci ada beberapa hal yang dinilai negatif oleh para pemelihara pleci. Saya tidak tahu hubungan pleci salto dengan suara kicaunya apakah mempengaruhi atau tidak, tetapi menurut para penggemar pleci saya mendengar bahwa pleci salto atau sering memutar-mutarkan kepalanya dinilai kurang mapan, giras, tidak enak dilihat, kurang rajin berkicau (karena salto terus) dan kebiasaan itu ditemui pada pleci bakalan yang belum jadi, ada juga pleci yang tidak salto lagi setelah mulai keluar bunyi (mapan). Jadi para penggemar pleci tidak suka jika pleci mereka sering salto.

Untuk mengatasi pleci salto perlu dilakukan terapi. Pleci salto bisa diakibatkan karena ekspresi girang, takut, atau tidak nyaman dengan tangkringan. Pertama-tama kita harus mengetahui dahulu penyebab pleci salto dengan cara memperhatikan tingkah laku pleci.

atasi-agar-pleci-tidak-salto

Terapi atasi pleci salto

1. Jika penyebab pleci anda salto karena stres, maka pencegahan yang tepat agar pleci tidak salto adalah dengan menutup bagian atas sangkar. Ini juga berlaku bagi burung baru dan sebagai proses penjinakkan pleci bakalan.

2. Terkadang jika kita perhatikan ada pleci yang salto dan sebelumnya terlihat menarik kepalanya kebelakang badannya sehingga terjatuh dari tangkringan dan mulai salto. Jika demikian maka pleci kemungkinan besar kekurangan vitamin dan mineral terutama magnesium (Mg). Solusinya beri vitamin dan mineral dalam minuman pleci agar kembali menyeimbangkan mineral dalam tubuh pleci.

3. Pleci salto juga bisa diakibatkan oleh tangkringan, solusinya kita bisa memberi karet gelang sebagai penghalang pada atas tangkringan (pada tempat dimana pleci biasa salto) agar menghalangi burung pleci ketika salto dan membuat pleci kapok, sehingga bisa menghilangkan kebiasaan saltonya. Ubah ukuran tangkringan, usahakan cari yang pas untuk cengkraman kaki pleci, serta pilih tangkringan yang berserat. Ubah juga posisi tangkringan pleci.

4. Kebiasaan salto pleci juga bisa diakibatkan karena kandang, terapinya bisa dengan mengumbar pleci di kandang yang besar sehingga tidak salto lagi.

5. Taruh juga kepingan CD diatas sangkar agar memantulkan cahaya pada plecii sehingga tidak salto lagi.

6. Kebiasaan salto pleci juga bisa dikarenakan salah memandikan, yang benar adalah semprot dari atas setika memandikan, jika dari bawah pleci akan kaget dan bisa memulai saltonya lagi.

pleci-bakalan-agar-tidak-salto

Nah diatas adalah beberapa solusi mengatasi pleci salto, saya sebut ini terapi karena hasil yang didapat untuk setiap orang biasanya berbeda-beda. Nah semoga pleci anda tidak salto lagi.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.