burung puyuh

Stop!!!

Download aplikasi khusus kicau mania.

Berisi ratusan suara masteran, suara pikat, suara betina, dan perawatan dalam satu aplikasi

Download di Play Store

Jenis Burung Puyuh Peliharaan dan Petelur Unggul

In Puyuh 2470 views

Burung Puyuh – Puyuh adalah salah satu burung yang tidak bisa terbang dengan baik. Burung puyuh hanya bisa terbang dengan tinggi hayna beberapa meter dan jarak puluhan sampai ratusan meter saja. Bahkan jika burung puyuh petelur untuk ternak biasanya tidak bisa terbang sama sekali.

Burung puyuh banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk beberapa hal, mulai dari puyuh peliharaan, sampai burung puyuh petelur. Burung puyuh peliharaan biasanya dinikmati suaranya dan keindahan warna bulunya sedangkan burung puyuh petelur unggulan dimanfaatkan telurnya untuk kepentingan pangan.

Burung puyuh memiliki banyak sekali jenisnya, ada jenis puyuh yang khusus untuk petelur saja ada juga yang hanya digunakan untuk peliharaan. Mari simak beberapa jenis burung puyuh di bawah ini.

Jenis Burung Puyuh

Jenis Puyuh Hias

Jenis burung puyuh peliharaan umumnya memiliki warna bulu yang cantik dan suara yang khas dengan kemampuan bertelur yang standar tidak terlalu banyak seperti burung puyuh petelur Berikut ini beberapa jenis burung puyuh yang biasa digunakan untuk peliharaan.

1. Burung puyuh gonggong

puyuh-gonggong

Foto dari https://web.facebook.com/faisanesgallosyalgomas.mx/

Burung puyuh gonggong atau Arborophila Javonavic, memiliki suara yang khas kali yaitu suaranya mirip dengan Gong oleh karena itu dinamakan sebagai puyuh gonggong. Suaranya sangat keras dengan nada tinggi Baca : suara puyuh. Warna burung puyuh gonggong Inipun cantik berwarna gelap dengan perpaduan warna merah dan abu-abu dengan corak yang indah

2. Burung puyuh mahkota

puyuh-mahkota

Foto dari https://www.wikipedia.org/

Puyuh mahkota, Siau, Sengayan atau rollulus rouloul, dinamakan puyuh mahkota karena puyuh ini memiliki jambul seperti mahkota di kepalanya. Warna jambul yang merah tersebut menjadi daya tarik tersendiri terhadap puyuh hias ini.

3. Burung puyuh batu

puyuh-batu

Foto dari https://www.wikipedia.org/

Selanjutnya yaitu puyuh batu, puyuh batu atau Coturnix Chinensis, burung ini berukuran sekitar 15 cm panjangnya dengan perpaduan beberapa warna di tubuhnya seperti putih, hitam, abu-abu, merah, dan biru yang sangat cantik jika digunakan sebagai burung hias.

4. Burung puyuh albino

puyuh-albino

Foto dari https://web.facebook.com/muray.medan.357

Puyuh albino atau biasa disebut juga dengan puyuh putih adalah burung puyuh biasa yang mempunyai keunikan tersendiri dari warnanya yaitu berwarna putih. Burung puyuh albino ini muncul karena rekayasa genetika atau memang tidak sengaja muncul saat perkembangbiakkan.

5. Burung puyuh rimba sumatra

Puyuh-rimba-sumatera

Foto dari https://www.wikipedia.org/

Nama ilmiahnya Chest nut patridge, burung ini berasal dari Sumatera. Selain keindahan pada warnanya burung puyuh ini mempunyai suara yang merdu dan keras apalagi ketika saat pagi, puyuh ini rajin sekali berkicau.

Jenis Puyuh Petelur

Jenis puyuh petelur atau puyuh ternak adalah jenis burung puyuh yang dimanfaatkan telur atau dagingnya, pada umumnya sih telurnya saja yang dimanfaatkan karena tau sendiri yah daging burung puyuh sangat sedikit.

puyuh-petelur-unggul

Foto dari https://www.wikipedia.org/

Burung puyuh petelur ini mempunyai kemampuan bertelur yang lebih baik dibanding burung puyuh lainnya karena jenis burung puyuh ini telah melalui rekayasa genetika yang memungkinkan burung ini bertelur tanpa kawin. Biasanya burung puyuh petelur ini ditaruh di rak-rak kandang puyuh dan bertelur sebanyak 1 sampai 2 butir telur sehari berikut ini jenis burung puyuh petelur unggulan yang ada di Indonesia.

1. Puyuh lokal

Yang pertama adalah puyuh lokal atau cortunix japonica. Puyuh ini mempunyai ukuran tubuh yang kecil dan mempunyai corak warna coklat hitam. Biasanya puyuh ini disebut dengan puyuh lokal atau puyuh biasa.

2. Puyuh lokal jumbo

Jenis kedua atau puyuh tunik japonica jenis jumbo/super mempunyai corak yang sama dengan puyuh lokal tetapi ukuran badannya lebih besar. Warna burung puyuh ini sedikit lebih gelap untuk betinanya. Baca : membedakan puyuh jantan dan betina

3. Puyuh lokal jumbo

U0ang ketiga adalah burung puyuh cortunix japonica autumn. Burung puyuh ini mempunyai warna yang sedikit berbeda yaitu warna coklat emas sebagian orang juga mengatakan puyuh ini sebagai puyuh golden.

Advertisement

Secara ekonomis dan industri ketiga burung puyuh jenis cortunic japonica ini memang paling unggul dan produktif dibandingkan jenis puyuh lainnya. Satu ekor burung puyuh ini biasanya memproduksi 150-200 telur pertahun.

Harga burung puyuh petelur juga lebih murah dibandingkan burung puyuh hias karena memang burung puyuh petelur difungsikan sebagai burung puyuh komersil untuk budidaya dan dicari keuntungannya. Sudah banyak yang sukses dan banyak juga yang gagal dalam proses beternak burung puyuh, tergantung pintar-pintar kita dan rezeki dari Allah Yang Maha Kuasa.

Artikel lainnya : jenis jenis burung puyuh, Jenis puyuh, puyuh hias, jenis puyuh pet, peliharaan burung puyuh, https://www binatangpeliharaan org/puyuh/burung-puyuh/, jenis puyuh petelur unggul, jenis jenis puyuh, jenis burung puyuh, jenis puyuh petelur

Tags: #budidaya puyuh #burung puyuh hias #burung puyuh peliharaan #burung puyuh petelur #harga burung puyuh #puyuh

Download Suara Puyuh Biasa, Gonggong, Hutan Gacor MP3
Download Suara Puyuh Biasa, Gonggong, Hutan Gacor MP3
Download Suara Puyuh – Burung puyuh adalah salah
Cara Membedakan Puyuh Jantan dan Betina Anakan atau Dewasa
Cara Membedakan Puyuh Jantan dan Betina Anakan atau Dewasa
Membedakan Puyuh Jantan dan Betina – Anda

Leave a reply "Jenis Burung Puyuh Peliharaan dan Petelur Unggul"

Must read×

Top