Manfaat Buah Kantil (Cempaka) untuk Anis Merah Agar Cepat Ngeplong

0
17349
buah kantil untuk anis merah
Foto dari https://www.facebook.com/tony.ependi.1

Buah Kantil untuk Anis Merah – Ada banyak usaha yang dilakukan para kicau mania untuk membuat anis merah bakalannya agar bisa ngeplong. Salah satunya yaitu dengan menggunakan buah kantil atau cempaka putih. Buah ini memiliki berbagai nama lokal di beberapa daerah, seperti kantil, cempaka, cempaka putih, dll. Pohon kantil mempunyai tinggi sekitar 30 meter dan mempunyai batang yang berkayu. Terdapat bulu-bulu halus berwarna keabu-abuan pada ranting pohon cempaka putih ini, bunganya berwarna putih. Pohon ini biasanya ada si sekitar taman atau perkuburan.

Buah kantil atau cempaka yang diberikan pada anis merah dipercaya mampu mempercepat proses ngeplong pada anis merah, terutama yang masih bahan. Efeknya juga tidak langsung ngeplong yah, namanya juga treatment (terapi) jadi ya butuh proses agar AM nya cepat ngeplong. Buah kantil disini tujuannya hanya membantu mempercepat proses ngeplongnya, namanya juga usaha. Maka dari itu kita tetap harus menjaga perawatan harian anis merah secara baik dan disiplin.

Memang masih ada banyak perbedaan pendapat yang menimbulkan perdebatan di antara para kicau mania terkait buah kantil ini. Tetapi kalo saya sih selama cara yang dipakai itu tidak membahayakan anis merah kita dan sudah banyak juga yang membuktikannya dengan hasil yang bagus tidak ada salahnya untuk dicoba, itung-itung selingan buah saja. Toh buah ini juga di alam liar suka dimakanin burung-burung, dan juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh + metabolisme si burung, ya itung-itung camilan buat AM lah.

buah-cempaka-untuk-anis-merah
Foto dari noonathome.wordpress.com

Pemberian Buah Kantil / Cempaka pada Anis Merah

Berikut ini cara pemberian buah kantil untuk anis merah :

  • Buah yang diberikan kepada anis merah ini adalah buah kantil atau cempaka yang sudah matang. Biasanya buahnya berwarna merah dan buahnya terbuka sendiri.
  • Ambil buah cempaka/kantil lalu kupas kulitnya
  • Ambil bagian buah (yang ada bijinya) lalu berikan ke anis kembang
  • Berikan untuk selingan buah

Jika kesulitan menemukan buah ini di daerah anda kalo tidak salah sudah banyak teman-teman kicau mania khususnya pecinta anis merah yang menjual buah ini di grup-grup (saya ga jual ya hehehe). Karena memang buah cempaka putih ini mulai jarang ditemui sekarang. Oke selamat mencoba yah semoga pemberian buah kantil untuk anis merah bisa merangsang agar cepat ngeplong.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.