Mencegah dan Mengobati Burung Kicau Stres

0
27385
mencegah dan mengobati burung stres
Foto dari https://www.facebook.com/egi.diamabizz

Mencegah dan Mengobati Burung Kicau Stres – Burung kicau yang stres memang menjadi salah satu kendala kita dalam hobi kicau. Burung kicau yang stres ini membuat burung tidak bersemangat, murung, hanya diam saja di tangkringan dengan badan menggembung. Boro-boro mau berkicau gerak saja sudah enggan. Burung yang stres secara otomatis mengalami drop dan tidak mau berkicau.

Penyebab burung kicau stres bermacam-macam, ada yang karena jatuh sangkarnya, karena perjalanan jauh, salah pakan atau minum, kaget (oleh suara telolet mungkin :v), takut dengan hewan lain (sampai kelabakan), belum adaptasi dengan lingkungan baru, ditinggal mati pasangan, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri burung yang stres bermacam-macam prilakunya, ada yang biasanya jinak menjadi liar secara tiba-tiba, ada yang malam makan, ada yang berdiam diri (murung), yang gacor jadi pendiam, ada juga yang depresi menyakiti dirinya sendiri (seperti mencabuti bulunya). Nah apapun prilakunya burung kicau yang stres tentu membuat pemikiknya juga ikutan stres tidak bergairah hehehe.

Jika kondisi burung stres ini dibiarkan maka akan fatal akibatnya bagi burung. Karena dalam kondisi stres daya tahan tubuh burung melemah yang akibatnya penyakit dengan mudah masuk, ditambah burung tidak gairah makan maka akan memperparah sakit dan bisa mati secara tiba-tiba. Untuk mencegah burung kicau stres dan mengobatinya saya ada beberapa tips untuk menangani burung stres, silahkan disimak.

Mencegah dan Mengobati Burung Kicau Stres

Untuk mencegah dan mengobati tentu saja kita harus lakukan tindakan yang sesuai dengan kondisi yang dihadapi burung, apakah itu stres karena perjalanan, apakah karena makanan dan lain sebagainya. Oleh karena itu saya akan berikan beberapa tindakan yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengobati burung stres.

mencegah-burung-kicau-setres-diperjalanan
Foto dari https://www.facebook.com/ariel.ragsa1

Mencegah burung stres

Untuk melakukan pencegahan burung stres maka pastikan beberapa hal ini, dari pada stres nantinya :

  • Jaga kebersihan kandang dan bersihkan aksesoris kandang secara rutin
  • Jika akan mengganti sangkar hendaknya gunakan sangkat yang sudah “beres” tidak bau cat, plitur, minyak dan lainnya. Semprot kandang baru dengan air terlebih dahulu sebelum digunakan
  • Pastikan gantungan kandang kuat dan hati-hati ketika menggantung, terkadang kita buru-buru saat menggantung burung. Ini mencegah burung jatuh saat di gantung
  • Pastikan makanan dan minuman yang diberikan sudah bersih dan segar. Voer yang diberikan pastikan masih fresh, bersih, tidak lembab. Gunakan air matang untuk lebih amannya
  • Hindarkan burung dari jangkauan binatang seperti anjing atau kucing
  • Sebelum menempuh perjalanan berikan suplemen yang mengandung probiotik atau meningkatkan hemoglobin darah. Lalu kerodong burung dalam perjalanan, usahakan sedikit guncangan yang diterima burung. Istirahat sejenak diperjalanan.

Mengobati burung stres

Jika sudah terlanjur stres berikut ini beberapa perlakuan untuk mengatasinya

  • Burung jangan dulu dimandikan, rentan sakit. Jemur saja di matahari pagi (dibawah jam 9)
  • Full kerodong sangkar dan tempatkan di tempat yang tenang, burung butuh ketenangan dalam kondisi stres
  • Berikan EF (Extra Food) dan makanan yang disukainya lebih banyak, agar burung lebih nafsu makan (ada makanan yang masuk ke tubuhnya)
  • Jika termasuk burung koloni (misal pleci) maka kolonikan agar burung bertemu dengan teman-temannya (mungkin bisa ngobrol-ngobrol mereka :D)
  • Tambahkan vitamin dan mineral pada air minum burung
  • Jika stres karena ditinggal pasangannya coba di koloni atau di gabung dengan burung yang lain (mungkin bisa move on)
  • Berikan obat-obatan yang bisa meningkatkan hemoglobin dalam darah (jika perlu)
  • Berikan suplemen yang mengandung probiotik
  • Jika burung sudah terlihat aktif dan berkicau biasanya sudah membaik dan bisa diperlakukan seperti biasa.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.