Cara Memilih Trotolan Anis Kembang – Anis kembang adalah salah satu burung kicau yang sangat digemari para pengobi. Anis kembang super tentu didambakan oleh setiap kicau mania. Dalam memilih trotolan anis kembang memang tidak mudah, apalagi bagi para pemula yang belum berpengalaman dalam dunia kicau. Terlebih lagi harus membedakan jantan dan betina anis kembang. Karena rata-rata memang secara alami burung jantanlah yang berkicau lebih baik.

Memilih bakalan atau trotolan anis kembang tentu sangat penting, kita harus memilih burung yang mempunyai bakat kicau yang bagus, agar dalam melatihnya tidak sulit dan anis kembang cepat gacor. Tips memilih trotolan anis kembang jantan ini diambil dari arsip forum kicau mania. Berikut selengkapnya.

Cara Memilih Trotolan Anis Kembang

Untuk memilih trotolan anis kembang kita hanya bisa memperkirakannya melalui pengamatan bentuk tubuh atau biasa disebut katuragan (fisik). Nah berikut ciri-ciri trotolan anis kembang super.

memilih-burung-anis-kembang-bahan-trotolan-jantan

Paruh

Trotolan anis kebang yang bagus biasanya mempunyai paruh yang tebal dan panjang. Ujung paruh agak melengkung dan runcing. Anis kembang yang mempunyai bentuk seperti itu biasanya mempunyai suara yang nyaring dan keras. Pilih juga burung yang pangkal paruhnya mempunyai garis putih kekuningan yang panjang, lebih panjang sampai mendekati mata itu bagus dan menandakan burung bisa ngerol panjang saat berkicau. Selain itu perlu juga download suara anis kembang mp3 untuk masteran.

Kepala

Kepala anis kembang yang berbentuk aga kotak (pipih) pendek biasanya lebih bagus, bentuk kepala yang kotak menandakan bahan anis kembang yang cerdas dan mudah dilatih.

Mata

Bakalan anis kembang yang bagus memiliki mata yang besar, bersih, agak melotot, dan bersinar. Biasanya bentuk yang seperti ini mempunyai mental tarung yang tinggi dan kemampuan tempur yang berani.

Rahang

Untuk memilih anis kembang jantan yang baik perhatikan bentuk rahangnya. Anis kembang yang bagus biasanya memiliki rahang yang besar dan kokoh, bentuk yang besar harus diseimbangkan dengan bentuk paruh, pilih yang proporsional.

Leher

Daya tahan kicau ditentukan oleh power anis kembang. Power yang bisa bertahan lama biasanya mempunyai bentuk leher yang agak besar (seimbang dengan badannya).

Badan

Jangan pilih burung anis yang berbadan gemuk atau bulat, tapi pilihlah yang berbadan agak panjang dan ramping. Burung gemuk biasanya lebih banyak diam “ngabagong” daripada berkicau dibanding burung yang ramping dan aktif.

Kaki

Kaki yang panjang, kokoh, dan terlihat kering bersisik biasanya mempunyai birahi yang lebih bagus dan stabil rata-rata dikalangan burung kaki yang kering adalah yang lebih unggul.

Bulu

Dikalangan burung bulu yang rapi dan terlihat mngkilap adalah bulu dari burung yang unggul dan berkualitas, termasuk pada anis kembang.

Ekor

Pilih bentuk ekor yang rapih dan serasi dengan tubuhnya. Ekor harus proporsional dengan tubuhnya, tidak terlalu panjang atau pendek.

Sayap

Pilihlah bakalan anis kembang yang memiliki panjang sayap yang hampir sama dengan ekornya sehingga saat ngerol bisa memberikan gaya yang menarik.

Nah katuragan anis kembang diatas bisa digunakan saat memilih trotolan anis kembang jantan yang berkualitas, tetapi saya tekankan kriteria diatas bukanlah kriteria pasti melainkan hanya usaha kita untuk memperkirakan kualitas anis kembang saja. Saya sarankan untuk membeli dipeternak yang sudah kredibel dan bisa dengan meminta bantuan teman yang sudah paham.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.