Cara Membuat Pleci Buka Paruh dan Ngeroll – Pleci adalah burung kicau kecil yang mudah menirukan suara burung lain. Burung pleci yang bagus bisa bernyanyi dengan banyak variasi suara sambil ngeroll dan membuka paruhnya. Nah tentu jika mempunya pleci yang seperti itu sangat senang sekali yah. Untuk mendapatkan pleci yang membuka paruhnya dan ngeroll bisa didapatkan dengan cara membelinya secara langsung, atau istilahnya pleci yang sudah jadi, tetapi harganya lumayan mahal untuk pleci yang sudah jadi. Nah bagi yang ingin mempunyai pleci yang membuka paruhnya saat ngeroll bisa mencoba tips agar pleci membuka paruh dan ngerol dibawah ini.

cara-agar-pleci-buka-paruh-dan-ngeroll

Agar Pleci Membuka Paruh dan Ngeroll

Oke agar pleci membuka paruh dan ngeroll pertama tama kita harus memilih pleci jantan, karna pleci jantan yang bisa seperti ini, kita bisa memilihnya di pasar burung di ombyokan pleci juga bisa agar harga lebih murah, cara membedakan pleci jantan dan betina. Nah jika sudah mempunyai pleci jantan kita selanjutnya atur pola rawatan plecinya. Berikut rawatan untuk pleci agar bisa buka paruh dan ngeroll

1. Hentikan pemberian makanan voer dan buah. Baca juga : racikan pakan pleci terbaik, baca juga : setingan pleci tanpa voer

2. Ganti makanan pleci dengan pemberian ulat kandang, ulat ini bisa didapatkan di toko pakan burung. Bukan ulat hongkong yah. Berikan dengan takaran setengah wadah cepuk kecil.

3. Beri susu kental manis pada siang hari (tanpa dicampur air).

cara-agar-pleci-buka-paruh-dan-gacor

4. Jemur pleci dari jam 5 pagi sampai jam 1 siang. Pakan dicopot atau tidak? Saran saya di atur saja misal pagi cepuk air dibiarkan menjelang siang diambil. Kasian, bertahap saja. Jemur juga bertahap, awalnya sampai jam 10, lalu 11, sampai jam 1.

5. Setelah penjemuran angin-anginkan burung dan lakukanlah pemasteran untuk pleci. Kuncinya adalah dengan melakukan pemasteran dengan suara keras jangan dengan suara yang kecil, minimal pemasteran 1 jam. Kamu bisa Download suara masteran pleci jika belum mempunyainya.

6. Sejenak lupakan kerondong burung pleci, pada malam hari biarkan pleci tanpa dikerodong dan gantung ditempat yang tinggi.

7. Nah lakukan dengan rutin, jika pleci sudah mau buka paruh dan sudah ngeroll maka kita sudah bisa menghubah menu makanan pleci. Kita bisa ubah dengan memberikan buah pisang, susu disiang hari, madu dimalam hari, ulat tetap diberikan satu sendok teh.

Nah diatas itu adalah beberapa tips agar pleci mau membuka paruh dan gacor. Semoga tips diatas bisa membuat pleci anda membuka paruh dan ngeroll saat berkicau.

Join the Conversation

85 Comments

    1. dikasi obat aj om, misalkan “super kicau” untuk meransang suara,,
      pnya saya cuma ngeriwil aj, tpi pas beri tu obat,,, lumanyan buka paruh, smoga bermanfaat.

  1. bisaga,kalau di beri,ebod vit,ebod joss,dan madu kembang,metabolisme,dan larutan,di campur dan di aduk………..?????????

  2. ijin nyoba om…. pleci ane dh ngeriwik kasar rajin kdang2 buka paruh dikit….. nanti tak posting lge hasilna….

    1. jangan dulu om kasian. atau atur saja misal pagi cepuk dibiarkan menjelang siang diambil

    1. tergantung kebiasaan. Bisa di encerkan sedikit (jangan encer bgt), bisa juga langsung. Pleci suka ko yang kental-kental

  3. Om sya pengen coba…tapi ksih tau sya takarannya ksih ulet itu…misalkan pagi brapa..sore brp?…itu dlam jangka waktu lma apa cepet gan.?

    1. beda2 mas, tergantung karakter burungnya. di coba2 saja takaran kecil dulu. misal setengah sendok teh dulu

  4. Om, pleciku yg tadinya ngeriwik ko skrg cuma ngalas aja yh?? Sebelumnya saya pernah pindahin burungnya ke Kandang baru, tapi pas saya pindahin bulu ekor burung plecinya pada kecabut sebagian.. apa itu pengaruhnya? Terus Apa solusinya? Thank’s..

  5. Kan kalau di banyak brosingan dan kata tetanggaku katanya air minumnya itu di kasih madu di campur gula merah biar cepat ngalas sama buka paruh
    Apa benar itu om?
    Maaf pemula om baru beli pelci

  6. Maaf pemula…pemberian susu kental itu artinya minum diganti dng susu atau keduanya (susu dan minum) diberikan??

  7. Klo make madu rasa bisa ya om mau nanya nh ..
    Sama ulet hongkong tp di ambil dalemnya ajah itu katanya bagus..
    Kash saran dong

    1. Boleh om, tapi bagusnya madu asli hehehe

      Iya kalo rajin ngambilinnya emang lebih bagus, UH yang putih yang muda juga bagus

        1. jangan om, tapi jemurnya bertahap ya jangan langsung sampe siang. Awalnya sampe jam 10 dulu, 11 terus bertahap

  8. om mau nanya, pakan kita kasih pagi setengah cepuk ulat kandang, terus untuk sore di kasih pakan lagi atau ndak om?

    1. sebenernya bebas om mau di kasih mau engga, di coba cocoknya yang mana burung kadang beda2, tapi kalo saya sih kadang di kasi dikit bbrp ekor aja.

  9. Tanya om. Masalah pleci.
    1. Jadi di kasih susu + uler kandang + air putih
    Itu tiap hari?
    2. Waktu pemandian sampai dipanaskan air minum di copot secara berkala , di copt s/d 10 bsok s/d 11 dst s/d 1. Jadi cuma susu + ulat kandang . Gitu ya?

  10. Stiap pc karakter ny berbeda-beda da yg cpt bukpar, da jg yg lm. gmn prwtn kita ny jg / hri sprti apa. dan pmbrian pakan, ef, dan buah hrus d prhtikn jngn asal2an, Klo bs sh d jdwl utk buah ny. Dan ksh pkn Yg mengandung bnyak protein dan vitamin. Gk mudah prwtn pc tu hrs sabar dan tlaten.
    Salam NV 88 TANGERANG

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.