Jamu Tradisional Untuk Perawatan Cucak Ijo

0
226984

Jamu Perawatan Cucak Ijo – Dalam memelihara burung atau peliharaan lainnya pasti akan ada resiko dan masalah yang akan timbul. Nah kali ini kita akan mencoba untuk membahas tentang jamu tradisional untuk cucak ijo. Jamu tradisional tidak mempunyai efek samping jika dibandingkan dengan obat kimia, walaupun sudah banyak obat kimia yang diproduksi tetapi sebagian para penghobi cucak ijo masih setia menggunakan obat tradisional ini. Nah apasaja obat tradisional untuk masalah cucak ijo mari kita simak.

jamu-untuk-cucak-ijo

Jamu Tradisional Untuk Cucak Ijo

Bahan dan cara untuk membuat jamu tradisional cucak ijo tidaklah sulit didapatkan, melainkan bisa didapatkan dengan bahan-bahan dari dapur sehari-hari. Berikut beberapa masalah yang sering ada pada cucak ijo dan juga jamunya.

1. Jamu Cucak ijo kurang gacor

Ramuan tradisional ini dikhususkan untuk cucak ijo yang sudah berumur 1 tahun tetapi belum juga menandakan burung sudah gacor. Solusinya yaitu dengan memberikan madu, madu sudah dikenal dari dulu kala sebagai obat yang sangat ampuh, madu juga bisa membuat suara menjadi halus dan merdu.

Cara memberikan madu pada cucak ijo (CI) cukup masukan kedalam tempat minuman didalam sangkar dan oleskan madu pada buah cucak ijo, seperti pisang atau pepaya yang akan diberikan pada CI. Beri juga extra food (EF) 1 ekor jangkrik pagi dan sore hari. Trik memberikan jangkriknya yaitu dengan membuang kepalanya dan memasukkan jahe kedalam tubuh jangkrik, jahe yang dimasukkan cukup seukuran voer.

2. Jamu Menjernihkan suara cucak ijo

Nah bagi CI yang sudah gacor tetapi suara kicaunya tidak bersih atau suara cucak ijo serak bisa mencoba jamu berikut. Ganti air minum cucak ijo dengan air teh manis yang tidak terlalu manis cukup nar nar terasa manis dan campurkan sedikit air perasan jeruk nipis (cukup setengah potong jeruk nipis jangan terlalu banyak). Penggantian air minum ini cukup 2 minggu sekali. Lebih bagus jika dicampur dengan madu.

3. Jamu untuk menjaga kesehatan cucak ijo

Menjaga kesehatan dan kelincahan cucak ijo dan burung kicau lainnya tentu sangat penting, karena jika keesehatan dan kelincahannya terjaga burung akan selalu berkicau dengan merdu. Nah untuk menjaga kesehatan cucak ijo bisa dengan mencoba jamu berikut ini.

Sediakan kunyit, jahe, dan kencur cukup sebesar ibu jari (satu ruas). Kemudian semua bahan yang sudah disiapkan tadi diparut dan diperas untuk diambil airnya. Air hasil perasan tersebut lalu campurkan kedalam tempat minum burung. Jika burung mau meminumnya itu bagus tetapi jika tidak mau kita bisa jemur burung terlebih dahulu lalu masukkan air minumnya biasanya burung kehausan dan langsung minum. Jamu juga bisa diberikan dengan melakukan spet kepada burung, berikan dosis kecil saja yah dan sepet dengan benar.

Nah diatas tadi adalah jamu untuk cucak ijo agar bisa sehat dan bugar.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.