Cas Anis Kembang – Siapa yang tak ingin anis kembangnya tampil gacor saat lomba? Pasti semuanya ingin anis kembangnya mengeluarkan kemampuan terbaiknya, apalagi jika di rumah sudah terpantau jos tentu akan pede saat akan dibawa lomba. Tapi pada kenyataannya banyak para kicau mania yang mengeluhkan anis kembangnya drop bahkan tidak tampil maksimal ketika lomba. Ada beberapa penyebabnya salah satunya yaitu ada masalah dengan cara pengecasan anis kembangnya.

Cas anis kembang memang sudah tidak asing lagi ditelinga kicau mania semua apalagi dengan teman-teman yang memang hobi dengan anis kembang. Tetapi mungkin tidak semua kicau mania yang mengetahui cara cas anis kembang yang baik dan benar sesuai dengan burungnya. Ada juga beberapa cara cas anis kembang yang mungkin bisa dicoba untuk anis kembangnya masing-masing, barang kali cara lama tidak begitu efektif.

Cara cas anis kembang setiap kicau mania mungkin bisa berbeda-beda sesuai dengan karakter burungnya. Cara cas yang baik bagi anis kembang memang harus sesuai dengan karakter anis kembang yang kita miliki. Oleh karena itu kita memerlukan beberapa alternatif cara mengecas anis kembang untuk cadangan jika satu cara sudah tidak efektif lagi.

cas-anis-kembang
Foto dari https://www.facebook.com/ione.pesawaran

Ada juga beberapa permasalahan klasik yang biasa terjadi pada anis kembang saat akan tampil lomba dan masalah tersebut ada kaitannya dengan pengecasan anis kembang. Beberapa permasalahan yang sering dijumpai pada anis kembang saat lomba dan ada kaitannya dengan cara pengecasan diantaranya : AK terlambat bunyi ngerol, awalnya hanya loncat-loncat, di rumah sudah mau ngerol saat bertemu AK lain, tapi saat dilombakan hanya loncat dan kebanyakan diam, atau berdiri tegap / ngidang / ngobra tanpa mau bunyi ngerol.

Cara Cas Anis Kembang

Berikut ini beberapa cara cas anis kembang yang perlu diperhatikan agar proses pengecasan anis kembang optimal dan pada saat lomba bisa mengeluarkan performa terbaiknya.

  1. Pilih betina untuk pengecasan yang tepat dan pas, cari betina yang genit dan suka menggoda agar AK cepat terpancing, perhatikan gerakan betina ketika didekatkan. AK juga bisa di cas dengan betina anis merah, jika memang si AK suka pada anis merah betina maka patut dicoba. Hindari pemilihan betina yang nungging, bisa bikin anis kembang over birahi nanti, cari yang suka mengeluarkan bunyi panggilan (download suara anis kembang betina) sehingga jantan akan terus berkicau untuk saling membalas. Pemilihan betina yang tepat biasanya dilakukan beberapa kali, kalo saya sendiri beli, ga cocok jual atau tuker untuk cari yang cocok 😀
  2. Atur waktu cas anis kembang, jangan terlalu lama jangan terlalu sebentar, yang pas gitu. Biasanya jika birahi Ak sudah dipuncak akan ditandai dengan mengeluarkan suara mendesis saat dipertemukan dengan betina, lalu saat dipisahkan AK akan ngeplong terus, kondisi ini cocok buat lomba.
  3. Cas bisa ramean (dengan jantan lain) bisa juga berdua saja dengan betina (tergantung burungnya anda yang lebih tahu).
  4. Cas juga bisa dengan AK jantan saja (tanpa betina), secara alamiah akan saling mendominasi dengan mengeluarkan suara kicaunya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.