Jenis Tanaman Air Penghias Aquascape dan Aquarium

0
26029
Foto dari https://www.facebook.com/randyy.puetra

Tanaman Air Penghias Aquarium – Seperti yang kita tahu, tanaman hias air dapat Anda gunakan untuk mempercantik nuansa aquarium. Tetapi tanaman hias yang dimaksud disini, bukanlah tanaman buatan, tetapi jenis tanaman alami yang cocok dengan habitat di dalam air.

Selain sebagai penghias tanaman air dalam kolam atau akuarium juga bisa membentuk siklus nitrogen yang dapat membentuk keseimbangan ekosistem dalam air. Sehingga kehidupan ikan dalam air akan lebih sehat. Oleh karenanya kami sarankan untuk menggunakan tanaman air dalam aquarium anda. Terlebih jika anda adalah penikmat keindahan aquascape, tentu penggunaan tanaman air sebagai penghias sangat diperlukan.

Kami menyarankan Anda untuk menggunakan tanaman hias air dengan warna yang hijau karena perawatannya yang mudah. Tanaman hias berwarna hijau cenderung tidak membutuhkan banyak cahaya matahari sehingga aquarium Anda bisa lebih lama terbebas dari kotoran yang disebabkan oleh pertumbuhan alga, alga atau lumut akan cepat tumbuh jika akuarium banyak terkena sinar matahari. Lalu, apa saja jenis tanaman hias air yang dapat kita gunakan untuk menghias akuarium? Silahkan Anda simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Jenis Tanaman Air Penghias Aquarium

1. Bolbitis (African Water Fern)

Jenis tanaman hias aquarium ini memiliki tampilan warna hijau tua dan menempel pada batu. Bolbitis cocok dijadikan sebagai backgorund dan tempat persembunyian ikan-ikan. Tanaman ini dapat beradaptasi di pencahayaan yang teduh serta suhu air antara 20-27°C.

jenis-tanaman-air-akuarium-aquascape-bolbitis
Foto dari https://www.bukalapak.com/gentan_aquascape

2. Lilaeopsis

Tanaman yang memiliki bentuk seperti rumput ini berguna untuk tempat persembunyian anak ikan serta menutupi area lantai aquarium. Tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat dengan tinggi maksimal 5 cm. Suu yang cocok untuk memelihara tanaman hias ini adalah antara 23-29°C dengan cahaya sedang.

jenis-tanaman-air-akuarium-aquascape-Lilaeopsis
Foto dari wikipedia.org

3. Varen

Penyebaran dar tanaman Varen adalah di wilayah Asia Tenggara. Bentuk daun tumbuhan ini mirip seperti daun pepaya dengan tinggi maksimal 50 cm. Warna hijau mudanya yang cantik, membuat Varen banyak diminati sebagai tanaman hias di dalam aquarium.

jenis-tanaman-air-akuarium-aquascape-Varen
Foto dari wikipedia.org

4. Amazon Sword Plant

Tinggi tanaman jenis ini bisa mencapai 30 hingga 50 cm. Bentuk daunnya yang lancip, lanset serta berbentuk seperti rumput ini cocok dijadikan sebagai hiasan pada bagian belakang aquarium atau sebagai background.

jenis-tanaman-air-akuarium-aquascape-amazon-sword-plant
Foto dari bibitbunga.com

Tanaman ini memiliki warna hijau segar dan warna tersebut dapat berubah jika pencahayaannya kurang. Sebaiknya Anda mengrahkan cahaya selama 8-10 jam per hari agar warna dari Amzaon Sword Plant tetap segar. Suhu yang tepat untuk habitat tanaman in adalah antara 22-28°C.

5. Red Telanthera

Sesuai dengan namanaya, tanaman hias ini memiliki warna merah keunguan dengan bentuk daun lonjong dan bagian ujungnya lancip. Selain memiih tanaman berwarna hijau, pemilihan Red telanthera dapat menjadi pilihan untuk variasi aquarium Anda.

jenis-tanaman-air-akuarium-aquascape-red-telanthera-lilacina
Foto dari bibitbunga.com

6. Spatterdock

Habitat asli tanaman ini adalah di Jepang. Namun, seiring berjalannya waktu, Spatterdock dapat berkembang pesat di Pulau Jawa. Tinggi tumbuhan ini sekitar 20 cm dengan bentuk daun menyerupai hati yang memanjang dengan tektur lebut dan warna hijau.

jenis-tanaman-air-akuarium-aquascape-Spatterdock
Foto dari https://www.bukalapak.com/gentan_aquascape

7. Java Moss

Merupakan jennis lumur yang sering tumbuh di batu, kayu apung, dan akar. Suhu yang tepat untuk memilih tanaman ini adalah anatar 21-24°C.

jenis-tanaman-air-akuarium-aquascape-Java-Moss
Foto dari jualtanamanaquascape.blogspot.co.id

8. Anubia Nana

Memiliki bentuk daun kecil dengan warna hijau gelap. Sangat cantik jika seluruh aquarium dipenuhi dengan tanaman hias ini. Perawatannya cukup mudah, yaitu diletakkan pada suhu air 22-28°C. Tanaman ini banyak variannya Anubias gigantea, Anubias grasili, Anubias barteroi, Anubias agustifolia, Anubias nana, Anubias Minima, dll

jenis-tanaman-air-akuarium-aquascape-Anubias
Foto dari jualtanamanaquascape.blogspot.co.id

Demikian beberapa jenis tanaman hias aquascape yang dapat kami sajikan. Menambahkan tanaman hias dalam aquarium akan membuat suasana aquarium lebih hidup serta disukai oleh ikan-ikan Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.