Sistem Pencahayaan Akuarium Air Laut

0
23533
Foto dari https://www.facebook.com/bayii.abadi

Pencahayaan Akuarium Air Laut – Setelah sebelumnya kita membuat aquarium air laut saatnya kita mengenal bagaimana sistem pencahayaan yang baik untuk aquarium air laut karena di artikel sebelumnya sudah tersinggung betapa pentingnya pencahayaan pada akuarium air laut. Ibarat kata lampu atau cahaya pada akuarium air laut merupakan “mataharinya” biota laut yang hidup di akuarium tersebut.

Batu karang atau Koral juga anemon sangat membutuhkan cahaya ini. Cahaya dari Lampu ini bisa digunakan untuk mereka sebagai bahan fotosintesis dan pertumbuhan batu karang atau koral beberapa biota laut juga memerlukan cahaya ini, jadi keberadaannya penting atau mutlak bagi beberapa biota tersebut.

sistem-pencahayaan-akuarium-laut
Foto dari https://www.facebook.com/bennyzsoulz

Pencahayaan yang baik pada akuarium, akan membuat siklus kehidupan akuarium laut khususnya pada koral. Jika intensitas cahaya yang terlalu tinggi maka akan mempengaruhi pertumbuhan alga yang berlebihan. Jika intensitas cahaya kurang, maka akan menghambat proses fotosintesis dan pertumbuhan biota laut, ini bisa mengakibatkan kurangnya suplai oksigen dalam akuarium laut.

Pencahayaan Akuarium Laut

Hal yang perlu diperhatikan dalam pencahayaan aquarium air laut adalah tipe lampu, kekuatan lampu, dan intensitas cahaya. Oleh karena itu kita perlu memperhatikan spesifikasi akuarium masing-masing, seperti kedalaman akuarium, luas akuarium, dan penghuni aquarium. Kita sesuaikan pencahayaan dengan ikan air laut dan biota laut yang hidup di dalam akuarium tersebut. Selain itu kita juga menyesuaikan kedalaman laut kedalaman aquarium air laut agar bisa memilih tipe lampu yang sesuai.

Lampu-akuarium-air-laut
Foto dari https://www.facebook.com/yanto.sevenfoldism

1. Banyaknya lampu disesuai dengan luas dan kedalaman akuarium, gunakan beberapa lampu jika permukaan akuarium cukup luas

2. Untuk kedalaman akuarium kurang dari 70 cm gunakan tipe lampu Fluorescent VHO. Sedangkan jika lebih dari 70 cm maka gunakan tipe lampu metal halide.

3. Ganti lampu secara berkala tipe fluorescent ganti dalam jangka waktu 6 bulan sekali, sedangkan metal halide ganti dalam jangka 8 bulan sekali. Walaupun lampu masih bisa menyala tetapi kandungan phosphore nya sudah berkurang.

4. Setel jenis pencahayaan seperti terang, redup (berawan), moon (malam), dan lainnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.