Cara Menanam Anubias Anti Gagal Untuk Pemula

0
444
Gambar tanaman aquascape anubias nana
Gambar tanaman aquascape anubias nana

Cara Menanam Anubias – Anubias merupakan tanaman yang berasal dari Afrika. Tanaman ini biasanya digunakan oleh para penghobi Aquascape untuk menghias Aquascapenya.

Tanaman ini mempunyai daun bulat yang lonjong bahkan memanjang tergantung varietasnya dan mempunyai batang berbentuk rizom. Ukuran tanaman anubias pun bermacam-macam, dari yang berukuran sangat kecil sampai yang ukuran jumbo.

Di samping karena keindahannya tanaman ini tergolong tanaman yang mudah untuk ditanam dalam aquascape. Sehingga banyak para penghobi Aquascape menggunakan tanaman ini.

Terlebih lagi anubias mempunyai banyak sekali jenis dan rupanya. Sehingga banyak pilihan untuk berbagai tema dalam pembuatan aquascape. Baca : jenis anubias.

Pada dasarnya tanaman anubias merupakan salah satu tanaman aquascape yang mudah ditanam. Tetapi terkadang kita gagal untuk menanamnya, terutama pemula. Gagalnya menanam tanaman ini biasanya dikarenakan kesalahan pada tahap adaptasi.

Di penjual mungkin tanaman ini terlihat baik-baik saja. Tetapi saat ditanam di aquascape milik sendiri taman ini layu bahkan batangnya membusuk.

Penyebabnya yaitu karena proses adaptasi anubias yang salah. Anubias mempunyai karakteristik daun darat dan daun air. Di penjual atau bahkan di petani biasanya anubias ditanam secara semi darat sehingga daun akan berada di permukaan atau di darat, ini disebut daun darat.

Sedangkan saat menanam kesalahan para pemula biasanya langsung mencelupkan anubias yang belum siap tanam dalam air full. Sehingga bagian batang dan daun akan membusuk karena belum beradaptasi sepenuhnya didalam air.

cara-menanam-anubias-untuk-pemula
cara-menanam-anubias-untuk-pemula Gambar tanaman aquascape anubias nana

Oleh karena itu perlu dilakukannya penanaman anubias yang tepat. Berikut ini cara menanam anubias untuk pemula.

Cara Menanam Anubias Untuk Pemula

  1. Pertama siapkan dulu air yang bersih untuk media tanamnya. Usahakan suhu air berkisar antara 25 sampai 29 derajat Celcius. Jika air terlalu panas biasanya akan mudah layu untuk proses adaptasinya.
  2. Siapkan pencahayaan atau lampu sesuai dengan ukuran akuarium atau aquascape.
  3. Taruh anubias dalam akuarium atau aquascape biarkan mengambang di atas. Ini adalah tahapan terpenting proses adaptasi anubias.
  4. Tunggu sekitar 1 minggu sampai terlihat ada akar atau daun yang tumbuh.
  5. Jika sudah terlihat akar atau daun yang tumbuh berarti anubias kita sudah bisa ditanam full air dan sudah berhasil beradaptasi dengan lingkungannya.
  6. Setelah terlihat akar atau daun yang tumbuh anubias bisa tanam di tempat yang kita inginkan. Bisa diikat di batu atau pada hardscape kayu aquascape.
  7. Pada proses penanaman ini pastika rhizome anubias tidak berada di bawah substrat. Biarkan akar saja yang berada di bawah substrat sedangkan batang atau rhizoma berada di atas substrat.
  8. Jika terdapat batang yang busuk atau layu saat proses adaptasi segera dipotong dan dipisahkan dari batang yang segar agar tidak menular.

Nah seperti itu saja cara menanam anubias untuk pemula selamat mencoba dan semoga berhasil.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.