Makanan Burung Anis (punglor) Terbaik Agar Cepat Gacor

0
529
makanan burung anis merah
Gabmar burung anis merah Foto : https://web.facebook.com/rully.varadita

Makanan Burung Anis – Salah satu burung kicau peliharaan yang sangat digemari oleh para kicau mania dan termasuk ke dalam burung kicau populer adalah burung anis. Burung anis disebut juga dengan burung punglor.

Burung ini cukup populer di nusantara, baik sebagai burung kicau baik untuk kelas rumahan maupun untuk kelas lomba. Ada beberapa jenis burung anis yang bisa ditemui mulai dari anis merah, anis macan (anis kembang), anis siberia, dan burung anis lainnya baca jenis burung anis.

Agar bisa membuat burung anis gacor dalam berkicau tentu saja para kicau mania harus memperhatikan perawatan sehari-hari. Salah satu perawatan burung anis yang sangat penting yaitu makanan burung anis.

Makanan burung anis menjadi salah satu faktor yang menjadi kunci utama dalam perawatan burung anis sehari-hari. Karena apapun yang dimakan oleh burung anis akan mempengaruhi kinerja atau mempengaruhi kegacoran kicau burung anis tersebut.

makanan-burung-anis-kembang
Gambar burung anis kembang Foto : https://web.facebook.com/catur.huda

Makanan burung anis di alam berupa serangga, cacing, bahkan buah-buahan. Oleh karena itu burung anis peliharaan pun harus diberikan makanan yang menyerupai makanan di alamnya + beberapa makanan tambahan untuk Anis peliharaan.

Berikut ini makanan burung anis yang dapat diberikan.

Makanan Burung Anis (Punglor)

Cacing

Cacing merupakan salah satu makanan favorit burung anis. Terutama anis merah, bahkan anis merah pun disebut juga Anis cacing karena jenis Anis ini menyukai cacing sebagai makanannya.

Cacing yang diberikan biasanya berupa cacing tanah atau cacing kalung yang ukurannya sedang tidak begitu besar sehingga mudah untuk ditelan. Cacing merupakan pakan ekstra burung anis yang sangat bagus.

Cacing-tanah-pakan-burung
Cacing tanah pakan burung Foto : pixabay.com

Cacing memiliki kandungan protein yang sangat tinggi oleh karena itu pemberiannya tidak banyak-banyak melainkan hanya sekali saja. misalnya dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Kroto

Kroto merupakan telur dari semut rangrang. Kroto banyak sekali manfaatnya bagi burung kicau. Salah satunya untuk pakan extra burung anis. Kroto banyak mengandung protein dan juga bisa meningkatkan stamina burung. Selain banyak manfaatnya kroto juga disukai oleh burung anis dan kebanyakan burung kicau.

kroto-untuk-murai-batu
Gambar kroto pakan burung

Jangkrik

Jangkrik juga bisa diberikan sebagai pakan ekstra untuk burung anis. Selain kandungan protein yang tinggi jangkrik juga bisa menghangatkan tubuh burung anis sehingga cocok jika digunakan untuk mendongkrak birahi dan penghangat jika musim hujan.

jangkrik-pakan-alami-murai-batu
jangkrik pakan alami burung kicau

Selain itu jangkrik juga merupakan makanan alami burung anis. Sehingga burung ini pastinya sangat menyukainya. Jangan lupa juga untuk memotong kaki jangkrik agar tidak tersedak saat ditelan.

Voer

Voer merupakan makanan pokok yang bisa diberikan pada burung anis. Voer bisa disediakan setiap saat di dalam kandang. Banyak jenis voer yang dijual di toko pakan burung. Selain praktis dan mudah didapat voer juga mengandung nutrisi yang lengkap.

voer-pakan-burung-anis
Gambar voer pakan burung anis

Buah-buahan

Selain makanan diatas burung Anis juga membutuhkan makanan tambahan yang berupa buah-buahan. Buah-buahan berfungsi sebagai sumber vitamin dan serat yang menyehatkan burung anis terutama untuk menjaga sistem pencernaan.

buah-cempaka-untuk-anis-merah
Foto dari noonathome.wordpress.com

Beberapa buah-buahan yang sering diberikan pada burung anis yaitu buah salak buah sawo dan buah kantil buah Kantil selengkapnya bisa dibaca di manfaat buah kantil untuk burung anis.

Diatas adalah makanan burung anis yang bisa diberikan. Pola pemberian makanan burung anis berbeda-beda setiap orang, disesuaikan dengan karakter burung anis itu sendiri dan kebiasaan masing-masing.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.