29 Jenis Burung Kicau Populer Lengkap Gambar dan Namanya

0
1048
murai batu medan asli
Foto dari https://web.facebook.com/zickri.fadhilah

Jenis Burung Kicau – Hobi memelihara burung kicau merupakan salah satu hobi yang masih populer di Indonesia. Lihat saja di sekitar rumah kita banyak orang yang memelihara burung kicau di rumahnya. Ini membuktikan bahwa Animo masyarakat cukup tinggi dalam memelihara burung kicau.

Burung kicau yang dipelihara pun banyak sekali jenisnya, mulai dari burung kicau yang biasa dilombakan atau burung kicau yang hanya digunakan sebagai suara burung master.

Bahkan mungkin jenisnya bisa mencapai ratusan jenis burung kicau. Tetapi di sini akan menyampaikan beberapa jenis burung kicau yang populer yang sering dipelihara di Indonesia.

Berikut ini jenis burung kicau berikut keterangan dan gambarnya

Jenis Burung Kicau Lengkap dan Namanya

1. Burung Anis

Burung anis atau burung punglor merupakan salah satu burung kicau yang populer di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya kompetisi di beberapa daerah yang memasukkan burung anis sebagai salah satu nomor lomba.

mengatasi-anis-merah-macet-bunyi
Gambar Anis merah Foto dari https://www.facebook.com/profile.php?id=100012755328652

Burung anis ini merupakan burung omnivora yang memakan serangga maupun buah-buahan. Di Indonesia sendiri burung anis yang biasa dijadikan burung kicau ada banyak jenisnya.

Mulai dari anis merah, anis kembang, anis Siberia dan lainnya. Tetapi yang populer dipelihara yaitu Anis Kembang dan anis merah.

anis-kembang-over-birahi
Gambar Anis Kembang Foto dari https://web.facebook.com/profile.php?id=100010300095775

Burung anis ini dikenal dengan gaya berkicaunya yang unik. Burung ini bisa berkicau sambil teler layaknya seperti orang yang mabuk, khususnya pada anis merah. baca cara merawat anis merah.

2. Beo

Burung beo merupakan salah satu guru yang cerdas yang banyak dipelihara di Indonesia. burung ini dikenal dengan kecerdasan dan kepandaian meniru suara burung atau suara di sekitarnya.

burung-beo-bicara
Gambar Burung Beo Foto dari https://www.facebook.com/ale.edisunardi

Bayangkan saja burung ini bisa menirukan beberapa suara manusia misalnya suara beo Assalamualaikum kabar dan lain sebagainya.

3. Blackthroat

Blackthroat memang bukan merupakan burung asli dari Indonesia melainkan dari Afrika. dinamakan dengan blackthroat karena pada bagian tenggorokan burung ini berwarna hitam.

burung-Blackthroat

Blackthroat masih satu keluarga dengan kenari, gelatik, dan gereja yaitu masih jenis burung finch. Tidak heran karakter suara burung ini sangat mirip dengan burung tersebut.

4. Branjangan

Jika kebanyakan burung berada di pepohonan dan terbang di ketinggian maka berbeda dengan burung yang satu ini. Burung branjangan menyukai berada di tanah sekitar bebatuan atau padang rumput.

suara-branjangan-jawa-gacor
Foto https://www.facebook.com/ryan.haryanto.587

Tidak heran jika sangkar burung blackthroat para penghobi biasanya meletakkan batu untuk tempatnya bertengger. Bahkan sarang burung ini pun terdapat di bawah tanah. Tetapi bukan berarti burung ini tidak bisa terbang yah.

Burung ini mempunyai suara kicau tembakan tembakan yang sangat tajam Ditambah lagi dengan jambul pada kepalanya yang menambah kesan gagah.

5. Cendet

Burung cendet mempunyai banyak nama lokal mulai dari burung pentet atau burung toet. Burung cendet ini dikenal sebagai burung peniru yang baik karena dia pandai menirukan suara burung kicau di sekitarnya.

Cara-Merawat-Burung-Cendet

Di alam liar burung ini termasuk burung yang agresif, karena aktif dalam menjaga wilayahnya. Tidak segan-segan dia akan menyerang burung lainnya yang memasuki wilayahnya, bahkan alap-alap sekalipun akan diserangnya.

6. Ciblek

Walaupun burung ini mempunyai ukuran tubuh yang sangat kecil. Burung ciblek merupakan salah satu burung kicau yang handal. Bahkan termasuk burung fighter yang digemari para kicau mania.

suara-ciblek-ngebren
Foto dari https://www.facebook.com/dhimaz.zakisaputra

Selain itu burung ciblek mempunyai gaya berkicau yang sangat menawan. yaitu pergerakan tubuh yang agresif sambil menyerang lawannya.

7. Cililin

Cililin lebih dikenal sebagai burung masteran yang handal. Burung ini biasa digunakan untuk memaster burung murai batu.

Tidak heran karena kehandalannya sebagai burung master, burung cililin mempunyai harga yang cukup tinggi. Suara burung cililin yang memiliki karakter panjang kasar tembakan yang cepat menjadikan burung ini masteran yang bagus untuk hampir semua jenis burung kicau.

suara-cililin-jernih
Foto dari https://www.facebook.com/profile.php?id=100004415508019

Burung cililin ada yang berwarna coklat dan ada yang berwarna hitam, biar hanya burung yang berwarna coklat yang lebih gacor

8. Cucak ijo

Burung cucak hijau termasuk dalam list populer di Indonesia. Kemampuan berkicau dan variasi suaranya sangat banyak, sehingga burung ini biasa dijadikan sebagai burung kicau untuk lomba.

Walaupun mudah menghafal suara burung lain tetapi burung cucak hijau mudah juga untuk melupakannya, sehingga harus sering-sering di Master.

Cucak-Ijo-Over-Birahi
Foto dari https://www.facebook.com/makelar.mayat.9

Sekarang ini burung cucak hijau termasuk ke dalam salah satu burung yang dilindungi. Jadi bagi teman-teman yang mau melihat burung cucak hijau tentu saja harus mengurus perizinannya

9. Cucak jenggot

Cucak jenggot dikenal dengan suara tembakannya yang keras dan kasar mirip mirip dengan burung cililin tetapi karakter suaranya berbeda.

Burung cucak jenggot memiliki jambul di kepalanya yang membuat burung ini lebih gagah ketika berkicau.

cucak-jenggot-betina
Foto dari https://www.facebook.com/bagusdwi.prasetiyo.1

Digunakan sebagai burung masteran burung cucak jenggot juga biasa digunakan sebagai burung kicau lomba

10. Cucak rowo

Cucak rowo pun sekarang termasuk dalam burung yang dilindungi. burung ini dikenal dengan suara kicau yang disebut suara ropel.

mengatasi-cucak-rowo-mabung
Foto dari https://www.facebook.com/jhonstouth

Burung cucak rowo merupakan burung legendaris yang populer dulu kala. Suara burung cucak rowo ini sangat keras menggelegar apalagi saat pagi hari.

11. Decu

Decu atau kacer mini, dinamakan kacer mini karena Burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil tetapi mirip sekali dengan burung kacer.

suara-decu-kembang-asli
Foto : https://www.facebook.com/ferdi.persibslalu

Karakter suaranya pun mungkin 11 12 tetapi menurut saya masih gacor dan bervariasi burung kacer, dengarkan suara burung decu.

12. Hwa mei

Burung hwamei atau wambi merupakan burung kicau legendaris juga. Burung ini tidak berasal dari Indonesia melainkan dari Cina.

suara-masteran-hwamei
Foto dari https://www.facebook.com/joko.prayitno.3956

Sekarang ini memang sudah tidak populer tetapi suara burung hwamei memang sangat baik memiliki suara dan variasi yang banyak.

13. Jalak kebo

Jabo atau jalak kebo merupakan salah satu jenis burung jalak yang populer dipelihara di Indonesia. Burung ini memiliki kemampuan berkicau bervariasi yang sangat banyak bahkan bisa menirukan suara di sekitarnya.

download-suara-jalak-kebo
Gambar burung jalak Kebo

Karakter suara burung ini unik tidak dimiliki oleh burung kicau jenis lainnya. Jika sudah gacor suara jalak kebo biasanya sangat berisik, sampai-sampai dijuluki sebagai satpam rumah

14. Jalak suren

Masih satu kerabat dengan burung jalak kebo burung jalak suren merupakan salah satu jenis burung jalak yang mungkin dinilai paling bagus.

Karakter suara jalak suren yang unik dan mampu menirukan berbagai variasi suara burung kicau menjadikan burung jalak suren menjadi burung kicau yang populer.

agar-jalak-suren-mompa-dan-ngegaruda
Foto : https://web.facebook.com/ack.motor

Burung ini sebenarnya sudah masuk ke dalam burung yang dilindungi tetapi dengan berbagai keputusan akhirnya dihapuskan dari list burung yang dilindungi jadi teman-teman bisa memelihara burung ini lagi ya.

15. Kacer

Burung yang memiliki warna hitam putih ini termasuk dalam burung primadona kicau di Indonesia setelan burung murai batu tentunya.

Burung kacer menyukai lingkungan yang lembab atau basah sehingga seringkali terlihat mandi suasana sedang panas.

kacer-ngobra-dan-buka-ekor

Suara kacer mempunyai banyak sekali variasi dan tentunya sudah menjadi ciri khas burung kicau di Indonesia

16. Kenari

Burung kenari merupakan burung dari Inggris yang sekarang ini pelihara di Indonesia sebagai burung kicau.

Selain itu suara burung kenari juga dikenal sebagai burung masteran yang lengkap karena memiliki suara tembakan dan suara ngerol yang baik.

kumpulan-suara-kenari
Foto : https://www.facebook.com/naga.lyia.94

Ada banyak sekali jenis burung kenari yang dipelihara di Indonesia lain dari kenari yorkshire, kenari american singer, kenari AF F1 F2, kenari lokal, kenari loper dan lainnya.

17. Kolibri

Semua jenis burung kolibri merupakan salah satu burung yang dilindungi di Indonesia. Bukan karena jumlahnya sedikit tetapi karena tugasnya di alam liar yang sangat penting.

makanan-burung-kolibri

Jika keberadaan burung ini berkurang keseimbangan ekosistem di alam bisa terganggu. Oleh karena itu saya sarankan Pilihlah burung kicau yang lainnya yang sudah banyak dibudidayakan

18. Kutilang

Mungkin burung ini terkadang dinilai sebelah mata oleh beberapa kicau mania, karena suara kutilang dinilai kurang baik untuk burung kicau lainnya. Tetapi tidak tidak bukan lagi burung ini merupakan salah satu burung populer di Indonesia.

makanan-burung-kutilang-gacor
Foto : www.flickr.com

Burung ini merupakan burung omnivora yang memakan serangga maupun buah-buahan. Burung kutilang seringkali terlihat di sekitar rumah, perkebunan, bahkan di kota pun masih sering terlihat.

Ada beberapa jenis burung kutilang yang biasa dipelihara mulai dari kutilang biasa, kutilang emas, kutilang jambul dan lainnya

19. Lovebird

Burung lovebird merupakan burung Afrika yang sangat populer di Indonesia sekarang ini. Di setiap sudut tempat gantangan biasanya dikuasai oleh burung lovebird.

Walaupun suara kicaunya yang monoton tetapi burung ini sangat populer sebagai burung kicau. Selain itu burung lovebird juga populer sebagai burung warna yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

lovebird-biola-euwing-parblue
Foto : https://web.facebook.com/ferry.reinhad.5

Suara lovebird ngekek panjang merupakan suara yang paling khas pada burung lovebird. Selain itu ada beberapa gaya berkicau burung lovebird. mulai dari gaya konslet sampai Fighter

20. Murai batu

Tidak diragukan lagi burung murai batu merupakan burung Primadona kicau di Indonesia. Suara murai batu memiliki variasi suara dan kemampuan berkicau yang sebenarnya.

suara-terapi-murai-batu
Foto dari https://web.facebook.com/master.blog

Burung murai batu sebenarnya sempat masuk ke dalam burung yang dilindungi. Tetapi karena beberapa alasan dan mungkin usaha dari beberapa kicau mania dan mengingat banyak sekali penangkaran burung murai batu di Indonesia akhirnya burung murai batu dikeluarkan dari list burung dilindungi.

21. Perkutut

Burung perkutut merupakan salah satu burung classic yang notabenenya banyak dipelihara oleh kicau mania yang sudah senior. Atau sebutan khusus pecinta burung perkutut disebut kung mania.

makanan-burung-perkutut

Karakter suara burung perkutut ini sangat nyantai dan memiliki relaksasi tersendiri bagi penikmatnya.

22. Pleci

Burung pleci merupakan salah satu burung kecil yang pandai menirukan suara burung lainnya. Burung pleci ini sangat populer bahkan sudah mendirikan komunitas tersendiri itu pcmi atau pleci mania Indonesia.

kumpulan-suara-pleci-gacor-untuk-masteran
Foto : https://web.facebook.com/ciblek.mania.733

Ada beberapa jenis burung pleci yang populer di Indonesia mulai dari pleci Merapi, pleci dakun, dan lain sebagainya.

24. Prenjak

Burung prenjak juga merupakan burung kicau yang berukuran kecil yang populer di Indonesia. Suara burung prenjak memiliki karakter yang tajam dan merupakan burung fighter.

kumpulan-suara-burung-prenjak
Sumber : tidak diketahui

Bentuknya mirip sekali dengan burung ciblek karena masih satu keluarga. Habitatnya biasanya di sawah di kebun dengan sarangnya yang unik menggantung di pepohonan. Baca : jenis prenjak

25. Sirtu

Sirpu atau cipoh atau citu adalah burung kicau yang memiliki suara yang unik. Saya bilang unik karena suara burung sirpu berbeda dari kebanyakan burung kicau lainnya.

suara-burung-sirtu
Gambar burung sirtu

Jika sudah gacor sirpu bisa memiliki berbagai macam variasi dan tentunya diselipi dengan suara khasnya ciiipooo.. wik wik wik.

26. Tledekan

Burung ini dikenal juga dengan nama burung sulingan. Dinamakan burung sulingan karena suara burung tledekan mempunyai karakter yang mirip dengan suara suling.

gambar-jenis-tledekan-gunung
Foto dari http://www.kaskus.co.id/profile/6805409

Habitat alaminya yaitu di sekitar hutan bakau atau di gunung. Tledekan gunung dan tledekan laut memiliki warna yang berbeda.

Sebenarnya masih banyak burung kicau lainnya yang tidak bisa saya sebutkan karena jumlahnya yang sangat banyak.

Seperti trucukan, tengkek buto, bultok, nuri, poksay, robin, panca warna, gereja, sikatan dan masih banyak lagi nama burung kicau yang belum disebutkan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.