4 Jenis Ikan Kecil Terpopuler untuk Aquascape

0
19139
ikan kecil untuk aquascape
Foto dari : https://www.facebook.com/gondo.barker

Ikan Kecil untuk Aquascape – Hobi menghias aquascape adalah salah satu hobi yang membahagiakan hehehe. Hobi ini memang memerlukan kesabaran dan ulet dalam menghias aquascape, tetapi hasilnya bisa membuat kepuasan diri dan keindahan tank yang bisa kita nikmati dengan santai, itupun kalo ga asalah setup kalo salah ya bongkar lagi aquascapenya hahaha.

Tank aquascape biasanya berisikan tanaman air aquascape beberapa aksesoris dan beberapa ikan kecil aquascape. Aquascape memang tidak lengkap tanpa adanya binatang air yang berukuran kecil, seperti ikan, udang, dan keong. Keberadaan binatang air berukuran kecil dalam aquascape ini tentunya bisa menambah keindahan didalam tank aquascape kita. Tetapi tentunya harus disesuaikan dengan aquascape kita agar semakin menarik.

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa jenis ikan kecil untuk aquascape. Silahkan dipilih sendiri warnanya, bentuknya, karakteristiknya agar sesuai dengan tank yang ingin kita setup agar bisa menambah keindahan tank kita dan tidak nabrak warnanya dengan setingan tank kita.

Ikan Kecil untuk Aquascape

Tetra

Ikan kecil untuk aquascape yang pertama yaitu jenis ikan tetra. Ikan tetra ini populer di kalangan aquascaper sebagai ikan hias pada aquascape. Ikan tetra dipilih karena ukurannya yang kecil tidak makan tempat, berkarakteristik biasa berenang di tengah sampai bawah permukaan tank dan bergerombol sehingga bisa menambah kecantikan tank, dan juga mempunyai warna yang cantik.

Ada beberapa jenis ikan tetra biasa digunakan pertama yaitu ikan ember tetra, kardinal, neon tetra, dan harlequin tetra. Ember tetra ukurannya kecil berwarna oranye terang sering berenang bergerombol (schooling).

ember-tetra-untuk-aquascape
ember tetra, image: wikipedia.org

Kardinal tetra memiliki garis sepanjang tubuhnya yang berwarna merah cerah dibagian bawah, dipadu dengan warna terang neon dibagian tengah dan kombinati hitam/abu-abu dibagian atasnya.

kardinal-tetra-untuk-aquascape
kardinal tetra, image: wikipedia.org

Neon tetra atau black neon tetra masih seperti kardinal tetra, perbedaannya ada pada warna strip merahnya yang tidak penuh sebadan, melainkan neon tetra hanya memiliki strip merah setengah badan saja.

neon-tetra-untuk-aquascape
neon tetra, image: wikipedia.org

Keluarga tetra lainnya adalah harlequin tetra, mungkin ada beberapa yang baru mendengar dan melihat ikan ini. Memang keluarga tetra jenis ini tidak sepopuler tetra lainnya tetapi ikan ini juga tidak kalah cocok dengan keluarga tetra lainnya.

harlequin-tetra-untuk-aquascape
harlequin tetra, image: wikipedia.org

Guppy

Ikan guppy adalah ikan yang mempunyai ekor yang lebar terutama ikan jantan, ukuran ikan ini pun cukup kecil yang tidak makan tempat. Ikan ini termasuk ikan yang biasa berenang di tengah dan dipermukaan, jadi memungkinkan untuk mengisi ruang kosong dalam tank. Daya tahan tubuh ikan guppy pun cukup kuat dibanding ikan lainnya yang seukuran. Warna ikan guppy yang banyak sekali pilihannya membuat kita memudahkan memilih warna guppy untuk disesuaikan dengan setingan tank kita agar cocok gitu.

guppy-untuk-aquascape
Foto: https://www.facebook.com/GuppyKerala/
guppy-untuk-aquascape-2
https://www.facebook.com/Adinesstar.Tropical.Fish

Mosquito Rasbora / Chili Rasbora

Ukuran ikan ini sangat kecil dan mempunyai warna yang cerah membuat ikan rasbora ini cocok sekali sebagai ikan pilihan dalam merawat aquascape. Ikan ini mempunyai karakteristik berkelompok (schooling).

Chili-rasbora-untuk-aquascape
Foto : https://www.facebook.com/msjinkzd/

Platy / Mickey Mouse

Ikan platy juga salah satu ikan yang paling banyak digunakan sebagai ikan penghias aquascape. Ikan ini mempunyai karakteristik bergerombol (schooling). ukuran platy yang kecil dan mempunyai banyak pilihan warna berdasarkan jenisnya membuat ikan ini sangat cocok sebagai penghias aquascape. Ada beberapa jenis ikan platy yaitu Micky Mouse Platy, Golden Platy, Marble Platy, Platy King Cobra, Platy Panda, Blue Platy, Red Platy, Rainbow Platy, Sunset Platy, Tuxedo Platy, Tail Blue Platy, dll. Silahkan dipilih sesuai kebutuhan baik warna dan jenisnya.

platy-untuk-aquascape
image: wikipedia.org

Ikan Red Zebra

Saya tambahin satu lagi ikan hias air tawar yang mempunyai ukuran tubuh kecil, yaitu ikan red zebra. Ikan ini mempunyai sirip dan ekor yang panjang seperti kumpay, tetapi ukurannya lebih kecil hanya sekitar 1-2 cm saja.

Ikan red zebra mempunyai karakter sering berenang bergerombol dan menempati segala ruang, cocok sekali untuk aquascape.

Masih banyak sebenarnya jenis ikan kecil untuk aquascape lainnya, tapi saya ambil 5 besar ikan kecil terpopuler yang bisa saya pantau saja.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.