Tanaman Aquascape Pemula, Mudah Perawatannya

0
163
Gambar tanaman aquascape anubias nana
Gambar tanaman aquascape anubias nana

Tanaman Aquascape Pemula – Tanaman aquascape merupakan salah satu komponen Aquascape yang sangat penting keberadaannya. Tanaman ini sering digunakan sebagai penghias dan komponen utama dalam pembuatan aquascape untuk menciptakan pemandangan yang indah.

Walaupun ada beberapa jenis tema Aquascape yang tidak menggunakan tanaman, tetapi tanpa tanaman aquascape rasanya akan ada yang kurang.

Selain sebagai hiasan tanaman aquascape juga berfungsi sebagai penyeimbang ekosistem di dalam tank dan sebagai tempat bermukimnya hewan penghuni aquascape.

Bagi teman-teman yang baru memulai hobi Aquascape biasanya akan kesulitan untuk menanam tanaman aquascape. Karena beberapa kendala yang belum diketahui, terutama proses awal tanam pada tanaman aquascape dan pemilihan tanaman aquascape yang termasuk sulit untuk menanamnya.

Bagi teman-teman yang masih pemula mungkin bisa mencoba untuk memilih beberapa tanaman aquascape yang mudah ditanam, bahkan tanpa adanya injeksi CO2.

Berikut ini tanaman aquascape yang mudah ditanam untuk pemula dan mudah perawatannya

Tanaman Aquascape Pemula

Anubias

Anubias adalah salah satu tanaman yang berasal dari Afrika. Tanaman ini mempunyai banyak sekali varietas bisa dibaca jenis anubias dari yang terkecil sampai dengan ukuran besar.

Tanaman ini dikenal mudah untuk dipelihara bagi para penghobi aquascape. Tetapi jangan terlalu di remehkan, anubias yang masih mempunyai daun darat perlu penyesuaian agar bisa di dalam air.

menanam-anubias-agar-tidak-busuk
Gambar tanaman aquascape anubias nana

Inilah yang menjadi faktor utama kegagalan menanam tanaman anubias ini. Untuk menanam anubias perlu melakukan beberapa tahapan seperti berikut ini baca cara menanam anubias

Bucephalandra

Tanaman ini biasanya dipanggil dengan sebutan buce, singkatan dari bucephalandra. Tanaman ini tumbuh bergerombol di semak-semak. Keindahan buce juga terlihat pada daunnya jika dirawat dengan baik, bucephalandra akan terlihat merah sampai ungu sangat indah untuk aquascape.

Bucephalandra-tanaman-aquascape-tanpa-CO2-630x380
Foto : https://www.flickr.com/photos/kenh7vn/

Tanaman ini cukup mudah ditanam baik untuk pemula sekalipun karena toleransi terhadap suhu, cahaya, dan PH air yang cukup tinggi. Bahkan beberapa aquascaper mempunyai guyonan “kalo nanem buce aja mati, keterlaluan”.

Java Fern

Tanaman ini mirip seperti tumbuhan pakis yang menempel di pohon. Tumbuhan ini sangat direkomendasikan bagi pemula karena ini mampu tumbuh di sudut manapun pada bagian aquascape.

Tetapi untuk pencahayaan tanaman ini tidak terlalu membutuhkan intensitas cahaya yang tinggi. karena jika terlalu tinggi biasanya daun akan berwarna coklat dan transparan.

Crypto Wenditi

Tanaman aquascape ini cocok untuk pemula. Tanaman ini mempunyai bentu daun yang runcing memanjang dan sedikit bergelombang.

Daun berumpun bergerombol berlapis seperti tumbuhan pandan dan menyerupai semak-semak.

Tanaman ini sangat mudah beradaptasi dan low maintenance dan bisa hidup dengan pencahayaan yang rendah.

Ceria Densa

Tanaman ini terbilang sangat sering kita jumpai di beberapa penjual ikan. Termasuk di penjual ikan pinggir jalan.

Sangat mudah sekali tumbuh, low maintenance dan cocok sebagai tanaman background aquascape. Tumbuhan ini memang tumbuhan aquascape pemula.

Vallisneria

Jika teman-teman membutuhkan tanaman background aquascape yang mudha tumbuh tanamlah vallisneria ini.

Tanaman ini mempunyai daun panjang tipis seperti rumput liar.

Hygrophlia

Hygrophlia merupakan salah satu tanaman “tingkat tinggi” dalam aquascape yang mudah tumbuh.

Tanaman ini menyerupai pepohonan yang mana mempunyai daun, batang dan bisa bercabang-cabang.

Ada banyak sekali jenis tanaman hygrophlia yang bisa ditemukan. Dengan berbagai jenis warna daunnya.

Saking mudahnya ditanam terkadang hanya di taruh saja di ember tanaman ini bisa berkembang dan tumbuh secara normal.

Echinodurus

Tanaman aquascape pemula ini mempunyai bentuk daun yang memanjang seperti pisau dan daun talas.

Ada yang berdaun lebar atau tipis tergantung dari jenisny. Tanaman ini mudah sekali tumbuh dengan perawatan yang rendah.

Java moss

Ada juga tanaman aquasacpe yang mudah ditanam dari jenis moss. Java moss ini cocok sekali jika digunakan sebagai dedaunan atau tumbuhan yang menempel di hardscape

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.