Merpati Istirahat, Bagaimana & Kapan Waktunya?

0
216
merpati istirahat
Kapan merpati istirahat

Merpati Istirahat – Istirahat bagi burung merpati yang dimainkan sangatlah penting. Selain untuk menghilangkan lelah setelah dimainkan juga bisa memperbaiki karakter merpati jadi lebih baik.

Mulai dari giringnya, tembaknya, karakter terbangnya, mentalnya dll. Terutama untuk merpati piyik yang masih berkembang karakternya.

Merpati istirahat hukumnya wajib untuk setiap burung, terutama burung yang dipakai untuk main. Jika tidak istirahat lama-kelamaan burung merpati rusak dan kinerjanya jadi amburadul.

Istirahatkan Burung Merpati

Lalu bagaimana cara mengistirahatkan merpati? Pertama ada istirahat pendek dan ada istirahat panjang.

Merpati istirahat pendek

Istirahat pendek adalah istirahat mingguan ketika burung bertelur sehabis giring.

Waktunya kurang lebih sekitar 1 minggu saja, dan ini rutin. Biasanya merpati cabut telur hari sabtu (malam minggu) atau hari minggu.

Lalu hari kamis giring dan dimainkan, normalnya hari minggu sore atau senin sore merpati bertelur, biarkan selama seminggu dan cabut lagi malam minggu atau hari minggu.

Terus seperti itu siklus merpati giring dan bertelurnya, khusus untuk merpati yang dimainkan tentunya.

Istirahat pendek juga berlaku jika merpati yang kita mainkan dalam kondisi kurang fit, sakit, atau cidera (tergantung cideranya sih ya).

Untuk mengembalikan kondisinya maka perlu diistirahatkan dulu.

Merpati istirahat panjang

Istirahat panjang yaitu posisi istirahat dalam siklus tahunannya. Yaitu saat posisi merpati sedang mabung (berganti bulu), ngurak, atau moulting.

istirahatkan-burung-merpati
Cara istirahatkan burung merpati

Saat mabung istirahat yang dilakukan cukup panjang bisa sampai berbulan-bulan sampai bulunya tumbuh dan siap dimainkan.

Istirahat ini dilakukan ketika posisi lar sayap berada di posisi lar 6/5-sampai posisi lar 3/2. Apa itu lar? Simak : https://www.youtube.com/watch?v=HKTBbGKH6Aw

Karena di posisi lar 6/5 tersebut dalam keadaan sangat lemah dikarenakan mabung tadi, sehingga perlu istirahat yang banyak.

Lalu bagaimana cara mengistirahatkannya? Ada beberapa cara, yang pertama tetap jodohkan dengan geberannya dan cabut telur seperti biasa tetapi tidak dimainkan sampai lar 3/2.

Kedua bisa di pisah dengan betinanya, tidak dijodohkan sampai lar 3/2. Ketiga biarkan merpati meloloh anakan, tetapi cukup satu ekor saja, ini dilakukan saat merpati yang kita latih masih ada yang kurang baik mental atau karakternya.

Sehingga dengan melolohkannya tentu akan membuat merpati semakin dewasa.

Diumbar atau tidak? Selama istirahat biarkan burung berada dikandang atau sesekali di umbar agar sayap tidak kaku.

Jangan lupa juga berikan suplemen atau jamu istirahat untuk agar kondisi fisiknya bisa kembali normal seperti biasanya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.