Siklus Giring Bertelur Merpati yang Benar

356
159327
merpati balap

Siklus Giring Bertelur Merpati – Giring, keket, ngeket atau istilah lainnya kita samakan dulu persepsiya, yaitu proses dimana “merpati jantan mengejar-ngejar betina ketika akan bertelur” pada merpati ini adalah proses alamiah.

Proses ini hampir dijumpai pada setiap jenis merpati, tetapi beberapa merpati ada perbedaan tingkat giringnya. Antara merpati hias, pos ataupun merpati yang biasa kekita mainkan.

Disini saya fokus pada merpati yang biasa kita mainkan, diantaranya merpati balap dan merpati tinggi. Untuk seseorang yang terbiasa bermain merpati tentunya sudah faham dengan siklus giring bertelur merpati karena dengan mengetahui siklus ini akan membuat kita bisa memaksimalkan kinerja merpati kita.

Tetapi sering saya jumpai ada berberapa orang yang baru memulai bermain merpati kurang mengetahui akan siklus ini. Walhasil merpati ‘dipaksa’ untuk terus giring, sehingga itu akan merusak burung merpati kita. Oke disini saya akan memulai dengan siklus bertelur normal.

1898092_641014205946193_764064854_n-300x225
Siklus-giring-dan-bertelur-burung-merpati-700x554

Siklus Giring Normal

Siklus normal disini bukan untuk burung yang dimainkan, artinya ini untuk burung yang berkembang biak secara normal. Siklus normal ini diantaranya adalah :

Baca : Cara Membuat Merpati Giring Keras

1. Berjodoh – 2. Kawin – 3. Giring (hendak bertelur) – 4. Bertelur – 5. Mengeram – 6. Beranak – 2. Kawin…

1. Berjodoh

Setelah dewasa secara normal merpati akan mencari jodohnya sendiri dengan yang dia inginkan. Proses penjodohan merpati bisa berlangsung sekitar 1 – 3 hari atau lebih. Setelah dirasa cocok merpati akan mencari tempat (kandang) untuk mulai berkembang biak.

Atau bisa kita tempatkan merpati di kandangnya. Menjodohkan merpati bisa dengan beberapa cara. Bisa dengan mengumbar merpati jantan dan betina dan biarkan mereka berjodoh sendiri. Yang kedua bisa dengan mengurung terlebih dahulu merpati dalam satu kandang.

2. Kawin

Setelah merpati berjodoh mereka akan memulai proses reproduksi yaitu kawin, proses kawin ini akan berlangsung sampai merpati betina bertelur.

3. Giring

Setelah kawin biasanya 2-3 hari merpati akan giring atau merpati jantan mengejar-ngejar merpati betina. Ini adalah salah satu keunikan burung merpati, siklus giring ini akan berlangsung berlangsung selama sekitar 4-5.

4. Bertelur

Merpati akan bertelur setelah 5 hari mereka giring atau 7-8 hari setelah kawin yang pertama atau cabut telur.

5. Mengeram

Setelah merpati bertelur maka burung merati akan mengeram sekitar 19-22 hari. Proses mengeramnyapun unik, merpati jantan dan merpati betina akan bergantian mengeram. Yang saya perhatikan merpati jantan akan mengeram pagi dan sore, merpati betina sepanjang siang dan malam.

6. Beranak

Setelah 19-22 hari bertelur merpati akan beranak atau telurnya menetas. Dalam siklus ini merpati akan memberi makan anaknya sampai besar sekitar 28 hari.

dan kembali lagi ke proses yang ke dua, bertelur lagi dan seperti itu. Ini adalah siklus merpati normal.

Siklus Giring Merpati Player

Yang saya maksud disini merpati yang dimainkan yah, yang suka ikut lomba dan lainnya. Siklus ini adalah siklus yang dibuat dan disepakati oleh penghobi agar waktu giring pada merpati bisa berbarengan sehingga burung dapat dilombakan.

Siklus merpati ini adalah :

1. Berjodoh – 2. Kawin – 3. Giring (hendak bertelur) – 4. Bertelur – 5. Mengeram – 6. Cabut Telur – 2. Kawin…

Nah ada perbedaan disana yah. Tidak ada siklus beranak dalam merpati yang dimainkan. Ini bertujuan agar stamina merpati tetap vit dan tetap bisa dimainkan. Perbedaan merpati yang dimainkan dan yang normal adalah :

5. Mengeram

Pada merpati normal mengeram dilakukan selama 19-22 hari tetapi pada merpati yang dimainkan biasanya mengeram selama 7 hari ini bertujuan agar stamina kembali agar siap dimainkan.

6. Cabut telur

Cabut telur disini adalah mengambil telur merpati saat mengeram. Jadi setelah 7 hari merpati mengeram ambil telur merpati dan bersihkan sarang merpati lalu merpati akan mulai kawin, giring lagi dan siap untuk dimainkan.

Dan terus berlangsung seperti itu dan biasanya setelah merpati yang dimainkan mempunyai umur maka baru akan mulai di anakkan dan dibiarkan meloloh.

Kesalahan yang sering terjadi

merpati-kawin

Kesalahan yang sering saya jumpai dari pemain merpati pemula dia akan memaksa merpati terus untuk giring dan tidak dibiarkan kawin agar bertelur.

Maka dalam siklus giring biarkan merpati kawin dan wajibkan 1 hari 1 kali kawin agar merpati bertelur dengan tepat (4-5 hari dari masa giring atau 7-8 hari dari pertama kawin/cabut telur).

356 COMMENTS

      • Maaf mas mau tanya. Saya pecinta merpati kolong. Sekarang merpati saya telat bertelur. Padahal mau saya siapkan untuk giringan berikutnya. Saya ganjal pake telur laen gak mau mengerami. Pas waktunya bongkar malah bertelur. Jadi bisa telat gak terbang. Cara mengatasinya gmn ya mas. Cara ganjalnya gmn ya mas aga mau mengerami. Matur nuwun

        • Bisa jadi kurang fertil mas burungnya. Kalo saya pas bongkar sarang burung saya kasih vit e (pake natur E) 1 tablet jantan dan betinanya tujuannya biar betina dan jantan subur jadi ga telat nelor. Menjelang giring sya kasih lagi 1 natur E. Grit juga tersedia nyanding mas. Usahakan merpati juga kawin mas. Itu tips dari saya agar betina tepat nelornya.

    • Banyak om caranya. Tapi intinya gimana supaya burung itu nyaman. faktorny ad 3. makanan, lingkungan nyaman, sehat. Kalo sudah terpenuhi nanti juga mau giring. cara mudahnya umbar aja biar mau kawin

    • bisa anda coba dengan memandikannya lalu keringkan di bawah trik sinar matahari langsung sesudah bulu merpati sudah kering dan rapih simpan di dalam kardus tanpa cahaya selama 2 minggu tapi ingat kasih makan entar mati lagi kalau tidak di kasih. (PENGALAMAN SAYA)

  1. mas, saya tertarik dengan merpati teman saya…. rencana saya mau membelinya, merpatinya bagus menurut saya. tetapi merpatinya galak ke majikan… ciri2 galak seperti itu gmn? apakah sifat galak mempengaruhi kualitas merpatinya?

    • burung barukah? jika iya biasanya burung baru butuh adaptasi mas. Kalo saya lebih suka di ubarin dulu dampe nelor, kalo sudah nelor baru di cabut setelah seminggu insya allah giring mas.

  2. Mas…mau tanya? 2 Pasang merpati saya sedang bertelur bersamaan, apakah bisa menitipkan telurnya ke merpati laiinya, jd sekaligus ngeram 4 telur. Apakah bisa seperti itu…?

    • Bisa mas. Itu namanya sistem babu. Tapi ga bole sekaligus 4, karena burung ga akan kuat dan anaknya ga ke urus nantinya. maksimal 2 saja.

  3. gan knpa merpati saya lama bertelur..?! padal kwin melulu.. tp si janta sudah ngakut/biin sarang.. dan knpa gax giring..?! padahl udh jodo n kawin

    • kalo saya ga biasa pake obat2an om. di umbar juga giring sendiri. tapi kalo mau ramuan bisa pake herbal aja. kaya madu klanceng, taykham, kencur dll

  4. Om saya mau nannya, kan burung merpati sya jantannya ilang sedangkan sang betina mau bertelur gmna klo d kawinkan sma jantan lain bisa gx

    • Bisa om, tapi biasanya nelornya ga jadi/mundur atau kalo nelor juga blom tentu di eramin. Kecuali sudah jodoh sebelum bertelur.

  5. Mas,mau tanya kalomarpati 1x nelor brpa biji?
    Soalnya merpati saya cuma1 biji,ini udah masuk ke 2 hari,,kira kira masih mau nambah ga mas?

  6. Mas merpati sy tlur nya pch smua. Tp blm smpat buat sarang. Burung nya sy taro d kardus. Baru beli burung ya. Sya gnti tlur burng lain tp g mau d erami mas. Bs rusak g mas burung nya.

  7. Mas saya punya burung betina tapi gak bisa dikawinin sama semua jantan malah jadinya berantem gimana ya mas caranya

  8. Mas saya punya burung, tapi kalo terbang, terbang nya rendah, paling cuman setinggi atap rumah orang, se meter dari genteng rumah, gimana cara nya supaya burung kalo lagi terbang terbang nya tinggi? Mohon jawaban nya

    • sesekali sih ga pengaruh, tapi kalo sering tenaga burung ga maksimal karena istirahat kurang, giring bisa jelek karena jarak trlalu cepat

    • Memperlancar pencernaan, menjaga organ dalam, menjaga kesehatan bisa om. Dampaknya kalo burung sehat bisa maksimal kerja

  9. […] membuatkan pagupon yang berukuran besar kemudian kita sekat nantinya persekatan akan kita isi burung merpati satu buah pertempat tetapi kita harus memperhatikan ukuranya untuk ukuran sekatan jangan sampai […]

  10. bos kenapa burung dara saya bertelur cuman 1 ko uda 5hari ga nambah lagi,kan normalnya 2 bos..kenapa sama burung saya bos

  11. om knapa burung jantan sya galak setiap sya pengen ngambil betinanya,tapi aneh nya betina nya yg pas saya pengen ambil diam aja kya lagi ngeram,itu tanda2x pengen bertelur ya..betina nya dah lmayan gendut sihh…itu knapa ya om???????

    • ga ada apa-apa normal ko burung galak, galak karena kita masuk daerahnya jadi ya di patok. Ya kalo duduk saja di atas sarang bisa jadi tanda mau bertelur, tp bisa aja burung lagi cape trus hanya duduk2 biasa.

  12. om kenapa burung merpati saya gg mau ngeramin telurnya om ?? grgr saya pindahin kandngnya ? itu cara mengatasinya gimana om ?? , trs ko merpati saya juga udh teloran 1 tapi nungguin teloran lagi lama udh 3 hari lebih .. itu cara ngatasi biar telornya cpt nambah 1 lagi gimana om?? please help:(

    • Ya susah om, kalo pindahin kandang emang kadang ada burung yang ga mau ngeremin. Harusnya tunggu sampai netes baru di pindahin.

  13. gan kan merpati udah 7 hari ngeram. terus saya cabut, udah saya mandiin tapi tetep susah giring nnti paling giring nya 2 hari sebelum bertelur lagi.? gi mna solusinya

    • tunggu sampai 3-4 hari nanti giring sendiri kok, semakin sering kawin semakin bagus. kalo g mau giring coba ganti betina geber kalo tetap seperti itu mungkin sudah wataknya, ganti saja 😀

  14. OK.. sip makasih mas atas info nya,
    tadi saya udah di coba buat di giringin tapi belom berani ke tangan langsung,
    klw begitu itu gimana mas apah harus di latih trus.
    sekalian mas minta nmr hp nya dong

  15. mass merpati saya kan nelor trus yng betina nya mati apahh bisa ituh telor nya netes, trus kalaw di ganti betina nya bisa ngerem ga betina sama jantan nya

  16. om burung saya kok ngak mau nelor ..apa harus buatin sarang sendiri /Biar dia yg cari alang2 dan ranting kayu ..padahal udh saya umbar tiap harii tapi mau nya masuk kandang truuss..gmn om solusinya ??…

    • Kalo dilihat dari kasusnya burung sedang adaptasi, biasanya membutuhkan banyak waktu (bisa berbulan-bulan), biarkan saja dulu diumbar kalo keliatan kawin berarti bagus. kalo sudah lama tidak kawin maka pisahkan dulu dengan betinanya seminggu sampai dia khilangan lalu satukan lagi. Masuk kandang ya ga apa-apa wajar asal jangan masuk kandang orang 😀

  17. mas kan merpati saya udah di ganti betina nya tapi betina nya takut ma jantan nya padaha jantan nya sangat nafsu sama betina nya
    gimana itu solusi nya mas

  18. Mas mau nanya ,, saya memelihara burung dara di deket Kali,, kenapa burung dara yang baru saya beli sukanya minum air kali,, sedangkan burung dara yang sudah lama saya beli sukanya minum air bersih, menurut saya itu tidak bgus bagi burung saya

    • mungkin belum terbiasa dan belu tau tempat minumnya mas. lama-lama juga ngikutin yang lain, usir aja kalo mau minu di kali

  19. Om mau nanya nih,,,burung saya kan bertelur , posisi si jantan sudah melihat telur nya , tapi telur nya saya ambil , lalu saya buang , Terus kondisi burung bakal gmana ya om???

  20. Mas mau nanya nih,, burung saya kan bertelur,, posisi si jantan sudah melihat telur nya,, nah telur nya saya ambil depan si jantan,, lalu saya buang telur nya , dan belum sempat mengeramkan,, terus kondisi merpati bakal kaya gmana ya om jadi nya???

    “mohon bantuan nya ya om”
    TERIMAKASIH

    • jangan egois om burung terus disiruh giring, burung juga butuh istirahat. Biarin aja ngere minimal seminggulah. Kalo terus seperti itu burung bakal lelah dan bisa rusah karena salah latih

  21. bang merpati saya udah sya jodohin tapi susah kawin.padahal btina sama jntan dah saling loloh2an(kiss)berulang kali tapi yang jantan susah kawin/gak mau naik ke btinanya .solusinya gmanatu bang?

  22. agan mau nanya, saya beli merpati putih baru sepasang, sdh 6 hari saya kurung dan sdh mulai pacaran, saya umbar yg jantan ternyata betina juga keluar tnpa sengaja,saya tidak berani lg keatap dan masukin betina takut mreka kaget dan trauma, mrrka trlihat santai diatas kurungan diatap rumah saya sekitar 15 menit, dan tiba tiba terbang jauh berdua, apakah merpati lepas dan balik lagi? mhn masukan agan

  23. gan, saat merpati jantan bekur sore hari dan malam pada kandang penjodohan ko tiba2 sibetina membalas dgn suara mirip bekur juga, apakah mreka keduanya jantan? atau memang ada suara mirip bekur juga pada betina?

  24. bang burung saya kan pupur ngawang bang lalu nyangkut nya di rumah temen saya bang kok bisa giring bang burung saya ama temen saya padahal di umbar bang napa ya kok bisa giring ? tolong jawab bang

  25. om, siklus giring ini harinya sudah fix ya om giringnya?, maksudku masa giring 3-4 hari itu hanya di hari kamis sampai minggu, di hari lainnya tidak bisa giring, maaf newbie om..

  26. Bang numpang Tanya kalo Merpati lgi ngeram yg ngeram cuma betina nya aja jantan nya jarang ikut ngeram itu kenapa bang? Dan boleh kah Merpati nya di umbar bang ? Please jawab dong

  27. Permisi ,maaf mau tanya ,saya beli merpati saat giring giringnya dan sudah mau mencok ke betinanya , kalau di jadwal siklus itu masa giring 4 hari habis itu bertelur ,tapi punya saya kok gak bertelur dan malah sekarang gak mau ngejar betinanya mas ? minta solusinya

    • siklus merpati ini berlaku bagi burung yang sudah adaptasi sama lingkungan, jika burung baru biasanya agak lama, (paling lama 3 bulan buat adaptasi, dari pngalam saya). Jadi saran saya burung di umbar aja, jangan lupa asupan makan yang cukup dan jangan lupa diberi grit merpati

  28. Gan ane punya burung yg bagus ane pengen punya anakan burung yang punya karakter sama dengan indukannya tapi masalahnya dari pertama sampe sekarang sudah hampir 10 tahun lebih dan sudah bantak keturunannya tapi tidak ada yg punya karakter sama padahal ane udah coba juga pake cwe burung yang berbeda tolong solusinya

    • susah gan hehe, breeding itu emang misterius. cwean burung harus berkualitas, dan jika ingin sama coba menggunakan teknik genetik breeding

  29. Bang mau nanya ni klau burung menegerami telurnya sampai menetas bisa giring lagi gak,tanpa proses pengawinan,bisa langsung dimainin gak saat telurnya udah umur 2-3 mingguan

  30. mas saya mau tanya.
    burung dara saya tidak mau sanggan lagi kenapa ya mas tidak giring lagi cuman mau nutul nutul kebetina nya aja engga mau terbang ke betina,gara gara nya habis nelor aku cabut mas.gimana ya mas butuh solusi nya

  31. Bang burung saya udh jodoh, tpi pas besok nya malah digalakin sama jantan nya sampe betina nya bonyok, gimana cara ngatasi nya Bang?, supaya yg jantannya gk ngegalakin yg betinanya?

  32. Ko merpati Saya yang jantan ga mau nemplok ke betina nya tpi Kalo Dipanasin sama Jantan Lain Nya Baru mau nemplok ke betina nya

  33. permisi ,mas kenapa ya merpati saya jadi gak giring ,padahal sebelumnya giring , dan sekarang gk giring tapi betinanya blm bertelur itu kenapa ya , ataukah over latihan bisa berdampak begitu?

    • bisa jadi. bisa juga karena masa giringnya sudah habis. masa giring biasanya hanya 4-7 hari. setelah itu biasanya giringan bisa ilang atau berkurang

  34. Burung baru , udah d kurung seminggu lebih , pas d lepasin , laki ny balik bini ny piknik , ap bakal balik lg tuh bini ny

  35. Mas mau tanya ni, merpati tinggian saya ko telurnya kasar y ada keraknya putih gitu d cangkang telurnya biasanya kan telur merpati halus tpi ini kasar. Tau gg knp itu mas..

  36. gan numpang nanya merpati kolongan saya kan sudah giring udah itu merpati saya bertelur sesudah itu malah gak mau giring lagi gimana ya gan

  37. Bang?Gua mao nannya nih. Burung gua kan baru nelor 1, ko jarang di keremin ya? Kira kira waktu netes telornya berapa lama? Terus juga kalo dari netes brapa lama bisa dimaenin anakannya? Terus juga bisa digiringin lagih kan betina sama jantannya?

    • wajar, telornya baru satu emang gitu nanti kalo sudah 2 baru di eramin. 18 harian, anaknya dewasa 3-4 bulanan. bisa kok, nanti anaknya aga gede dikit juga giring lagi

  38. Bang mau tanya, saya baru beli burung udah 2 minggu lahh lakian sama cewean saya taro satu kandang, tapi ko kaya belom giring ya mas ? Terus ceweannya galak sama lakiannya
    Mohon bantuannya

  39. Bang ngatasin betina telat bertelur gimana padahal sebelumnya bertelur rutin. Apa perlu di kasih obat kalau boleh tau nama obatnya apa biar merpati subur

  40. Gan.malam nie saya liat merpati saya bertelor 1 tapi pas saya ambil suami nta keluar baru nampak telor nya jd saya pergi cari rumbut setelah itu jantannya mw saya tangkap tapi saya ga jadi soalnya saya mw ksih makan gan.tapi pad keluar merpati jantan ga tw ke mana gan ..nie kan malam gan ap bsk pagi dia bakal plg .sudah saya cari dari tadi ga nampak gan.jd solusi ny gmna gan

  41. Gan saya mau minta ilmu nya….gimana cara merawat merpati setelah cabut telur agar tetap bagus n giring…makasih gan

      • biasa nya merpati klu tlor udah menetas berapa lama lg akan bertelor jika anak nya 1 mnngu kita ksih makan sendiri sendiri tnpa mengandalkan indukan?

        • biarkan induknya ngeram sambil ngasih makan anaknya. Tapi kalo mau kaasih makan sendiri silahkan. Rekomendasi saya ambil saja telur induknya setelah 3 hari agar konsen meloloh

          • Gan kan merpati saya pas saya kandangin itu giring.pas bsk nya saya lepas bebas baru betina nya saya ambil kok saya geber nda mau giring lagi gan tolong solusinya

          • biar suruh bertelur dan ngeram dulu. kalo lagi giring sebisa mungkin jangan di umbar mas.

  42. Mas kalo burung udah terlanjur rusak gimana? Soalnya saya paksa buat giring terus. Cara memulihkannya gimana? Soalnya terbangnya jadi berubah total.

    • Kalo sudah rusak ada beberapa metode yang biasanya dipakai. 1. Istirahat FULL 2. Loloh + Istirahat detilnya mungkin saya akan post insya allah

  43. Om mau nanya, saya punya sepasang merpati, kemarin saya lihat kawin (cowo naikin betina), nah setelah itu gantian kawin nya (betina naikin cowo), yg saya tanyakan maksud dari kawin itu apa ya? Koq kawin nya bergantian seperti itu? Terimakasih

  44. Bang izin mau tanya masih pemula .
    Burung saya udh hampir 1 bulan lebih tapi giliran saya latih terbang jauh dia ga mau ninggi maunya menclok di atap rumah orang terus . Knapa yaa ???

    Mohon infonya bang . Trima kasih .

    • kualitas giringnya jelek ga mas? suka menclok sebabnya banyak mas, bisa karena kurang hafal tempat, giring kurang bagus, atau karakter. coba latih pendek2 dulu sampe hafal tempat, kalo sudah karakter mnding ganti mas sayang waktu, cari yang giringannya bagus

      • Sbnrnya sih bang burung saya itu baru banget saya jodohin sama cwean lain nah pas saya jodohin beberapa hari langsung nelor cweannya makanya saya coba mainin saya lepas jauh buat tau rumah tapi malah menclok atap rumah sana sini bang .
        Saya jodohin sama cwean lain krna cwean dia sblumnya jelek bang .
        Kira kira kalo saya gandengin sama burung yang mau ninggi kirakira burung saya ikut ninggi ga bang ???? ..

        Mohon penjelasannya bang mksih sudah bls pesan saya sblumnya .

  45. Ouh gituu yaa bang oke bang terima kasih buatt sarannya udh mau berbagi ?boleh saya minta kontaknya bbm , line , atau nmer tlpn bang buat nanya nanya lebih detail lagi ???? ..

  46. Oke baiklah bang terima kasih banyak buat infonya .
    Sama mau nanya nih bang , kok burung saya 1 pasang lagi saya umbar malah engga mau pulang kekandang yaa maunya tidur malem di atap rumah terus knapa itu yaa bang ???? ..
    Mohon infonya bang .

    • ambil telor sama sarangnya, lebih baik di malam hari (siang juga boleh), dicabut setelah seminggu. Dibaca kan ada keterangannya lengkap di postingan

  47. Omm mau tanya ,kalo burung dara jantan masuk kandang dan berkukur terus itu tandanya apa ya?
    Sedangkan betinanya cuman di atas kandang?
    Tolong solusinya 🙂

    • Mereka bekerja sama, jantan nyari sarang, betina dikandang nyusun sarang mas. Tapi betina juga kadang nagambil sarang.

    • baru berapa hari? telur 1 sama telur kedua jaraknya 2-3 hari mas ditunggu aja. kalo ga keluar2 juga gpp ada juga yang telurnya 1 ga usah khawatir

  48. bang mau nanya burung piyik saya ko jadi ngga keket lgi yah padahal tadi nya keket , itu juga keket yg pertama kali nya nelor trus sya langsung cabut .. ko ngga keket keket lgi bang ? apa karena di gandeng tah ? soal nya waktu keket tuh langsng saya gandeng ama burung tua bang ? apa gejala di gandeng apa knpa bang ? mohon bantuan nyabang ?

    • kesalahannya bukan akrena di gandeng, tapi karena nyabut telornya. tunggu dulu 1 minggu jangn langsung di cabut telornya. Setelah cabut telor juga tunggu 3-5 hari nanti juga insya allah keket lagi.

  49. Bang mau nanya..pas telur netas induk jantan sama betita malah berantem..bahkan si jantan kaya ngelindungi banget sama anaknya…

    • netasnya umur berapa? saya juga ngalamin tapi pas anaknya udah usia 2 mingguan. Saya taro di kandang yang aga gede, lama-lama ga diserang lagi

  50. Mas sya mau nanya ,, kan saya beli burung merpati di tetangga trus rumahnya dket sma rumah saya ,, saya beli burung dalam keadaan giring ,pasti kan klo giring burung bentar lagi akan bertelor? Trus burungnya sya simpen dikandang yang agak besar kira-kira 50×50 karena saya takut klo merpati diumbar ntar balik lagi ke rumah tetangga saya ,, kira kira bakal bertelor dan mau ngeramin ngga yah mas klo merpatinya ngga diumbar???

  51. mas mau naya klau merpati yang sudah dikurung beberapa hari ketika dilepas terbang kejauhan ditinggal yang satu , truzz apa bisa kembali ke kandang nya?nggak di cari ggak ketumu klu ada solusi bagi pemula!

    • bisa mas, rantingnya ukuran lidi ya, lebih bagus kalo ada ranting bekas daun pete/albarsiah atau bekas serutan bambu biasanya paling suka

  52. .mass?saya mau tanya,kenapa burung yg lelaki saya sudah mengumpulkan sarang,tetapi pas saya cek bagian bawah dari burung betina tidak ada telurnya,itu gimana mas?

  53. mas merpati saya udah lot di giringan B, mau pindah ke giringan A gmn ya..?
    soalnya pas giringan A merpati saya lagi angrem

  54. Bang saya mau nanya kenapa yak telur merpati saya enggak menetas udah 19 hari pas dipecahin gak ada apapa cuman kuning telur

    • itu telornya infertil mas, tidak ada isinya. Banyak sebabnya, mulai dari kesuburan, suhu, dll. Kalo saya biasanya ngeliat pas telur udah 10 hari. kalo masih bening biasanya telur kosong, kalo telur gelap biasanya ada isinya

  55. Maaf mau tanya kenapa kalau merpati aku kalau udah mengeram telur 15hari kok malah telur nya dicucuki itu gmn? Mohon pencerahan

  56. Mas merpati saya lagi ngeloloh anak nya baru umur sekitaran 2minggu lebih
    Terus idukan nya udah bertelur lg apakah tidak akan menggangu proses penglolohan kedepannya masss ???

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.