merpati balap

Siklus Giring dan Bertelur Pada Burung Merpati

In Merpati 157753 views

Giring, keket, ngeket atau istilah lainnya kita samakan dulu persepsiya, yaitu proses dimana “merpati jantan mengejar-ngejar betina ketika akan bertelur” pada merpati ini adalah proses alamiah. Proses ini hampir dijumpai pada setiap jenis merpati, tetapi beberapa merpati ada perbedaan tingkat giringnya. Antara merpati hias, pos ataupun merpati yang biasa kita mainkan. Disini saya fokus pada merpati yang biasa kita mainkan, diantaranya merpati balap dan merpati tinggi. Untuk seseorang yang terbiasa bermain merpati tentunya sudah faham dengan siklus giringnya burung merpati karena dengan mengetahui siklus ini akan membuat kita bisa memaksimalkan kinerja merpati kita. Tetapi sering saya jumpai ada berberapa orang yang baru memulai bermain merpati kurang mengetahui akan siklus ini. Walhasil merpati ‘dipaksa’ untuk terus giring, sehingga itu akan merusak burung merpati kita. Oke disini saya akan memulai dengan siklus bertelur normal.

1898092_641014205946193_764064854_n-300x225

Siklus-giring-dan-bertelur-burung-merpati-700x554

Siklus Normal

Siklus normal disini bukan untuk burung yang dimainkan, artinya ini untuk burung yang berkembang biak secara normal. Siklus normal ini diantaranya adalah :

Baca : Cara Membuat Merpati Giring Keras

1. Berjodoh – 2. Kawin – 3. Giring (hendak bertelur) – 4. Bertelur – 5. Mengeram – 6. Beranak – 2. Kawin…

1. Berjodoh

Setelah dewasa secara normal merpati akan mencari jodohnya sendiri dengan yang dia inginkan. Proses penjodohan merpati bisa berlangsung sekitar 1 – 3 hari atau lebih. Setelah dirasa cocok merpati akan mencari tempat (kandang) untuk mulai berkembang biak. Atau bisa kita tempatkan merpati di kandangnya. Menjodohkan merpati bisa dengan beberapa cara. Bisa dengan mengumbar merpati jantan dan betina dan biarkan mereka berjodoh sendiri. Yang kedua bisa dengan mengurung terlebih dahulu merpati dalam satu kandang.

2. Kawin

Setelah merpati berjodoh mereka akan memulai proses reproduksi yaitu kawin, proses kawin ini akan berlangsung sampai merpati betina bertelur.

3. Giring

Setelah kawin biasanya 2-3 hari merpati akan giring atau merpati jantan mengejar-ngejar merpati betina. Ini adalah salah satu keunikan burung merpati, siklus giring ini akan berlangsung berlangsung selama sekitar 4-5.

4. Bertelur

Merpati akan bertelur setelah 5 hari mereka giring atau 7-8 hari setelah kawin yang pertama atau cabut telur.

5. Mengeram

Setelah merpati bertelur maka burung merati akan mengeram sekitar 19-22 hari. Proses mengeramnyapun unik, merpati jantan dan merpati betina akan bergantian mengeram. Yang saya perhatikan merpati jantan akan mengeram pagi dan sore, merpati betina sepanjang siang dan malam.

6. Beranak

Setelah 19-22 hari bertelur merpati akan beranak atau telurnya menetas. Dalam siklus ini merpati akan memberi makan anaknya sampai besar sekitar 28 hari.

dan kembali lagi ke proses yang ke dua, bertelur lagi dan seperti itu. Ini adalah siklus merpati normal.

Siklus Merpati Mainan

Yang saya maksud disini merpati yang dimainkan yah, yang suka ikut lomba dan lainnya. Siklus ini adalah siklus yang dibuat-buat oleh manusia dengan berbagai tujuan. Siklus merpati ini adalah :

1. Berjodoh – 2. Kawin – 3. Giring (hendak bertelur) – 4. Bertelur – 5. Mengeram – 6. Cabut Telur – 2. Kawin…

Nah ada perbedaan disana yah. Tidak ada siklus beranak dalam merpati yang dimainkan. Ini bertujuan agar stamina merpati tetap vit dan tetap bisa dimainkan. Perbedaan merpati yang dimainkan dan yang normal adalah :

5. Mengeram

Pada merpati normal mengeram dilakukan selama 19-22 hari tetapi pada merpati yang dimainkan biasanya mengeram selama 7 hari ini bertujuan agar stamina kembali agar siap dimainkan.

6. Cabut telur

Cabut telur disini adalah mengambil telur merpati saat mengeram. Jadi setelah 7 hari merpati mengeram ambil telur merpati dan bersihkan sarang merpati lalu merpati akan mulai kawin, giring lagi dan siap untuk dimainkan. Dan terus berlangsung seperti itu dan biasanya setelah merpati yang dimainkan mempunyai umur maka baru akan mulai di anakkan dan dibiarkan meloloh.

Kesalahan yang sering terjadi

merpati-kawin

Kesalahan yang sering saya jumpai dari pemain merpati pemula dia akan memaksa merpati terus untuk giring dan tidak dibiarkan kawin agar bertelur. Maka dalam siklus giring biarkan merpati kawin dan wajibkan 1 hari 1 kali kawin agar merpati bertelur dengan tepat (4-5 hari dari masa giring atau 7-8 hari dari pertama kawin/cabut telur).

Tags: #bertelur #betina #giring #keket #lama #Merpati #siklus #telur

Mengawinkan Burung Merpati Sedarah Apakah Bagus?
Mengawinkan Burung Merpati Sedarah Apakah Bagus?
Mengawinkan Merpati Sedarah – Ada beberapa teman
Jual Ring Merpati Berbagai Model, Nama Atur Sendiri
Jual Ring Merpati Berbagai Model, Nama Atur Sendiri
Jual Ring Merpati – Ring merpati atau
Maksud dari Giringan A Giringan B Merpati Balap Koling Tinggi
Maksud dari Giringan A Giringan B Merpati Balap Koling Tinggi
Giringan A Giringan B Merpati – Pernahkah
Vitamin dan Suplemen Wajib Merpati Balap dan Tinggian Lomba
Vitamin dan Suplemen Wajib Merpati Balap dan Tinggian Lomba
Vitamin dan Suplemen Merpati Balap dan Tinggi
Makanan Burung Dara Merpati Balap dan Tinggi Lengkap
Makanan Burung Dara Merpati Balap dan Tinggi Lengkap
Makanan Burung Merpati – Makanan adalah salah
Perbedaan Burung Dara dan Merpati yang Benar
Perbedaan Burung Dara dan Merpati yang Benar
Perbedaan Burung Dara dan Merpati – Burung
2 Faktor Memilih Merpati Balap yang Bagus Berkualitas
2 Faktor Memilih Merpati Balap yang Bagus Berkualitas
Memilih Merpati Balap Berkualitas – Cara memilih
Memilih Burung Dara/Merpati Tinggian Kolong yang Bagus
Memilih Burung Dara/Merpati Tinggian Kolong yang Bagus
Memilih Burung Dara Bagus – Memilih burung
Beternak Merpati Balap dan Tinggian dengan Metode Genetic Breeding
Beternak Merpati Balap dan Tinggian dengan Metode Genetic Breeding
Berternak Merpati – Dalam beternak merpati Apakah itu
Warna Merpati Unik yang Jarang Terlihat
Warna Merpati Unik yang Jarang Terlihat
Warna Merpati Unik – Selain warna merpati
Memperbaiki Kinerja Merpati yang Menurun / Rusak
Memperbaiki Kinerja Merpati yang Menurun / Rusak
Kinerja Merpati Menurun – Barusan ada pesan masuk
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati Lengkap dari Piyik
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati Lengkap dari Piyik
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati – Kesempatan kali
Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Merpati
Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Merpati
Manfaat Probiotik Untuk Merpati – Setelah sebelumnya
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Merpati
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Merpati
Manfaat Cuka Bagi Merpati – Menjaga kesehatan
Tips Memelihara Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan
Tips Memelihara Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan
Memelihara Kesehatan Merpati – Musim pancaroba yaitu
Memilih Indukan Betina Merpati Balap yang baik
Memilih Indukan Betina Merpati Balap yang baik
Memilih Indukan Betina Merpati Balap – Permainan
Cara Mengganti Pasangan Merpati
Cara Mengganti Pasangan Merpati
Mengganti Pasangan Merpati – Sebagai penghobi merpati
Mengenal Merpati Balap Leonard Legendaris
Mengenal Merpati Balap Leonard Legendaris
Merpati balap leonard – Bagi para pemain
Pola Pemberian Jamu pada Merpati
Pola Pemberian Jamu pada Merpati
Pemberian jamu merpati – Dunia adokan merpati
Cabut Bulu Ekor Merpati dengan Benar
Cabut Bulu Ekor Merpati dengan Benar
Cabut bulu ekor merpati – Dalam memelihara
  1. danx4 years ago

    kalo telurnya sudah ke pegang oleh manusia gimana? akan menetas gak?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      bisa kok asal tidak rusak.

      Reply
      • dany1 year ago

        Numpang tanya nih gan merpati gw udah giring kan nah kalo di komporin ma merpati lain ko malah jadi galak gan ke betina nya kayak nyiksa gitu ke betina nya sampe sayap nya juga dikibas2in mukul2 ke betinanya apa itu gk apa2? Info merpati saya merpati balap gan mhon pencerahanya maklum newbie

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang1 year ago

          ga apa2 om sangat wajar malah bagus om asal dijaga aja jgn sampe mukul berlebihan ke betinanya kasian

          Reply
      • dany1 year ago

        Giring perdana dan blm bertelur giring baru 3 hari ma sekarang bli dari temen 1 tetasan itu gpp gan?

        Reply
  2. Danx4 years ago

    gan klo telur nya di cabut dan di taruh dengan merpati yang lagi mengeram gimana gan bisa menetas ga???

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      Bisa gan, tapi usahakan taruh kepada merpati yang usia ngeramnya sama.

      Reply
  3. afif putra muhari4 years ago

    mas supaya burung giring terus dan supa proses bertelurnya lambat ginama mas ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      Ga boleh itu pak, burung bisa rusak kalo gitu caranya.

      Reply
  4. eghy4 years ago

    Gmn cr agar merpati mau megerami telur.a
    Krn merpati’ku tdk mau megerami setela saya pindahkan ke kandang baru.a

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      merpatinya stres mas, harusnya jangan dipindahin saat merpati sedang bertelur.

      Reply
      • Robert3 years ago

        Maaf mas mau tanya. Saya pecinta merpati kolong. Sekarang merpati saya telat bertelur. Padahal mau saya siapkan untuk giringan berikutnya. Saya ganjal pake telur laen gak mau mengerami. Pas waktunya bongkar malah bertelur. Jadi bisa telat gak terbang. Cara mengatasinya gmn ya mas. Cara ganjalnya gmn ya mas aga mau mengerami. Matur nuwun

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang3 years ago

          Bisa jadi kurang fertil mas burungnya. Kalo saya pas bongkar sarang burung saya kasih vit e (pake natur E) 1 tablet jantan dan betinanya tujuannya biar betina dan jantan subur jadi ga telat nelor. Menjelang giring sya kasih lagi 1 natur E. Grit juga tersedia nyanding mas. Usahakan merpati juga kawin mas. Itu tips dari saya agar betina tepat nelornya.

          Reply
  5. albert4 years ago

    Setelah 7 hari telur nya dieram sudah bisa diambil ya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      Betul om 😀

      Reply
      • febri3 years ago

        Numpang tanya setelah 7 hari telur di ambil, di ambilnya bagaimana caranya terus setelah di ambil di apakan

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang3 years ago

          ambil aja seperti biasa (sama sarangnya) telurnya terserah mau di apakan.

          Reply
          • pencinta merpati3 years ago

            Setelah 7 hari apakah burung saya udah giring

  6. hery4 years ago

    Gan gimana klo tlur merpati pecah.sdang merpati maunya ngeram.padahal telurnya g ada. Solusinya gan mksh

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      Biarin aja mas nanti juga berhenti ngeram, atau di ambil sarangnya.

      Reply
  7. Pambudi4 years ago

    Mas . Kal0x merpati bisa keket banget caranya

    Reply
  8. Pambudi4 years ago

    Terus kalok cara melatih burung giringan pertama gan

    Reply
  9. sukino4 years ago

    Mas kalau ciri ciri bertelur gmn

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      Kalo di pegang pinggang terasa besar mas. Terus kalo di raba bagian duburnya akan terasa ada telurnya.

      Reply
  10. hafizh4 years ago

    Mas jual kandang merpati ga

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      lokasi dimana? sms aja 089615441132. temen saya yang suka bikin nanti bisa di pesankan

      Reply
  11. gugun4 years ago

    Gan merpati gwa giring mya susah,,,,cara tercepat gmana gan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      Banyak om caranya. Tapi intinya gimana supaya burung itu nyaman. faktorny ad 3. makanan, lingkungan nyaman, sehat. Kalo sudah terpenuhi nanti juga mau giring. cara mudahnya umbar aja biar mau kawin

      Reply
  12. Pambudi4 years ago

    Mas cara mengatasi merpati stres

    Reply
    • Campuh cari pulush4 years ago

      bisa anda coba dengan memandikannya lalu keringkan di bawah trik sinar matahari langsung sesudah bulu merpati sudah kering dan rapih simpan di dalam kardus tanpa cahaya selama 2 minggu tapi ingat kasih makan entar mati lagi kalau tidak di kasih. (PENGALAMAN SAYA)

      Reply
  13. Pambudi4 years ago

    Kenapa merpati saya tidak mau keket keras

    Reply
  14. Abdullah4 years ago

    gan kenapa merpati sy tdk bertelur???

    Reply
  15. syahril4 years ago

    mas, saya tertarik dengan merpati teman saya…. rencana saya mau membelinya, merpatinya bagus menurut saya. tetapi merpatinya galak ke majikan… ciri2 galak seperti itu gmn? apakah sifat galak mempengaruhi kualitas merpatinya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      nda apa-apa mas bagus ko merpati galak

      Reply
  16. rohim4 years ago

    mas sya punya burung baru beli terus langsung mandiin terus langsung saya sekappp ituh cepet giring gak sih mas ???

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      bisa mas, asal rajin kawin 3-4 hari nanti insya allah giring

      Reply
  17. yan4 years ago

    mas saya punya burung, udah jodo kok ga mau giring ya?..

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      burung barukah? jika iya biasanya burung baru butuh adaptasi mas. Kalo saya lebih suka di ubarin dulu dampe nelor, kalo sudah nelor baru di cabut setelah seminggu insya allah giring mas.

      Reply
  18. zikra4 years ago

    Gan knp burung saya telurnya pecah padahal lagi ngerem habis itu burungnya jadi aneh

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      mungkin setres itu om. anehnya kenapa?

      Reply
  19. Akmal4 years ago

    gan ane Mo nanya, kenpa merpatiku Kok lambat Siklus Nelornya, Gmn Cranya agar merpati ku jadi rajin nelor?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      Cari tahu dulu penyebabnya baca: merpati tidak mau bertelur. Atur agar merpati rajin kawin dan berikan grit/asinan bagi merpati

      Reply
  20. ady4 years ago

    Mas…mau tanya? 2 Pasang merpati saya sedang bertelur bersamaan, apakah bisa menitipkan telurnya ke merpati laiinya, jd sekaligus ngeram 4 telur. Apakah bisa seperti itu…?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      Bisa mas. Itu namanya sistem babu. Tapi ga bole sekaligus 4, karena burung ga akan kuat dan anaknya ga ke urus nantinya. maksimal 2 saja.

      Reply
  21. setyo4 years ago

    Mas apakah bisa merpati pos di jodohkan merpati kolong

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      Bisa mas.

      Reply
  22. ezha4 years ago

    gan knpa merpati saya lama bertelur..?! padal kwin melulu.. tp si janta sudah ngakut/biin sarang.. dan knpa gax giring..?! padahl udh jodo n kawin

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      Sabar mas butuh proses. Coba tunggu 3 harian biasanya setelah 3 hari burung giring.

      Reply
  23. yuli4 years ago

    mas kasih tau dong resep obat burung dara cepat giring dan bahan nya serta cara pembuatan nya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      kalo saya ga biasa pake obat2an om. di umbar juga giring sendiri. tapi kalo mau ramuan bisa pake herbal aja. kaya madu klanceng, taykham, kencur dll

      Reply
  24. Udin4 years ago

    Om saya mau nannya, kan burung merpati sya jantannya ilang sedangkan sang betina mau bertelur gmna klo d kawinkan sma jantan lain bisa gx

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      Bisa om, tapi biasanya nelornya ga jadi/mundur atau kalo nelor juga blom tentu di eramin. Kecuali sudah jodoh sebelum bertelur.

      Reply
  25. Qomari4 years ago

    Kalo burung dara sudah giring kemudian si jantan tidak mau ke betinanya itu masalahnya apa ya..gan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      ya itu belum giring namanya om

      Reply
      • Idho3 years ago

        Mas gini kan brung saya baru nelor hari ini terus saya cabut gimana itu ya mas tapi kok jantannya gag mau lirik betinanya malah ngeliruk betina lain solusinya mas

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang3 years ago

          makanya kalo cabut tunggu satu minggu om.

          Reply
  26. andrew4 years ago

    Mas,mau tanya kalomarpati 1x nelor brpa biji?
    Soalnya merpati saya cuma1 biji,ini udah masuk ke 2 hari,,kira kira masih mau nambah ga mas?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      normalnya 2 om. biasanya sore nelor lagi. bedanya 1-3 hari jarak telor 1 sama 2.

      Reply
  27. zaky agustino4 years ago

    Mas merpati sy tlur nya pch smua. Tp blm smpat buat sarang. Burung nya sy taro d kardus. Baru beli burung ya. Sya gnti tlur burng lain tp g mau d erami mas. Bs rusak g mas burung nya.

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      gpp om. Paling cuma setres dikit. nanti juga normal lagi

      Reply
  28. Zikra4 years ago

    Mas saya punya burung betina tapi gak bisa dikawinin sama semua jantan malah jadinya berantem gimana ya mas caranya

    Reply
  29. peter4 years ago

    Mas ciri2 betina mau bertelur kaya gimana? Saya punya burung dara kawin mulu tpi ga nelor2 udh 7 hari

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      Badannya agak gede kalo di pegang om, terus capit urang agak melebar

      Reply
  30. peter4 years ago

    Trs ciri2 jantan nya gmn mas klo betina.nya.mau nelor?

    Reply
  31. Pambudi4 years ago

    Mas
    kalo merpati bulunya pecah. Cara penangananya gimana

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      Ga bisa di obatin kalo pecah, tapi di tunggu sampai ganti bulu, atau jika bulu ekor cabut saja. jika bulu sayap jangan

      Reply
      • peter4 years ago

        Mas klo telor burung retak dkit apakah masih bisa menetas?pdahal di eramin trus sm betina.nya

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang4 years ago

          masih bisa om asal selaput didalamnya tidak robek

          Reply
      • angga4 years ago

        Mas kalo telurnya retak dkit apakah masih bisa netas? Pdahal di eramin trs

        Reply
      • angga4 years ago

        Mas kalo telor nya retak dikit apakah masih bisa menetas? Pdahal di eramin trs sm betina nya

        Reply
  32. punk3 years ago

    bos merpati sy ko lama g giring2 y
    cr giringin gimn

    Reply
  33. Hilal3 years ago

    Mas saya punya burung, tapi kalo terbang, terbang nya rendah, paling cuman setinggi atap rumah orang, se meter dari genteng rumah, gimana cara nya supaya burung kalo lagi terbang terbang nya tinggi? Mohon jawaban nya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      dilatih dari jarak dekat dulu mas. kalo burungnya rewel itu udah sifatnya

      Reply
  34. angga3 years ago

    Gan kira2 merpati bertelur? Berapa telurnya gan?

    Reply
  35. wahyu3 years ago

    bang saya punya burung udah girang, tapi kalo buat main gk berani k betinanya . gimana solusinya ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      ga berani karena takut tangan atau gimana? atau giriingnya masih jelek?

      Reply
  36. anif3 years ago

    mas gimana kalo cabut telor’a cuman 3hari apakah ada efek nya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      sesekali sih ga pengaruh, tapi kalo sering tenaga burung ga maksimal karena istirahat kurang, giring bisa jelek karena jarak trlalu cepat

      Reply
  37. angga3 years ago

    Gan burung saya kn gak mau ngeramin, skaligus 3telor dieramin ke merpati yg dewasa bisa gak?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      bisa tapi kurang bagus.

      Reply
  38. stefan3 years ago

    OM tempat saya dah bertelur 1 tapi kok telur yg kedua lama ya keluarnya ya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      paling lama jeda 3 hari om yg saya temui, bisa juga burung hanya bertelur 1

      Reply
  39. dro3 years ago

    gan kegunaan kencur buat merpati apa ya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Memperlancar pencernaan, menjaga organ dalam, menjaga kesehatan bisa om. Dampaknya kalo burung sehat bisa maksimal kerja

      Reply
  40. Muhammad farid3 years ago

    Kenapa burung dara jantan sama jantan brantem pas di umbar kandang
    Ada solusinya ga biar burung nya ga berantem

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Biarkan saja sampai ada yang kalah 😀

      Reply
      • Muhammad farid3 years ago

        Tapi kalau bedarah ?

        Reply
      • Muhammad farid3 years ago

        Tapi berhenti ga berantemnya

        Reply
    • Muhammad farid3 years ago

      Solusinyaa dong

      Reply
      • Author

        Pecinta Binatang3 years ago

        Solusinya 1. Pisahin burungnya, dan kondisi kandang juga disekat jgn disatukan 2. biarkan berkelahi sampai ada yang menang. mau berdarah mau apa biarkan secara alami kalo saya gitu. Ga ada solusi lain, karena tetap saja akan berkelahi karena rebutan daerah kekuasaan

        Reply
    • Muhammad farid3 years ago

      BERHENTI GAAK BERANTEMNYA

      Reply
      • Indra3 years ago

        ini kok kalo nanya, diulang ulang terus. kalo gak mau berantem pake solusi yg pertama. klo mau ambil solusi kedua ya tunggu sampai ada yang menang.

        Reply
  41. Dimas3 years ago

    Om kalo telur burung dara terkena air masih bisa jadi anak ga ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      masih om, asal tidak terlalu lama

      Reply
      • Dimas3 years ago

        Tidak terlalu lama apaan om ?

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang3 years ago

          terkenanya. kalo seharian ya telur bisa busuk

          Reply
  42. Ir raid3 years ago

    Gan kalo telor burung dara terkena air masih bisa jadi piyik ga ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      bisa kok, asal jangan kelamaan kena airnya

      Reply
  43. Cara merawat burung merpati kipas | Kicau Mania3 years ago

    […] membuatkan pagupon yang berukuran besar kemudian kita sekat nantinya persekatan akan kita isi burung merpati satu buah pertempat tetapi kita harus memperhatikan ukuranya untuk ukuran sekatan jangan sampai […]

    Reply
  44. sangkeng3 years ago

    bos kenapa burung dara saya bertelur cuman 1 ko uda 5hari ga nambah lagi,kan normalnya 2 bos..kenapa sama burung saya bos

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kadang satu kadang dua, kalo satu ya normal juga. ga kenapa-kenapa

      Reply
      • Pendo3 years ago

        Mas.,umur merpati ketika tdk mampu produk lagi,umur brapa tahun,trus ciriny bgmn,?trmksh

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang3 years ago

          Macem-macem, tapi rata-rata di sekitaran umur 10 tahunan keatas. Kalo ciri-ciri fisik susah ya, harus di test.

          Reply
  45. jellang3 years ago

    gan,kalo burungnya ngeliat gimana

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      ga apa-apa ga masalah

      Reply
  46. jellang3 years ago

    saya punya burung mata air sudah mengeram 2 minggu telurnya pecah terus saya pecahin gimana cara giringinnya lagi?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      umbar, biarkan saja nanti giring sendiri

      Reply
  47. M FARIZ3 years ago

    om knapa burung jantan sya galak setiap sya pengen ngambil betinanya,tapi aneh nya betina nya yg pas saya pengen ambil diam aja kya lagi ngeram,itu tanda2x pengen bertelur ya..betina nya dah lmayan gendut sihh…itu knapa ya om???????

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      ga ada apa-apa normal ko burung galak, galak karena kita masuk daerahnya jadi ya di patok. Ya kalo duduk saja di atas sarang bisa jadi tanda mau bertelur, tp bisa aja burung lagi cape trus hanya duduk2 biasa.

      Reply
  48. Aom3 years ago

    Kalau cabut telur saat pngrmn baru 2hari bisa bikin burung stres ga mas?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      bisa mas, yang paling bisa burung kadang giring ga keras seperti biasa

      Reply
  49. ilham wahyudi3 years ago

    om kenapa burung merpati saya gg mau ngeramin telurnya om ?? grgr saya pindahin kandngnya ? itu cara mengatasinya gimana om ?? , trs ko merpati saya juga udh teloran 1 tapi nungguin teloran lagi lama udh 3 hari lebih .. itu cara ngatasi biar telornya cpt nambah 1 lagi gimana om?? please help:(

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Ya susah om, kalo pindahin kandang emang kadang ada burung yang ga mau ngeremin. Harusnya tunggu sampai netes baru di pindahin.

      Reply
  50. Malil3 years ago

    Saya beli burung giringan tapi kata temen saya kalaw burung itu di masukin kandang yg luas akan pecah giringan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      tergantung kebiasaannya om, kalo sudah biasa di kandang luas ga bakalan abis, asal siklusnya benar dan perawatannya benar

      Reply
      • wahyu3 years ago

        Mas, kira kira umur berapa merpati bisa di giring

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang3 years ago

          kira-kira umur 3-4 bulan. Posisi Lar 5 keatas. Tapi kadang lar muda juga ada yang sudah bisa giring. umumnya lar 3

          Reply
          • wahyu3 years ago

            mas,lar itu apa ya

          • wahyu3 years ago

            mas,,burung saya patah sayap karna digigit tikus,apakah masih bisa terbang lagi

          • wahyu3 years ago

            mas,,merpati saya sayapnya patah,karna digigit tikus,apakah kemungkinan besar masih bisa terbang?

  51. suhada jagapura3 years ago

    mas kenapa burung dara saya telur nya ga jfu trus…

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Coba pecahkan telur, apakah berbau busuk atau tidak, terus lihat adakah janin burung atau tidak didalamnya, insya allah nanti saya posting

      Reply
  52. abeng3 years ago

    om,,cara membedakan piyik jantan dengan betina gimana ya,,

    Reply
  53. icang3 years ago

    gan kan merpati udah 7 hari ngeram. terus saya cabut, udah saya mandiin tapi tetep susah giring nnti paling giring nya 2 hari sebelum bertelur lagi.? gi mna solusinya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      tunggu sampai 3-4 hari nanti giring sendiri kok, semakin sering kawin semakin bagus. kalo g mau giring coba ganti betina geber kalo tetap seperti itu mungkin sudah wataknya, ganti saja 😀

      Reply
  54. muhamad dhayen3 years ago

    mas kalau merpati di tempatkan di dalam kardus trus bisa nelor ga mas, padahal udah kawin beberapa kali

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      bisa saja mas asal kawinnya bener dan makanan serta kebutuhannya tercukupi

      Reply
  55. hasyim3 years ago

    Bagaimana klau merpati bertelur di kardus mas???, butuh solusinya mas

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      ya nda apa-apa. Tapi kurang bagus

      Reply
  56. muhamad dhayen3 years ago

    OK.. sip makasih mas atas info nya,
    tadi saya udah di coba buat di giringin tapi belom berani ke tangan langsung,
    klw begitu itu gimana mas apah harus di latih trus.
    sekalian mas minta nmr hp nya dong

    Reply
  57. muhamad dhayen3 years ago

    OK.. sippp mas makasih
    saya tadi mencoba ngegiringin tapi belum berani ke tangan, cara nya harus giman apah harus di latih terus

    Reply
  58. muhamad dhayen3 years ago

    ok sipp mas makasih ya mas

    Reply
  59. akib3 years ago

    gan mungkinkah burung jantan tidak mengerami telurny secara begantian dgn betina(betina trus yg mengerami telur nya)

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      mungkin aja. tp selma bertahun2 sy blm nemu. cma jantannya males2an ada 😀

      Reply
  60. Ryan aldino3 years ago

    Om mau nnyak nii.. Klau merpati Liar tuhh bisa di Giringin ??

    Reply
  61. Ahmad Kurniawan3 years ago

    mas bro burung saya kan cewe , baru gede , lama gak bertelurnya ????

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      umur 3-4 bulan baru bisa

      Reply
  62. ryan3 years ago

    MAksih bang udh ngasih informasinya..

    Reply
  63. dion3 years ago

    mass merpati saya kan nelor trus yng betina nya mati apahh bisa ituh telor nya netes, trus kalaw di ganti betina nya bisa ngerem ga betina sama jantan nya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Ga bakal di eremin mas

      Reply
  64. irvan3 years ago

    Merpati itu klo bertelur brapa kali mas ?? Biar keket lgi gmana mas ?? Minta solusinya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Berapa kalinya tergantung ngatur siklusnya. biat keket lagi ya setelah seminggu ambil telurnya, lalu biarkan

      Reply
  65. Putra Sandy3 years ago

    Om burung saya giring kandang truss ngak mau giring sama betinanya …kenapa ya ??..

    Reply
  66. Putra Sandy3 years ago

    om burung saya kok ngak mau nelor ..apa harus buatin sarang sendiri /Biar dia yg cari alang2 dan ranting kayu ..padahal udh saya umbar tiap harii tapi mau nya masuk kandang truuss..gmn om solusinya ??…

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Kalo dilihat dari kasusnya burung sedang adaptasi, biasanya membutuhkan banyak waktu (bisa berbulan-bulan), biarkan saja dulu diumbar kalo keliatan kawin berarti bagus. kalo sudah lama tidak kawin maka pisahkan dulu dengan betinanya seminggu sampai dia khilangan lalu satukan lagi. Masuk kandang ya ga apa-apa wajar asal jangan masuk kandang orang 😀

      Reply
  67. Andhy3 years ago

    Bro gue pengen nanya kok telur burung merpati gua gk netas netas padahal dah 22 Hari di eramin

    Reply
  68. adit3 years ago

    Mau tanya mas kalau burungnya bertelur dn sudah menetas apakah akan giring lagi

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      insya allah bakal giring lagi mas, siklusnya berputar

      Reply
  69. dion3 years ago

    mas kan merpati saya udah di ganti betina nya tapi betina nya takut ma jantan nya padaha jantan nya sangat nafsu sama betina nya
    gimana itu solusi nya mas

    Reply
  70. rizko3 years ago

    Mas mau nanya ,, saya memelihara burung dara di deket Kali,, kenapa burung dara yang baru saya beli sukanya minum air kali,, sedangkan burung dara yang sudah lama saya beli sukanya minum air bersih, menurut saya itu tidak bgus bagi burung saya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      mungkin belum terbiasa dan belu tau tempat minumnya mas. lama-lama juga ngikutin yang lain, usir aja kalo mau minu di kali

      Reply
  71. bagas3 years ago

    Om mau nanya nih,,,burung saya kan bertelur , posisi si jantan sudah melihat telur nya , tapi telur nya saya ambil , lalu saya buang , Terus kondisi burung bakal gmana ya om???

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kurang istirahat om kasian

      Reply
  72. bagas apriaji3 years ago

    Mas mau nanya nih,, burung saya kan bertelur,, posisi si jantan sudah melihat telur nya,, nah telur nya saya ambil depan si jantan,, lalu saya buang telur nya , dan belum sempat mengeramkan,, terus kondisi merpati bakal kaya gmana ya om jadi nya???

    “mohon bantuan nya ya om”
    TERIMAKASIH

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      jangan egois om burung terus disiruh giring, burung juga butuh istirahat. Biarin aja ngere minimal seminggulah. Kalo terus seperti itu burung bakal lelah dan bisa rusah karena salah latih

      Reply
  73. syawal3 years ago

    om apakah makanan mempengaruhi warna keturunan ???

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      ngga om, yang paling mempengaruhi sih gen indukan

      Reply
    • siharMC3 years ago

      Gan klo baru 1 hari plangsung di lepas kira² balik lagi gk

      Reply
      • Author

        Pecinta Binatang3 years ago

        kemungkinan besar engga 😀

        Reply
  74. m.adil3 years ago

    om.. klo ane nemu burung dara tapi dia gak terbang,truss dia dieem aja itu knapa ya?apa sakit atau apa?
    #mohon jawab
    #pemula

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Bisa diinfokan keadaannya? apakah ada luka fisik? Burung lemas? Atau apa? Saya tidak bisa menjawab kalo ga tau keadaannya 😀

      Reply
      • m.adil3 years ago

        klo diliat sih gak ada luka fisik,kalo lemas sih biasa saja,tapi dia gak mau makan dan minum?
        #mohon dijawab

        Reply
  75. bayu.s3 years ago

    bang merpati saya udah sya jodohin tapi susah kawin.padahal btina sama jntan dah saling loloh2an(kiss)berulang kali tapi yang jantan susah kawin/gak mau naik ke btinanya .solusinya gmanatu bang?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      hehee itu sih faktor burungnya, coba di umbar aja 😀

      Reply
  76. alief3 years ago

    tau aha

    Reply
  77. chu3 years ago

    Merpatiku gak giring2 udah lebih 1bulan

    Reply
  78. Ade Motor3 years ago

    Gan telur ane baru 3 hari tpi rusak yaudah ane cabut trus ane goreng
    Masih bisa giring gk

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Bisa om

      Reply
  79. miftah3 years ago

    agan mau nanya, saya beli merpati putih baru sepasang, sdh 6 hari saya kurung dan sdh mulai pacaran, saya umbar yg jantan ternyata betina juga keluar tnpa sengaja,saya tidak berani lg keatap dan masukin betina takut mreka kaget dan trauma, mrrka trlihat santai diatas kurungan diatap rumah saya sekitar 15 menit, dan tiba tiba terbang jauh berdua, apakah merpati lepas dan balik lagi? mhn masukan agan

    Reply
  80. miftah3 years ago

    gan, saat merpati jantan bekur sore hari dan malam pada kandang penjodohan ko tiba2 sibetina membalas dgn suara mirip bekur juga, apakah mreka keduanya jantan? atau memang ada suara mirip bekur juga pada betina?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      memang seperti itu mas, betina juga bisa bekur

      Reply
      • rifky3 years ago

        gan kok burung gw pas belum pengen nelur kenceng gan tapi kok pas udh ngankut kok jadi pelan dikit gan aturan lawan burung temen saya menang malah jadi kalah gan napa ya ?

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang3 years ago

          kalo burung lagi giring jangan di umbar dulu. Aturannya 1.pagi jemur 2.lalu sekap jangan sampe kawin 3.siang/sore mainkan 4. sore kawinkan >> melatih merpati balap

          Reply
  81. rifky3 years ago

    gan burung saya kan yg kemarin giring ilang cewean saya belorok gan nah terus saya beli burung lagi ya lakian pupur masuk gk gan

    Reply
  82. adit3 years ago

    gan burung saya kan pupur masuk nya sama apa ya ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kalo saya liat warna indukannya

      Reply
  83. anju3 years ago

    bang coklat sama belorok masuk gk

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kalo jantannya sukamah masuk-masuk aja

      Reply
  84. itol3 years ago

    bang burung saya kan pupur ngawang bang lalu nyangkut nya di rumah temen saya bang kok bisa giring bang burung saya ama temen saya padahal di umbar bang napa ya kok bisa giring ? tolong jawab bang

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      burungnya suka kali sama cwean temen. ya bisa giring jadinya

      Reply
  85. muhammad73 years ago

    gan. Kok merpati gw setelah cium-ciuman , si betina gk mau jonkok yh??? Pdhal si pejantan udah mau naik bget.

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      belum mau kali gan,yg kaya gini mah ane ga tau solusinya 😀

      Reply
  86. deedee3 years ago

    om, siklus giring ini harinya sudah fix ya om giringnya?, maksudku masa giring 3-4 hari itu hanya di hari kamis sampai minggu, di hari lainnya tidak bisa giring, maaf newbie om..

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      iya betul itu

      Reply
  87. irwan3 years ago

    om ciri ciri burung dara mau bertelur gimana

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      yang betina biasanya duduk nyari pojokan yang nyaman.

      Reply
  88. angga fernando3 years ago

    cara mengusir tikus dari sarang kandang burung merpati gimana ?

    Reply
  89. FIO BAGUS3 years ago

    Gan jika sudah dierami telurnya lalu diambil lalu telurnya diapakan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      terserah mau di apakan, kalo saya sih buang aja

      Reply
  90. mukhlis naufal3 years ago

    mas kalok cabut telur baru 3-4 hari jadi stress gk ya.. trs apa efeknya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      ngga kok, ya biasanya sehari sih agak bingung merpatinya, tapi kesananya normal.

      Reply
  91. ervian3 years ago

    Bang numpang Tanya kalo Merpati lgi ngeram yg ngeram cuma betina nya aja jantan nya jarang ikut ngeram itu kenapa bang? Dan boleh kah Merpati nya di umbar bang ? Please jawab dong

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      telornya sudah 2? kalo sudah 2 biasanya jantan juga ngeremin. jadwalnya biasanya pagi betina, siang jantan, sore betina.

      Reply
  92. Tio3 years ago

    Mas kalo telur nya di biarin netas bisa giring lagi gak?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      bisa, tapi nuggu anaknya agak besaran umur 2-3 minggu

      Reply
  93. Acid United BF3 years ago

    Permisi ,maaf mau tanya ,saya beli merpati saat giring giringnya dan sudah mau mencok ke betinanya , kalau di jadwal siklus itu masa giring 4 hari habis itu bertelur ,tapi punya saya kok gak bertelur dan malah sekarang gak mau ngejar betinanya mas ? minta solusinya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      siklus merpati ini berlaku bagi burung yang sudah adaptasi sama lingkungan, jika burung baru biasanya agak lama, (paling lama 3 bulan buat adaptasi, dari pngalam saya). Jadi saran saya burung di umbar aja, jangan lupa asupan makan yang cukup dan jangan lupa diberi grit merpati

      Reply
  94. pesa3 years ago

    Gan ane punya burung yg bagus ane pengen punya anakan burung yang punya karakter sama dengan indukannya tapi masalahnya dari pertama sampe sekarang sudah hampir 10 tahun lebih dan sudah bantak keturunannya tapi tidak ada yg punya karakter sama padahal ane udah coba juga pake cwe burung yang berbeda tolong solusinya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      susah gan hehe, breeding itu emang misterius. cwean burung harus berkualitas, dan jika ingin sama coba menggunakan teknik genetik breeding

      Reply
  95. Fauzan3 years ago

    Bang mau nanya ni klau burung menegerami telurnya sampai menetas bisa giring lagi gak,tanpa proses pengawinan,bisa langsung dimainin gak saat telurnya udah umur 2-3 mingguan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kalo telurnya masih di erami ga bakal bisa. Telurnya harus dicabut dulu dan dikawinkan.

      Reply
  96. Fauzan3 years ago

    Cara agar merpati balap bisa giring lagi stelah bertelur gmana

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      ga harus gimana2 cukup satukan saja biar kawin atau umbar saja 3-4 hari giring lagi insya allah

      Reply
  97. ocoh3 years ago

    Gan mau nanya biasanya piyik bisa bekur berpa lama ya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      3-4 bulan om

      Reply
  98. mareno putra3 years ago

    mas saya mau tanya.
    burung dara saya tidak mau sanggan lagi kenapa ya mas tidak giring lagi cuman mau nutul nutul kebetina nya aja engga mau terbang ke betina,gara gara nya habis nelor aku cabut mas.gimana ya mas butuh solusi nya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      nelornya berapa hari pas d cabut? terus baru berapa hari sanggannya?

      Reply
  99. rozaq3 years ago

    numpang nanya, merpati saya sudah 10 hari kawin tapi belum bertelur, itu kenapa ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      perlu waktu mas, biasanya seminggu baru nelur itu kalo sedang subur. Beri vitamin grit dan lainnya

      Reply
  100. berdi3 years ago

    Bang burung saya udh jodoh, tpi pas besok nya malah digalakin sama jantan nya sampe betina nya bonyok, gimana cara ngatasi nya Bang?, supaya yg jantannya gk ngegalakin yg betinanya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      yakin itu sudah jodoh? kalo masih matok berarti belum jodoh atau mungkin sudah giring kali om

      Reply
  101. bintang3 years ago

    Bang saya punya burung udh giring gk saya. Mainin 2 hari kok pas saya mainin jd gk berani mangkat padahal udh di cemburuin

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      udah abis giringannya kali mas

      Reply
  102. uciell3 years ago

    Mas gua mau nanya gimnh yah cara mengatasi merpati yang telat bertelur

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Coba baca dulu penyebab merpati tidak bertelur. Tips saya kasih natur E pas cabut telor, Grit siap sedia kapan saja.

      Reply
  103. alifan dwi putra3 years ago

    Mas kalo merpati saya yang baru bertelur 3 hari trus di pecahin di depan betina sama jalunya bisa giring lagi ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      bisa mas. tapi saran saya jangan. burung kurang maksimal istirahatnya. Barangkali giringnya jelek nanti

      Reply
  104. alifan3 years ago

    mas kalo telur yang di ngeram sama merpati trus di pecahin sma saya ,baru 3 hari umur telurnya

    trus bisa giring lagi ga ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      bisa, tapi ga saya rekomendasikan. kalo keseringan bisa ngerusak burung dan giring kurang bagus

      Reply
  105. Bang Ophets3 years ago

    Assalamualaikum gan. Saya mau nanya nih.. burung dara itu brp kali kawin agar betinanya segera bertelur. Thx..

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      waalaykummussalam, sebanyak-banyaknya mas. 🙂

      Reply
      • Bang Ophets3 years ago

        Mas sekedar masukkan. Itu link related postnya kalo di klik baliknya kesini sini lagi. Mas gak centang “buka di tab baru” ya wkt insert linknya?

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang3 years ago

          thnks masukannya. tapi setelah di test normal kok..

          Reply
  106. Andriyahsyah3 years ago

    Ko merpati Saya yang jantan ga mau nemplok ke betina nya tpi Kalo Dipanasin sama Jantan Lain Nya Baru mau nemplok ke betina nya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      giringnya belum stabil. baru jodoh atau masi piyik om? coba di suruh nelor dulu

      Reply
  107. hazim3 years ago

    mohon solusinya merpati saya sudah giring keras tapi pas waktu di kelepek malah diem di depan gak di betinanya

    Reply
  108. Acid United BF3 years ago

    permisi ,mas kenapa ya merpati saya jadi gak giring ,padahal sebelumnya giring , dan sekarang gk giring tapi betinanya blm bertelur itu kenapa ya , ataukah over latihan bisa berdampak begitu?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      bisa jadi. bisa juga karena masa giringnya sudah habis. masa giring biasanya hanya 4-7 hari. setelah itu biasanya giringan bisa ilang atau berkurang

      Reply
  109. Nomyx3 years ago

    Permisi mas mau tanya kalo udah cabut telor besoknya di kasih jamu fk mas

    Reply
  110. gekha3 years ago

    Burung baru , udah d kurung seminggu lebih , pas d lepasin , laki ny balik bini ny piknik , ap bakal balik lg tuh bini ny

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kurang tau kalo itu mas 😀

      Reply
  111. wahyu3 years ago

    Mas mau tanya ni, merpati tinggian saya ko telurnya kasar y ada keraknya putih gitu d cangkang telurnya biasanya kan telur merpati halus tpi ini kasar. Tau gg knp itu mas..

    Reply
  112. andika3 years ago

    gan numpang nanya merpati kolongan saya kan sudah giring udah itu merpati saya bertelur sesudah itu malah gak mau giring lagi gimana ya gan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      normal lah. baca dan pahami siklus diatas sudah jelas kok

      Reply
  113. andika3 years ago

    Gan gimana cara biar merpati biasa gua bisa giring

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      bisa dipahami siklus diatas saya rasa sudah cukup jelas

      Reply
  114. Daffa Al-At's3 years ago

    Bang?Gua mao nannya nih. Burung gua kan baru nelor 1, ko jarang di keremin ya? Kira kira waktu netes telornya berapa lama? Terus juga kalo dari netes brapa lama bisa dimaenin anakannya? Terus juga bisa digiringin lagih kan betina sama jantannya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      wajar, telornya baru satu emang gitu nanti kalo sudah 2 baru di eramin. 18 harian, anaknya dewasa 3-4 bulanan. bisa kok, nanti anaknya aga gede dikit juga giring lagi

      Reply
  115. Aldofa3 years ago

    Mas caranya merpati biar bertelur gimana

    Reply
  116. Aldofa3 years ago

    Kali di tarih di pagupon mggak di keluarin mau bertelur enggak paguponnya besar saya kasih makan dan minum

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      sesekali dikeluarin om.

      Reply
  117. fajar3 years ago

    Bang cabut telur nya berapa hari

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      seminggu

      Reply
  118. Rival3 years ago

    Bang mau nanya, kalo burung merpati pos disilangin sama merpati kipas bisa banh

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      bisa saja mas kalo merpatinya mau sih

      Reply
  119. Rival3 years ago

    Terus bang klo aku ngasih makannya pakai kacang ijo aja bang, apa bgus a bang

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      lebih baik dicampur jagung, biar kandungannya seimbang.

      Reply
  120. ABIL3 years ago

    Bang mau tanya, saya baru beli burung udah 2 minggu lahh lakian sama cewean saya taro satu kandang, tapi ko kaya belom giring ya mas ? Terus ceweannya galak sama lakiannya
    Mohon bantuannya

    Reply
  121. andri3 years ago

    Bang ngatasin betina telat bertelur gimana padahal sebelumnya bertelur rutin. Apa perlu di kasih obat kalau boleh tau nama obatnya apa biar merpati subur

    Reply
  122. andri3 years ago

    Bang mau tanya kalo cabut bulu ekor piyik bagusnya lar ke berapa? Terus berapa kali cabut bulu ekor?

    Reply
  123. andri3 years ago

    Bang kalo mengatasi jantan mandul gimana

    Reply
  124. andri3 years ago

    Bang cara membedakan merpati tinggi dan dasar gimana ya bang?

    Reply
  125. Hernan3 years ago

    Gan.malam nie saya liat merpati saya bertelor 1 tapi pas saya ambil suami nta keluar baru nampak telor nya jd saya pergi cari rumbut setelah itu jantannya mw saya tangkap tapi saya ga jadi soalnya saya mw ksih makan gan.tapi pad keluar merpati jantan ga tw ke mana gan ..nie kan malam gan ap bsk pagi dia bakal plg .sudah saya cari dari tadi ga nampak gan.jd solusi ny gmna gan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      wah kalo lepas mudah2an balik lagi mas 😀

      Reply
  126. Rifky3 years ago

    Merpati saya udah giring tapi saat di latih dia malah takut

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kalo piyik (merpati muda) wajar.

      Reply
  127. Rifky3 years ago

    Tapi umur nya 3 tahun dah bang

    Reply
  128. Ruslan Wijaya3 years ago

    Gan saya mau minta ilmu nya….gimana cara merawat merpati setelah cabut telur agar tetap bagus n giring…makasih gan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Pagi jemur, kacang masuk, probiotik masik, b komplek masuk, pakan bersih dan kandang bersih.

      Reply
      • jefri3 years ago

        biasa nya merpati klu tlor udah menetas berapa lama lg akan bertelor jika anak nya 1 mnngu kita ksih makan sendiri sendiri tnpa mengandalkan indukan?

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang3 years ago

          biarkan induknya ngeram sambil ngasih makan anaknya. Tapi kalo mau kaasih makan sendiri silahkan. Rekomendasi saya ambil saja telur induknya setelah 3 hari agar konsen meloloh

          Reply
          • dzaki3 years ago

            Gan kan merpati saya pas saya kandangin itu giring.pas bsk nya saya lepas bebas baru betina nya saya ambil kok saya geber nda mau giring lagi gan tolong solusinya

          • Author

            Pecinta Binatang3 years ago

            biar suruh bertelur dan ngeram dulu. kalo lagi giring sebisa mungkin jangan di umbar mas.

  129. Rizky Sunandar2 years ago

    Mas kalo burung udah terlanjur rusak gimana? Soalnya saya paksa buat giring terus. Cara memulihkannya gimana? Soalnya terbangnya jadi berubah total.

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      Kalo sudah rusak ada beberapa metode yang biasanya dipakai. 1. Istirahat FULL 2. Loloh + Istirahat detilnya mungkin saya akan post insya allah

      Reply
      • kadek yudhistira2 years ago

        Om kok burung merpati saya udah kawin terus yang jantanya udah bawa lidi lidi gitu om tapi kok betinanya nggak mau bertelur………
        Mohon solusinya ya om

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang2 years ago

          ditunggu saja mas biasanya ga lama lagi

          Reply
  130. kadek yudhistira2 years ago

    Tapi udah 8 bulan saya nunggu kok belum jungga bertelur

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      mandul bisa jadi. ganti aja

      Reply
  131. kadek yudhistira2 years ago

    Terus yang mana ganti yang jantan apa yang betina soalnya saya nggak tau yang mana mandul

    Reply
  132. kadek yudhistira2 years ago

    Terus yang mana harus di ganti yang jantan apa yang betina soalnya saya nggak tau yang mana mandul

    Reply
  133. QcheilJorasickAhaAha2 years ago

    Bang,numpang tanya? Burung saya kemaren kawin, tapi baru hari ini saya sekap.
    Apa itu bisa giring?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      bisa beberapa hari lagi paling, ditunggu aaja

      Reply
  134. Rival2 years ago

    bang mau nanya, telur merpati saya sdh 19 hari terus warna agak kehitam-hitaman gitu apa kh bisa netas bang. saya baru pemula

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      ditunggu aja mas kalo ada isinya insya allah netas, kalo gagal nanti di tinggal induknya

      Reply
  135. Aldo2 years ago

    Om mau nanya, saya punya sepasang merpati, kemarin saya lihat kawin (cowo naikin betina), nah setelah itu gantian kawin nya (betina naikin cowo), yg saya tanyakan maksud dari kawin itu apa ya? Koq kawin nya bergantian seperti itu? Terimakasih

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      normal mas, ya itu gayanya mereka, ga ada yang aneh, gaya merpati kawin beda-beda

      Reply
  136. Puttra marpaung2 years ago

    Bang izin mau tanya masih pemula .
    Burung saya udh hampir 1 bulan lebih tapi giliran saya latih terbang jauh dia ga mau ninggi maunya menclok di atap rumah orang terus . Knapa yaa ???

    Mohon infonya bang . Trima kasih .

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      kualitas giringnya jelek ga mas? suka menclok sebabnya banyak mas, bisa karena kurang hafal tempat, giring kurang bagus, atau karakter. coba latih pendek2 dulu sampe hafal tempat, kalo sudah karakter mnding ganti mas sayang waktu, cari yang giringannya bagus

      Reply
      • Puttra marpaung2 years ago

        Sbnrnya sih bang burung saya itu baru banget saya jodohin sama cwean lain nah pas saya jodohin beberapa hari langsung nelor cweannya makanya saya coba mainin saya lepas jauh buat tau rumah tapi malah menclok atap rumah sana sini bang .
        Saya jodohin sama cwean lain krna cwean dia sblumnya jelek bang .
        Kira kira kalo saya gandengin sama burung yang mau ninggi kirakira burung saya ikut ninggi ga bang ???? ..

        Mohon penjelasannya bang mksih sudah bls pesan saya sblumnya .

        Reply
        • Author

          Pecinta Binatang2 years ago

          kalo nelor ga bisa dimainin mas. nunggu giring dulu baru bisa dimainin

          Reply
          • Puttra marpaung2 years ago

            Ouh gitu yaa bang ,, terima kasih bang buat penjelasannya saya bener bener pemula jadi belum tau cara cara mainin burung dara .
            Kira kira kalo lagi ngeremin telor tapii masih saya mainin buat digandengin sama burung saya 1 lagi gmna tuh bang ???? .. menclok menclok ga bang kirakira ????

          • Puttra marpaung2 years ago

            Gmna bang bisa ga kirakira ????

          • Author

            Pecinta Binatang2 years ago

            menclok mas karena ga giring.

  137. Puttra marpaung2 years ago

    Ouh gituu yaa bang oke bang terima kasih buatt sarannya udh mau berbagi ?boleh saya minta kontaknya bbm , line , atau nmer tlpn bang buat nanya nanya lebih detail lagi ???? ..

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      kontak fanspage aja om, sama fast respon kok

      Reply
  138. Puttra marpaung2 years ago

    Oke baiklah bang terima kasih banyak buat infonya .
    Sama mau nanya nih bang , kok burung saya 1 pasang lagi saya umbar malah engga mau pulang kekandang yaa maunya tidur malem di atap rumah terus knapa itu yaa bang ???? ..
    Mohon infonya bang .

    Reply
  139. Dwi adi p2 years ago

    Jika merpati bertelur udah 1 tapi yang ke 2 belum ada padahal udah selang 1 hari

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      tunggu nanti juga nelor, biasa selang 1-3 hari

      Reply
  140. shabil2 years ago

    bang gimana cara cabut telor? bisa gak di pecahkan lalu harus udh berapa hari di cabut nya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      ambil telor sama sarangnya, lebih baik di malam hari (siang juga boleh), dicabut setelah seminggu. Dibaca kan ada keterangannya lengkap di postingan

      Reply
  141. Dwi adi p2 years ago

    Kalau telurnya cuma 1 gimana

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      gpp cuma 1 juga normal, tapi biasanya selang 2-3 hari nelor lagi

      Reply
  142. Dwi adi p2 years ago

    Udah selang 7 hari belum juga nelor lagi

    Reply
  143. rifqi2 years ago

    Omm mau tanya ,kalo burung dara jantan masuk kandang dan berkukur terus itu tandanya apa ya?
    Sedangkan betinanya cuman di atas kandang?
    Tolong solusinya 🙂

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      itu sih bukan masalah om, jantannya lagi godain betinanya 😀

      Reply
  144. rifqi2 years ago

    Ohh kalo tanda merpati mau bertelur jantannya yg buat sarang atau betinanya om?
    Makasi sebelumnya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      Mereka bekerja sama, jantan nyari sarang, betina dikandang nyusun sarang mas. Tapi betina juga kadang nagambil sarang.

      Reply
  145. rifqi2 years ago

    Makasi omm heheh.

    Reply
  146. bayu saputra2 years ago

    Nih mas mau nanyak kok cuman bertelur 1 ya burung saya….saya rabah udah gak keras telur di dalam nya…solusi gi mana bang

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      baru berapa hari? telur 1 sama telur kedua jaraknya 2-3 hari mas ditunggu aja. kalo ga keluar2 juga gpp ada juga yang telurnya 1 ga usah khawatir

      Reply
  147. Name * ilham2 years ago

    bang mau nanya burung piyik saya ko jadi ngga keket lgi yah padahal tadi nya keket , itu juga keket yg pertama kali nya nelor trus sya langsung cabut .. ko ngga keket keket lgi bang ? apa karena di gandeng tah ? soal nya waktu keket tuh langsng saya gandeng ama burung tua bang ? apa gejala di gandeng apa knpa bang ? mohon bantuan nyabang ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      kesalahannya bukan akrena di gandeng, tapi karena nyabut telornya. tunggu dulu 1 minggu jangn langsung di cabut telornya. Setelah cabut telor juga tunggu 3-5 hari nanti juga insya allah keket lagi.

      Reply
  148. Chameillia MB2 years ago

    Bang mau nanya..pas telur netas induk jantan sama betita malah berantem..bahkan si jantan kaya ngelindungi banget sama anaknya…

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      netasnya umur berapa? saya juga ngalamin tapi pas anaknya udah usia 2 mingguan. Saya taro di kandang yang aga gede, lama-lama ga diserang lagi

      Reply
  149. arfan2 years ago

    Mas sya mau nanya ,, kan saya beli burung merpati di tetangga trus rumahnya dket sma rumah saya ,, saya beli burung dalam keadaan giring ,pasti kan klo giring burung bentar lagi akan bertelor? Trus burungnya sya simpen dikandang yang agak besar kira-kira 50×50 karena saya takut klo merpati diumbar ntar balik lagi ke rumah tetangga saya ,, kira kira bakal bertelor dan mau ngeramin ngga yah mas klo merpatinya ngga diumbar???

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      insya allah bisa mas, asal burung bisa kawin di kandangnya. usahain kandangnya ada ruang buat kawin

      Reply
  150. ahmad2 years ago

    mas mau naya klau merpati yang sudah dikurung beberapa hari ketika dilepas terbang kejauhan ditinggal yang satu , truzz apa bisa kembali ke kandang nya?nggak di cari ggak ketumu klu ada solusi bagi pemula!

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      kalo ga tersesat biasanya balik lagi mas, tapi kalo dia nyasar biasanya ditangkep orang 😀

      Reply
  151. arfan2 years ago

    Kira kira kalau dikasih ranting ranting pohon kecil bakal dibikin sarang ngga mas sama merpatinya??

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      bisa mas, rantingnya ukuran lidi ya, lebih bagus kalo ada ranting bekas daun pete/albarsiah atau bekas serutan bambu biasanya paling suka

      Reply
  152. Raffi rabani1 year ago

    .mass?saya mau tanya,kenapa burung yg lelaki saya sudah mengumpulkan sarang,tetapi pas saya cek bagian bawah dari burung betina tidak ada telurnya,itu gimana mas?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang1 year ago

      sabar mas butuh proses nanti juga bertelur.

      Reply
  153. eddy1 year ago

    Mas merpati saya kan udah nelor 1 itu apa masih bisa untuk latihan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang1 year ago

      jangan, istirahatin mas

      Reply
  154. juns1 year ago

    mas merpati saya udah lot di giringan B, mau pindah ke giringan A gmn ya..?
    soalnya pas giringan A merpati saya lagi angrem

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang1 year ago

      anggremnya bikin jadi 2 minggu mas, jadi cabutnya minggu depannya

      Reply
  155. candra1 year ago

    Kenapa merpati saya gak giring padahal udah ngejodo

    Reply
  156. candra1 year ago

    Bang saya mau nanya kenapa yak telur merpati saya enggak menetas udah 19 hari pas dipecahin gak ada apapa cuman kuning telur

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang1 year ago

      itu telornya infertil mas, tidak ada isinya. Banyak sebabnya, mulai dari kesuburan, suhu, dll. Kalo saya biasanya ngeliat pas telur udah 10 hari. kalo masih bening biasanya telur kosong, kalo telur gelap biasanya ada isinya

      Reply
  157. candra1 year ago

    Bolehkah ngebabuin telur ke merpati yang tetelo.apa akan ada dampaknya tolong jawab?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang1 year ago

      dampaknya anaknya resiko bisa kena tetelo

      Reply
  158. candra1 year ago

    Apkah bisa ngejodoin merpati piyik dengan merpati dewasa

    Reply
  159. david8 months ago

    om koko merpti ku ngremin telurnya lama bgt lbh dri 3 mnguu

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang8 months ago

      biasanya gagal klo udah 3 mingu om. coba d ambil aja telurnya

      Reply
  160. irsya4 months ago

    Maaf mau tanya kenapa kalau merpati aku kalau udah mengeram telur 15hari kok malah telur nya dicucuki itu gmn? Mohon pencerahan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 months ago

      karakter mas atau burung stress. jangan diliatin terus, kalo masih gitu coba pisahkan dlu sama pasangannya terus jodohkan merpati lagi

      Reply

Leave a reply "Siklus Giring dan Bertelur Pada Burung Merpati"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top