piyik merpati

Cara Membedakan Piyik Merpati Jantan atau Betina

In Merpati 88949 views

Cara membedakan piyik merpati jantan atau betina bagi para penggemar pemula cukup sullit. Karena membedakan merpati jantan dan betina bagi yang belum terbiasa memerlukan beberapa trik atau cara dalam membedakannya. Tetapi jangan khawatir disini saya sudah memberikan beberapa ciri dalam membedakan merpati jantan dan betina jadi bisa menjadi patokan untuk membedakannya. Trik ini bisa digunakan untuk merpati yang masih piyik atau merpati dewasa.

Cara membedakan merpati jantan dan betina

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :

Bagian Leher

Cek bagian leher, bagian leher pada merpati jantan dan betina berbeda. Merpati jantan memiliki leher yang lebih lebar dari betina. Dan rata-rata merpati jantan mempunyai warna yang lebih mencolok dan lebih indah.

merpati-betina-300x225

Merpati Betina

merpati-jantan-300x225

Merpati Jantan

 

Sekilas terlihat sama tetapi jika diperhatikan lagi bagian tengah merpati betina menipis sedangkan merpati jantan melebar. Untuk yang dewasa tentu mudah yah, coba perhatikan untuk yang masih piyik. Belakang betina depan jantan.

piyik-merpati-300x224

Piyik Merpati

Bagian Anus

Bagian anus merpati, bisa juga jadi patokan dalam membedakan merpati jandan atau betina. Betina biasanya mempunyai anus yang sangat lembut karena untuk tempat bertelur maka anus betina lebih elastis. sedangkan yang jantan lebih tebal dan agak kasar.

Prilaku

Biasanya klo sudah bisa terbang dan makan sendiri Jantan lebih galak dari yang betina. Tapi sering juga betina lebih galak dari jantan faktor ini hanya 50% dari perkiraan.

Ukuran

Peratikan ukuran telur saat merati mengeram. Biasanya ukuran merpati yang akan keluar jantan lebih besar dan agak lancip. Sedangkan betina aga kecil dan bulat. Ukuran badan merpati jantan setelah menetas biasanya lebih besar dari pada merpati betina.

Nah diatas adalah beberapa kriteria untuk membedakan merpati jantan atau betina. Tetapi kriteria diatas tidak benar 100%. Karena merpati adalah makhluk hidup mereka mempunyai ciri-ciri dan bntuk fisik yang berbeda-beda. Seperti halnya manusia, ada yang bongsor ada juga yang kuntet. Tapi cara diatas adalah patokan dasar yang kemungkinan benarnya mendekati, jadi bagi yang bingung membedakan mana merpati jantan mana merpati betina bisa melihat beberapa kriteria diatas.

Untuk yang advance dan sudah biasa dengan merpati biasanya sudah bisa membedakannya hanya dengan melihat mukanya saja. Yah merpati jandan mukanya lebih garang dari betina dan lebih gagah terlihatnya. Sedangkan merpati betina terlihat lebih manis dan lucu hehehe. Nah selamat membedakam merpati jandan dan betina.

Tags: #betina #burung #jantan #Merpati

Mengawinkan Burung Merpati Sedarah Apakah Bagus?
Mengawinkan Burung Merpati Sedarah Apakah Bagus?
Mengawinkan Merpati Sedarah – Ada beberapa teman
Jual Ring Merpati Berbagai Model, Nama Atur Sendiri
Jual Ring Merpati Berbagai Model, Nama Atur Sendiri
Jual Ring Merpati – Ring merpati atau
Maksud dari Giringan A Giringan B Merpati Balap Koling Tinggi
Maksud dari Giringan A Giringan B Merpati Balap Koling Tinggi
Giringan A Giringan B Merpati – Pernahkah
Vitamin dan Suplemen Wajib Merpati Balap dan Tinggian Lomba
Vitamin dan Suplemen Wajib Merpati Balap dan Tinggian Lomba
Vitamin dan Suplemen Merpati Balap dan Tinggi
Makanan Burung Dara Merpati Balap dan Tinggi Lengkap
Makanan Burung Dara Merpati Balap dan Tinggi Lengkap
Makanan Burung Merpati – Makanan adalah salah
Perbedaan Burung Dara dan Merpati yang Benar
Perbedaan Burung Dara dan Merpati yang Benar
Perbedaan Burung Dara dan Merpati – Burung
2 Faktor Memilih Merpati Balap yang Bagus Berkualitas
2 Faktor Memilih Merpati Balap yang Bagus Berkualitas
Memilih Merpati Balap Berkualitas – Cara memilih
Memilih Burung Dara/Merpati Tinggian Kolong yang Bagus
Memilih Burung Dara/Merpati Tinggian Kolong yang Bagus
Memilih Burung Dara Bagus – Memilih burung
Beternak Merpati Balap dan Tinggian dengan Metode Genetic Breeding
Beternak Merpati Balap dan Tinggian dengan Metode Genetic Breeding
Berternak Merpati – Dalam beternak merpati Apakah itu
Warna Merpati Unik yang Jarang Terlihat
Warna Merpati Unik yang Jarang Terlihat
Warna Merpati Unik – Selain warna merpati
Memperbaiki Kinerja Merpati yang Menurun / Rusak
Memperbaiki Kinerja Merpati yang Menurun / Rusak
Kinerja Merpati Menurun – Barusan ada pesan masuk
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati Lengkap dari Piyik
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati Lengkap dari Piyik
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati – Kesempatan kali
Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Merpati
Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Merpati
Manfaat Probiotik Untuk Merpati – Setelah sebelumnya
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Merpati
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Merpati
Manfaat Cuka Bagi Merpati – Menjaga kesehatan
Tips Memelihara Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan
Tips Memelihara Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan
Memelihara Kesehatan Merpati – Musim pancaroba yaitu
Memilih Indukan Betina Merpati Balap yang baik
Memilih Indukan Betina Merpati Balap yang baik
Memilih Indukan Betina Merpati Balap – Permainan
Cara Mengganti Pasangan Merpati
Cara Mengganti Pasangan Merpati
Mengganti Pasangan Merpati – Sebagai penghobi merpati
Mengenal Merpati Balap Leonard Legendaris
Mengenal Merpati Balap Leonard Legendaris
Merpati balap leonard – Bagi para pemain
Pola Pemberian Jamu pada Merpati
Pola Pemberian Jamu pada Merpati
Pemberian jamu merpati – Dunia adokan merpati
Cabut Bulu Ekor Merpati dengan Benar
Cabut Bulu Ekor Merpati dengan Benar
Cabut bulu ekor merpati – Dalam memelihara
  1. Alif rohmatullah3 years ago

    saya tidak bisa membedakan jenisnya,coba bantu dong gan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      tunggu saja sampe besar om.

      Reply
  2. Aguss3 years ago

    Apakah klau masih ada bulu kuning bisa dibedakan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      dari ukurannya aja

      Reply
  3. Nurrul absory2 years ago

    Om saya punya jantan dewasa, betina piyik saya mau jodohkan, gimana… Gak masalah kan, mohon pencerahannya, ..

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      kalo betinanya sudah mau sih ga masalah

      Reply
      • Nurrul absory2 years ago

        Thanks, 🙂

        Reply

Leave a reply "Cara Membedakan Piyik Merpati Jantan atau Betina"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top