Pengobatan Muntah dan Berak Hijau pada Merpati

5
69581
merpati sakit

Penyakit berak hijau dan muntah pada merpati biasanya datang pada saat musim hujan. Berak merpati bisa berair dan bercampur dengan kapur. Jika terkena penyakit ini merpati menjadi tidak fit, dan pencernaan terganggu. Makanan kemarin pun belum dicerna dan masih tersisa di tembolok. Jika kita tekan tembolok maka akan ada gas keluar dari paruh, gas ini berbau dan hangat. Gas ini dinamakan gassy crop.  Burung dengan sour crop akan mudah muntah oleh beberapa rangsang, baik cahaya maupun gerakan, burung menjadi mudah haus (Polydipsia) dan minum banyak, tinja menjadi encer mungkin putih mungkin hijau pekat sekali dan burung kehilangan napsu makan.

burung-merpati-sakit-300x223

 

 

Sour Crop bukanlah penyakit utamanya melainkan efek samping dari penyakit ini, sour crop adalah mekanisme pertahanan tubuh merpati. Secara otomatis merpati mempunyai pertahanan tubuh untuk membelokade tembolok secara menyeluruh sehingga tidak ada satupun makanan yang akan diteruskan ke profentriculus dan gizzard (organ pencernaan setelah semua makanan selesai dihaluskan didalam tembolok) karena makanan yang ada di dalam tembolok sudah terinfeksi bakteri penyakit sehingga jika dicerna merpati akan mengakibatkan hal yang lebih fatal. Tetapi untuk menyembuhkan penyakit ini kita terlebih dahulu harus menghilangkan sour crop pada merpati agar obat-obatan yang kita masukan bisa dicerna dengan baik. Teknis pengobatan akan dijelaskan dibawah.

Saat merpati mengalami berak hijau merpati juga akan haus dan banyak minum, ini arena merpati tidak bisa mencerna makanan dan untuk memperoleh energi merpati harus banyak minum. Sisa pembuangan cairan bercampur dengan billirubin (bahan dari empedu untuk mengurai lemak) jika pada keadaan normal normal akan dirubah menjadi stercobillinogen (berwarna coklat kekuningan, yaitu kotoran) tetapi jika merpati terjangkit infeksi ini maka hanya cairan dan billirubin yang bercampur karena makanan tidak dicerna. Oleh karena itu kotoran menjadi kental dan hijau (dari cairan empedu).

Merpati muntah-muntah juga merupakan pertahanan diri, guna menguras isi tembolok yang ter infeksi, jika merpati muntah-muntah malah lebih bagus.

Penyebab Muntah & Berak Hijau

Muntah dan Berak hijau adalah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri Estheria Colli. Kebersihan kandang yang kurang baik dan daya tahan tubuh merpati yang lemah menjadi pemicu utama, ditambah jika usim hujan tiba, dimana bakteri E-Colli ini berkembang biak pesat. Jika pada manusia infeksi bakteri E-Colli ini bisa mengakibatkan diare.

Gejala Berak Hijau

a. Tembolok kembung/makanan tidak dicerna
b. Muntah-muntah
c. Burung tidak fit
d. Kotoran berwarna hijau / putih seperti ada kapur / cair
e. Burung banyak minum

Penularan Berak Hijau

a. Air Liur
b. Air Minum
c. Tempat Pakan
d. Kontak Langsung Merpati

Pengobatan Muntah & Berak Hijau

1. Kuras isi tembolok

Untuk pengurasan bisa dilakukan dengan berbagai teknik, bisa dengan melolohkan air atau dengan memberikannya obat. Saya merekomendasikan dengan memberikan obat yaitu Tetra-Chlor 1 kapsul. Setelah pemberian Tetra-Chlor beberapa saat kemudian merpati akan muntah-muntah mengeluarkan semua isi tembolok. Ini bagus dan kita bisa melakukan tahap selanjutnya.

2. Puasakan & Beri Multivitamin

Puasakan burung setelah kita kuras temboloknya selama 1/2 – 1 hari (lihat kondisi). Jika keadaan burung masih segar maka kita hanya perlu memberikan minuman yang diberi multivitamin (vita chicks, birdvit, dll), jika lemas berikan 1/2 tablet koleridin  atau 1/4 tetra-chlor dan 1/2 tablet vitaflex tiap pagi sore, posisi burung dipuasain selama 1 hari. Lalu Berikan makan pada merpati jika tidak meu makan spet dengan bubur atau voer dan lihat apakah temboloknya sudah turun atau belum. Jika belum ulangi lagi.

3. Spet EM4

EM4 merupakan obat wajib dikandang saya, EM4 sangat ampuh untuk melawan penyakit pencarnaan yang diakibatkan oleh bakteri. Dari beberapa kali mengalami burung sakit berak hijau sampai wabah satu kandang alhamdulillah dengan menggunakan EM4 sekarang tidak mengamainya algi, burung sehat sentosa.

Berdasarkan pengalaman pemberian EM4 pada burung yang terkena berak hijau ini dalam sehari sudah membuahkan hasil, padahal kondisi burung sampai lumpuh. Cara pemberiannya cukup spet EM4 pada burung yang sakit sebanyak 6-10ml setiap hari dan lihat perkembangannya. EM4 bisa didapatkan di toko pakan burung atau toko ternak.

5 COMMENTS

  1. Maksih mas plajaran yang anda berkan lewat artike yg anda tulis sangat berguna sekali bagi sy yang ternak masih pemula

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.