Cara Menjinakkan Merpati yang Giras atau Liar

In Merpati 140910 views

Orang-orang biasanya memelihara merpati untuk dimainkan entah itu merpati balap atau tinggi. Tetapi untuk mempermudah melatih merpati dibutuhkan merpati yang jinak agar tidak ‘panik’ ketika di latih maupun disimpan dalam kandang merpati. Seringnya burung yang masih liar atau giras akan menyulitkan kita. Jika yang liar itu betina geber maka akan sulit bagi kita untuk menangkapnya sehingga merpati jantan bisa ikutan menjadi liar. Betina yang masih liar juga sulit di geber biasanya dia hanya membentangkan sayapnya tanpa mengepak dan bersuara ‘nguk nguk’ saat di pegang.

Jantan yang giras (liar) akan sulit bagi kita untuk melatihnya karena jika merpati giring maka dia masih takut dengan tangan dan tidak mau nemplok di tangan kita walaupun sedang giring keras. Nah maka dari itu kita perlu menjinakkan merpati giras terlebih dahulu agar mudah untuk dilatih.

trik-menjinakan-merpati

Pengalaman saya menjinakkan merpati yang masih giras antara merpati jantan dan betina maka akan lebih mudah menjinakkan yang jantan. Nah berikut trik dan tips dalam menjinakkan merpati yang masih liar atau giras

Cara Menjinakkan Merpati yang Giras / Liar

Saya memelihara merpati dengan cara di umbar yang notabene akan membuat merpati menjadi liar tetapi merpati peliharaan saya alhamdulillah tidak ada yang liar. Berikut tips trik saya menjinakkan merpati

1. Mandikan

Langkah pertama mandikan merpati yang masih liar sampai basah kuyup. Mandikan merpati bisa dengan mencelupkannya ke dalam ember sampai benar-benar basah, lalu jemur sambil sesekali di pegang sesaat sebelum kering. Lakukan ini rutin jika perlu.

2. Kurung Merpati

Selain memandikan merpati mengurungnya dalam beberapa waktu dapat menjinakkan merpati.

3. Sering dipegang dan didekati

Sering-seringlah memegang merpati yang liar, pegang dengan posisi yang membuat dia nyaman. Sering pula dekati merpati jika sedang mencari makan usahakan kita ada didekatnya dan jangan lakukan gerakan tiba-tiba karena ini akan mengagetkannya dan merpati akan bertambah liar dan giras. Saat memberi makan merpati usahakan kita memakai tangan kita agar merpati menjadi kenal dengan kita.

cara-menjinakan-merpati

Saya rasa beberapa cara menjinakkan merpati liar di atas sudah cukup. Lakukan secara rutin jangan hanya sesekali. karena merpati adalah binatang yang harus kita ‘biasakan’. Selain cara menjinakkan yang paling penting bagi kita adalah mencegah merpati menjadi liar.

Mencegah Merpati Menjadi Liar

Pencegahan ini sangat efektif sekali dan efeknya merpati akan akrab dengan kita dan tidak takut dengan tangan.

1. Peganglah Semasa Piyik

Saat merpati baru berumur beberapa hari peganglah atau bawa keluar kandang dengan tangan kita, dengan demikian merpati sedari dini akan kenal dengan bau kita. Minimal sehari sekali di pegang saat piyik, bisa sambil menjemurnya di panas pagi yang belum terik (jam 7-8). Cara ini sangat efektif sehingga saat sudah bisa terbang atau dewasa merpati tidak takut lagi dengan kehadiran kita

mencegah-merpati-liar

2. Pakai indukan / babu loloh yang jinak

Prilaku indukan yang jinak juga bisa menurun pada piyikan. Karena piyikan biasanya belajar dari indukannya (sikapnya) tetapi karakteristik atau bakat terbang tetap pada indukan aslinya.

Tags: #cara menjinakkan merpati #merati giras #Merpati #merpati jinak #merpati liar

Mengawinkan Burung Merpati Sedarah Apakah Bagus?
Mengawinkan Burung Merpati Sedarah Apakah Bagus?
Mengawinkan Merpati Sedarah – Ada beberapa teman
Jual Ring Merpati Berbagai Model, Nama Atur Sendiri
Jual Ring Merpati Berbagai Model, Nama Atur Sendiri
Jual Ring Merpati – Ring merpati atau
Maksud dari Giringan A Giringan B Merpati Balap Koling Tinggi
Maksud dari Giringan A Giringan B Merpati Balap Koling Tinggi
Giringan A Giringan B Merpati – Pernahkah
Vitamin dan Suplemen Merpati Lomba Wajib
Vitamin dan Suplemen Merpati Lomba Wajib
Vitamin dan Suplemen Merpati – Suplemen dan
Makanan Burung Dara Merpati Balap dan Tinggi Lengkap
Makanan Burung Dara Merpati Balap dan Tinggi Lengkap
Makanan Burung Merpati – Makanan adalah salah
Perbedaan Burung Dara dan Merpati yang Benar
Perbedaan Burung Dara dan Merpati yang Benar
Perbedaan Burung Dara dan Merpati – Burung
2 Faktor Memilih Merpati Balap yang Bagus Berkualitas
2 Faktor Memilih Merpati Balap yang Bagus Berkualitas
Memilih Merpati Balap Berkualitas – Cara memilih
Memilih Burung Dara/Merpati Tinggian Kolong yang Bagus
Memilih Burung Dara/Merpati Tinggian Kolong yang Bagus
Memilih Burung Dara Bagus – Memilih burung
Beternak Merpati Balap dan Tinggian dengan Metode Genetic Breeding
Beternak Merpati Balap dan Tinggian dengan Metode Genetic Breeding
Berternak Merpati – Dalam beternak merpati Apakah itu
Warna Merpati Unik yang Jarang Terlihat
Warna Merpati Unik yang Jarang Terlihat
Warna Merpati Unik – Selain warna merpati
Memperbaiki Kinerja Merpati yang Menurun / Rusak
Memperbaiki Kinerja Merpati yang Menurun / Rusak
Kinerja Merpati Menurun – Barusan ada pesan masuk
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati Lengkap dari Piyik
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati Lengkap dari Piyik
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati – Kesempatan kali
Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Merpati
Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Merpati
Manfaat Probiotik Untuk Merpati – Setelah sebelumnya
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Merpati
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Merpati
Manfaat Cuka Bagi Merpati – Menjaga kesehatan
Tips Memelihara Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan
Tips Memelihara Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan
Memelihara Kesehatan Merpati – Musim pancaroba yaitu
Memilih Indukan Betina Merpati Balap yang baik
Memilih Indukan Betina Merpati Balap yang baik
Memilih Indukan Betina Merpati Balap – Permainan
Cara Mengganti Pasangan Merpati
Cara Mengganti Pasangan Merpati
Mengganti Pasangan Merpati – Sebagai penghobi merpati
Mengenal Merpati Balap Leonard Legendaris
Mengenal Merpati Balap Leonard Legendaris
Merpati balap leonard – Bagi para pemain
Pola Pemberian Jamu Merpati yang Baik
Pola Pemberian Jamu Merpati yang Baik
Pemberian Jamu pada Merpati – Dunia adokan
Cabut Bulu Ekor Merpati dengan Benar
Cabut Bulu Ekor Merpati dengan Benar
Cabut bulu ekor merpati – Dalam memelihara
  1. yudha4 years ago

    Bagaimana Cara Agar Merpati Rambut Nya Mancung Keatas?..

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang4 years ago

      ga bisa itu sih bawaan

      Reply
  2. dafit3 years ago

    caramenang kap burung dara yangsedang giring

    Reply
  3. awok3 years ago

    gan merpati saya pindah kabndang gara2 di ganggu Anak2 gmana cr supaya balik lagi dan gmana cara nangkapnya?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      wah troma itu om, coba tunggu laper terus di taburi jagung, atau tangkep pas malem hari biasanya burung ga terbang. Sekap lagi di kandangnya aga lamaan.

      Reply
      • awok3 years ago

        thanks saranya tpi mslhnya pindah ke atap rumah jdi susah nangkepnya

        Reply
  4. wahyu3 years ago

    mas,kenapa piyik merpati saya suka ciuman

    Reply
  5. miftah3 years ago

    agan mau nanya,merpati pos saya baru dan sepasang, sdh lima hari sijantan terus bekur dan ngajak kawin, tp betina nya ga pernah mau sampai sijantan memaksa tetap tidak bisa, padahal dah saling mesra dan ciuman, kenapa sibetina ga mau dikawinin ya gan?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      belum birahi kali gan, saya ga tau mungkin cewe biasa jual mahal :v

      Reply
  6. miftah3 years ago

    belum puber kali ya hrhe, satu lg prtanyaannya gan saya beli merpati putih baru sepasang, sdh 6 hari saya dikurung dan sdh mulai pacaran, saya umbar yg jantan ternyata betina juga keluar tnpa sengaja,saya tidak berani lg keatap dan masukin betina takut mreka kaget dan trauma, mrrka trlihat santai diatas kurungan diatap rumah saya sekitar 15 menit, dan tiba tiba terbang jauh berdua, apakah merpati lepas dan balik lagi? mhn masukan agan

    Reply
    • Agung Ramadhan3 years ago

      Mas merpati saya udah giring tapi pas udah bertelur si jantannya malah giring sama kandang,,mibta solusinya mas

      Reply
  7. guntur3 years ago

    burung saya baru 3 hari disekep trus lepas kira2 udah kenal daerah belum tuh? soal nya udah 1 hari gak balik

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      tergantung burung om, tapi kalo ga balik ya ikhlasin aja ;D

      Reply
  8. samblek3 years ago

    Saya punya merpati sepasang tapi kok giras ya

    Reply
  9. jackly3 years ago

    Saya mau nanya mas, saya buat kandang merpati dari kardus bekas, apakah merpati bisa giring kandang dengan kandang yang sangat sederhana ??

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      bisa mas, sama kok saya juga dulunya pake kardus 🙂

      Reply
  10. Aldofa3 years ago

    Cara menangkap nya yg betina gimana tapi yg jantan enggak terbang

    Reply
  11. Imam Santoso3 years ago

    bang misalnya burung mau nelor terus digangguin sama bapa/emaknya padahal dia yang ngelahirin.. terus gimana tuh bang? minta tipsnya bang .. Trims

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      ga apa-apa asalkan ga ganggu telornya

      Reply
  12. NIZAR AQSHA QURANIA3 years ago

    Bang kalo punya merpati ngabekur aja kalo dikasih bikang yang temen lama lama kalo gak dikasih bikang emang bisa stres

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      setiap burung beda2. tapi selama saya miara burung ga di kasih bikang ga stress kok. yang ada malah jadi branca (bekur terus)

      Reply
  13. Hendria3 years ago

    Cara memegang merpati agar merpati nya nyaman gimana bang mohon di bantu ya gan

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      pegang bagian pinggangnya jangan keras-keras mas, tekuk kakinya. lalu usap usap sampai ga berontak

      Reply
  14. org aja2 years ago

    gan obat burung dara yg bekurnya gada suaranya apa yaa gan

    Reply
  15. andrey2 years ago

    Mas merpati saya kan udah keket tapi kok kalo dirumah giras apa karena gak ada temennya y soalnya kalo di tempat yang banyak merpatinya kok jinak ya
    Temen sawa walau cuma punya satu jodoh kok tempel ya kalo punyaku gak tempel malah kadang kadang gak mau mendekat,tolong caranya y maa

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      masih belum adaptasi mas, karakter burungnya juga berpengaruh, pelan-pelan jangan sering dikasarin

      Reply
  16. adi2 years ago

    Mas mw tanya apa solusi nya berhentikan burung merpati agar tidak bertelur lagi,soal nya sepasang merpati saya selalu bertelur setelah menetas,hampit setiap saat,saya coba jual merpati jantan nya eee malah dia balik lagi padahal udah jauh saya jual nya,saya kewalahan merawat anakan nya yg masih piyik,tolong kasi saran mas

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      di sembeleh aja mas beres hehehe 😀

      Reply
  17. wahyudi N1 year ago

    Apakah kalo motong sayap merpati tdk menyakitkan si merpatinya, dan klau sudah bisa terbang dia gk kabur. Mohon sarannya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang1 year ago

      tidak asal yang dipotong hanya bulunya bukan sayapnya haha. merpati didiemin beberapa hari juga ga kabur ko baca : merpati mengetahui kandang

      Reply
  18. Achmad laksmana11 months ago

    Mas saya mau beli burung ternakan nya boleh gaa ? Kalo boleh saya minya no telfon nya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang11 months ago

      lokasi dimana om?

      Reply
  19. Rifan9 months ago

    Gan merpati betina agar tidak galak sama si jantan gomana ya agn…?mohon bantuannya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang9 months ago

      dipisah dulu 1-2 minggu, biarin sendiri nanti lama2 juga lenjeh

      Reply

Leave a reply "Cara Menjinakkan Merpati yang Giras atau Liar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top
error: Content is protected !!