Agar Merpati Mengetahui Kandang

9
86231
Kandang merpati

Merpati adalah salah satu binatang yang unik. Merpati bisa mengetahui kandangnya sendiri dan bisa pulang sendiri bahkan tanpa kita suruh. Memang pada dasarnya merpati adalah jenis binatang yang menetap disuatu tempat nah jadi memang pada dasarnya sudah begitu jadi kita bisa memanfaatkannya jika ingin memelihara merpati. Agar merpati mengetahui kandangnya ada beberapa cara, tapi sebelum itu kita bedakan dulu jenis merpati yang akan kita pelihara (yang umum dipelihara). Disini saya kategorikan dalam tiga kategori, yaitu yang pertama merpati jenis pos, yang kedua merpati biasa (yang sering dimainkan) sebut saja begitu, yang terakhir merpati hias.

IMG00804-20120622-1001-300x225

Perbedaan jenis merpati :

baca : membuat kandang merpati

1. Merpati Pos

Merpati pos adalah merpati dengan feeling ‘homing’ yang paling bagus diantara merpati yang lain. Artinya kemampuan pulang kerumahnya lebih besar dan lebih mapan dibanding burung merpati lainnya. Merpati pos memiliko postur badan yang lebih besar (bongsor) diantara merpati lainnya. Memiliki hidung yang menojnjol dan lebih besar. Nah seperti ini kira-kira bentuknya.

1280729789_107735410_1-Gambar-Merpati-Pos-297x300

Merpati pos dapat pulang kerumahnya walaupun di terbangkan 1000 km jauh dari rumahnya. Merpati pos mempunyai karakter ‘akan pulang’ jika sudah berada di selain rumahnya. Jika dipelihara sejak sudah dewasa merpati pos akan berusaha pulang ke kandang tempat kita membeli, jadi jika kita membeli merpati pos yang sudah dewasa hendaknya kita kurung saja dan ambil anaknya karena jika kita umbar maka merpati akan pulang ke rumah asalnya. Jika kita ingin memelihara merpati pos peliharalah ketika masih piyik. Paling tua usahakan ketika umur 28 hari atau ketika akan bisa terbang. Teknisnya nanti saya bahas dibawah.

2. Merpati Biasa

Merpati ini saya sebut saja merpati biasa karena ini merpati yang banyak kita pelihara. Biasanya merpati ini kita mainkan sebagai merpati balap atau merpati tinggian. bentuknya seperti ini

529803_f_tumaritis-300x255

Merpati jenis ini mudah sekali untuk mengenal kandangnya hanya beberapa hari pun dia bisa mengetahui kandangnya. Usahakan tempat membeli merpati ini tidak dekat rumah kita, jika dekat dari rumah kurung lebih lama. Teknisnya bisa dilihat dibawah

3. Merpati Hias

Merpati hias adalah jenis merpati hasil rekayasa genetik yang panjang sehingga menghasilkan beberapa jenis yang ‘unik’ yang lain daripada yang lain. bahkan beberapa jenis diantaranya mempunyai karakter uang unik seperti terbang rolling sambil jungkir balik, terbang berputar-putar seperti gasing saat terbang. Nah jenis merpati hias banyak sekali macam dan bentuknya saya bawakan sedikit contoh merpati ini.

081220122926-300x225

 

 

cropped-maxresdefault-2-300x168

 

Untuk jeni merpati hias lama waktu dalam mengurungnya kita perpanjang karena beberapa jenis terkadang ‘rewel’ dan sulit untuk mengetahui kandang sehingga tunggu sampai bertelur. Kira-kira paling singkat minimal kita kurung dalam kandangnya sekitar 7 hari, untuk jenis jowo sungut, kita tunggu sampai bertelur.

Teknis Menyekap Merpati : 

1. Siapkan kandang

Siapkan kandang yang kira-kira cukup untuk merpati atau amannya 40 cm x 50 cm x 40 cm agar merpati ‘leluasa’, usahakan senyaman mungkin untuk merpati. Kandang yang nyaman dan bersih juga menjaga agar merpati kita tidak terkena penyakit.

2. Sekap merpati

Sekap merpati dalam kandang dengan jangka waktu yang sudah kita tentukan diatas berdasarkan jenisnya. Sediakan ‘grit’ dan air minum didalam kandang.

3. Jemur merpati

Sesekali keluarkan merpati dari kandangnya dan jemur di sekitaran kandang agar merpati mengetahui keadaan sekitar kandangnya lakukan pagi dan sore, beri makan 1 kali sehari saja cukup saat sore hari sambil di jemur.

4. Keluarkan merpati

Jika sudah sampai hari yang ditentukan diatas keluarkan merpati dari kandang dengan cara membuka pintu kandang dan merpati masih didalam, lakukan saat sore hari sekitar ja 5 atau ja 5.30 agar merpati tidak berani jauh-jauh dari rumahnya. Akan lebih baik jika kita mempunyai beberaa pasang merpati.

Selamat mencoba cara diatas mudah-mudahan merpatinya cepat tahu kandangnya.

9 COMMENTS

  1. Burung merpati saya udah 2 bulan lebih..dan baru sekarang saya lepaskan..apakah dia akan kembali lagi?tolong responnya..dan kapan dia bisa pulang

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.