Cara Pengobatan Penyakit Goham pada Merpati

8
37449
goham merpati

Seperti yang telah dibahas sebelunya mengenai macam-macam penyakit pada merpati. Goham atau Canker merupakan penyakit merpati yang paling umum dijumpai. Jika dalam manusia penyakit ini seperti sariawan. Pada burung merpati penyakit goham ini disebabkan oleh protozoa trichomoniasis. Karena penyakit ini paling umum dijumpai, maka apabila burung anda terlihat kurang fit, maka cek kesehatan merpati pertama kali apakah terkena penyakit goham. Goham sangat mudah sekali menyerang burung dan penyebabnya berbagai macam terutama stress karena kelelahan atau perjalanan jauh. Goham bisa menyerang bagian tubuh mana saja mulai dari mulut sampai dubur seperti terlihat pada gambar di bawah. Jika merpati kawan-kawan terkena goham maka akan tercium bau busuk dari mulut merpati.

goham-merpati-225x300

Penyakit goham sangat mudah sekali terlihat jadi kita tidak sulit untuk mendeteksi penyakit ini. Ada beberapa tanda goham pada merpati dan yg paling umum adalah:

  1. Ada bercak kuning di mulut seperti terlihat pada gambar. Tetapi apabila goham menyerang organ bagian dalam tentu bercak kuning tidak terlihat. Untuk goham yang menyerang organ bagian dalam, maka mulut burung akan tercium bau busuk. Oleh sebab itu apabila ada burung yang terlihat kurang sehat, maka perlu diperiksa mulutnya dan dicium.
  2. “Pinguin posture”, yaitu burung akan berdiri seperti pinguin atau bebek.
  3. Kotoran mencret dan berwarna hijau.
  4. Banyak minum.
  5. Telih atau tembolok tidak turun.
  6. Badan terasa berat (“lady feel”).
  7. Bulu terlihat kering dan kusam.

Penularan goham adalah melalui :

1. Air Liur

Penularan goham bisa trjadi pada air liur merpati. Ini terjadi ketika terjadi proses ‘loloh’ yaitu seperti berciuman. Proses ini terjadi pada saat induk memberi makan kepada anaknya, maka jika induk atau anak terkena penyakit goham maka kemungkinan besar akan tertular penyakit itu. Ini juga bisa terjadi saat merpati sedang bercumbu maka jika melihat salah satu merpati terkena goham langkah pertama yang dilakukan adalah mengisolasi burung tersebut.

2. Air Minum

Saat terkena goham maka merpati akan sering minum dan tidak menutup kemungkinan protozoa penyebab penyakit goham akan ikut terbawa dalam air sehingga bisa menjadi media penularan.

3. Tempat Pakan

Sama sepertihalnya pada air minum maka pada saat makan (jika makan bersama) juga bisa menyebabkan tertularnya penyakit.

4. Kontak Langsung

Kontak langsung pada merpati juga merupakan salah satu media penularan.

Cara Pengobatan penyakit goham :

1. Isolasi

Jika terlihat salah satu dari merpati kita terkena goham maka segera isolasi merpati yang terkena goham. Karena penyebab goha diatas tidak mungkin dihindari jadi satu-satunya cara adalah mengisolasi merpati yang terkena goham.

2. Beri obat

Pengobatan goham bisa menggunakan anti biotik Metronidazole, Carnidazole, Ronidazole atau Dimetridazola. Metronidazole terbukti efektif mengatasi goham dan harganya pun relatif murah dan bisa didapat di apotik. Dosis yang dianjurkan adalah 50 mg/hari. Gunakan sekitar 75-100 mg. Jadi kalau kita pake Metronidazole 500 mg, maka 1 tablet bisa dibagi 4-6. Pengalaman saya belum lama ini diberi 1/6 tablet dan hanya dalam 2 hari goham sudah bersih. Meskipun goham sudah bersih, tetapi pemberian anti biotik dianjurkan 5-7 hari agar betul2 tuntas dan menghindari bakteri kebal.

Bisa juga dengan memberi antibiotik alami seperti kunyit dan jahe merah. Parut atau blender sampai halus dan ambil airnya untuk di spet pada merpati. Lakukan setiap hari 1 hari 2 kali sampai sembuh, karena ini herbal maka tidak ada efek samping yang berbahaya pada merpati asalkan tidak berlebihan.

3. Perawatan yang baik

Setelah di beri obat perhatikan juga perawatan saat diisolasi berikan pakan yang cukup vitamin dan grit. Jemur merpati pada pagi hari agar fisik menjadi sehat dan segar.

Pencegahan Penyakit Goham :

Cara terbaik dalam menghadapi penyakit ini adalah dengan mencegahnya diantaranya adalah :

1. Gunakan tempat minum berbeda

Saat burung dibawa ke lapak untuk dimainkan maka lebih baik pisahkan kandang dan air minu selama latihan karena kita tidak tahu burung teman terkena goha atau tidak.

2. Isolasi Burung baru

Kalau kita membawa burung dari luar kota atau dari tempat lain ada baiknya diberi obat anti goham 1/2 dosis (3 hari). Untuk burung yang stress karena perjalanan jauh atau terlalu lelah, cukup diberi obat 1 kali saja. Lalu lihat apakah ada gejala terkena goham atau tidak. Ini juga berfungsi sebagai pencegahan penyakit lainnya.

8 COMMENTS

  1. Pakai ABOTHYL…. Obat sariawan untuk manusia juga lumayan ampuh… tidak sampai 1minggu Insya Allah sembuh.. itu juga saya mengobati cuma 1x pengobatan. caranya dg diteteskan ke catton bath trus dioleskan ke tenggorokan merpati. Setelah di olesi minimal 1jam jgn di kasih air minum…
    Semoga bermanfaat …..

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.