Manfaat Probiotik Untuk Merpati – Setelah sebelumnya saya membahas tentang manfaat cuka apel untuk kesehatan merpati kali ini saya akan bahas salah satu suplemen kesehatan andalan saya untuk menjaga kesehatan merpati. Yaitu manfaat probiotik untuk merpati, probiotik memegang peranan penting dalam kesehatan makhluk hidup. Probiotik membantu menjaga bakteri (mikroba) baik dalam tubuh khususnya pencernaan agar seimbang. Probiotik membantu sistem pencernaan agar bekerja secara optimal, singkatnya.

Probiotik juga membantu penyerapan makanan menjadi lebih optimal, sehingga energi yang dihasilkan bisa lebih banyak. Probiotik juga membantu penguraian makanan didalam tubuh, sehingga sisa makanan (kotoran) yang dihasilkan lebih bersih dan tidak berbau karena di urai dengan baik didalam tubuh. Dengan berjalannya waktu dan optimalnya pencernaan maka akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Probiotik juga efektif untuk mengobati beberapa penyakit seperti goam pada merpati, karena goam bersifat basa dan probiotik  Dengan izin Allah manfaatnya banyak lah. Berikut kita bahas dibawah.

Manfaat Probiotik untuk Kesehatan Merpati

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dalam memberikan probiotik pada merpati.

1. Menyeimbangkan pertumbuhan mikroorganisme yang menguntungkan dalam tembolok (sistem pencernaan) merpati.

2. Menjga dan Memperbaiki dan meningkatkan kesehatan merpati. Apalagi di musim pancaroba maka menjaga kesehatan adalah hal wajib yang harus dilakukan.

3. Memperbaiki tingkat kesuburan merpati.

4. Mencegah bau tidak sedap pada kandang merpati. Probiotik mampu mengurai dengan baik sisa makanan sehingga menekan gas amonia yang terdapat di ternak yang menyebabkan bau.

5. Mengurangi stress pada merpati. Penting bagi merpati yang sedang berpergian atau merpati baru yang terdapat di kandang.

Dari beberapa manfaat diatas sebenarnya masih banyak lagi tapi itu sudah mewakili kok. Berikan secara rutin.

Pemberian Probiotik pada Merpati

Untuk dosis dan cara pemberiannya bisa bermacam-macam ada yang dispet langsung ada juga yang di campur pada air minum. Dosis pemberiannya saya tidak memakai aturan perkiraan saja asalkan tidak berlebihan. Pada air minum saya campurkan 2 tutup botol untuk 2-3 liter air minum, perkirakan saja usahakan warnanya ga begitu pekat. Biasanya merpati tidak mau minum karena bau dan warna air yang berubah maka dari itu saya lebih suka di spetkan langsung. Untuk dosisnya saya spet 5 ml untuk 1 ekor merpati.

Waktu pemberian 1-2 kali dalam seminggu. Berikan secara bijiak jangan sampai berlebihan. Untuk probiotik bebas mau pakai merk apa, tapi saya pakai merk em4 beli saja di toko ternak banyak kok.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.