Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Merpati

1
163532

Manfaat Cuka Bagi MerpatiMenjaga kesehatan merpati merupakan salah satu hal penting yang dilakukan para penghobi merpati. Kesehatan bisa jadi adalah prioritas utama, karena jika merpatinya bagus, giring keras, stut kencang, trah legendaris tapi apa gunanya kalo sering sakit hehehe. Dimainkan tidak bisa, diternak juga tidak bisa, nah oleh karena itu kesehatan adalah salah satu hal yang utama yang harus dijaga pada merpati.

Ada musim dimana merpati sering terkena sakit, dikit-dikit sakit dikit-dikit sakit terutama di musim pancaroba (perpindahan dingin ke panas atau panas ke dingin) seperti itulah. Penyebabnya banyak merpati bisa sakit. Bisa karena perawatan, bisa karena kondisi lingkungan dan kandang merpati, bisa karena virus dan bakteri, kondisi burung yang kurang fit dan daya tahan tubuh yang kurang kuat sehingga mudah terpengaruh perubahan cuaca, atau bawaan genetik karena persilangan. Terlebih lagi jika musim hujan. saya membuatkan artikel khusus untuk menjaga kesehatan merpati di musim ini baca : menjaga kesehatan merpati pada musim hujan

Ada satu lagi nih tindakan yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan merpati. Salah satunya yaitu dengan memberikan cuka pada merpati. Pemberian cuka pada merpati bisa membunuh bakteri yang ada didalam merpati, terutama di pencernaan merpati (tembolok). Karena cuka sifatnya asam, dan mayoritas bakteri yang menyerang merpati bersifat basa jadi bisa dinetralisir (praktisnya gitu).

Manfaat-cuka-apel-untuk-kesehatan-merpati

Memberikan Cuka Apel Pada Merpati

Cara untuk memberikan cuka ini mudah sekali tentunya. Tetapi kita harus memberhatikan dosisnya jangan berlebihan. Jika berlebihan bisa-bisa merpatinya sakit perut karena kebanyakan makan yang asem-asem wkwkwk becanda bro.. Nih langsung aja ke cara pemberiannya yah.

1. Siapkan cuka apelnya. Bebaslah ya merk apa aja, yang penting cuka apel. Bisa dibeli di pasar atau toko-toko kelontong.

2. Berikan cuka pada air minum merpati sebanyak 2 kali dalam seminggu.

3. Dosisnya 5-10 ml cuka untuk 1 liter air minum. Pastikan air minumnya bersih yah.

Bagaimana mudah bukan? Selain mudah memberikan cuka apel pada merpati bisa menjaga membantu kesehatannya. Selain cuka apel ada juga manfaat pemberian probiotik pada merpati. Lain waktu saya bahas tentang manfaat prebiotik pada merpati.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.