Makanan Merpati Agar Cepat Gemuk

In Merpati 162151 views

Sebagian pemain merpati kadang kesulitan agar merpatinya menjadi gemuk dan sehat. Atau agar merpatinya terasa empuk saat di pegang. Ada beberapa cara untuk menjadikan itu semua. Tetapi kita juga harus faham ada beberapa merpati yang akan terasa keras (tulangan lancip) saat di pegang dan tidak bisa empuk karena itu sudah bawaan. Yang bisa di usahakan disini adalah otot yang ada di sampingnya. Nah bagaimana cara agar merpati gemuk? mari di simak

merpati-gemuk

Makanan Merpati Agar Gemuk

Makanan merpati agar cepat gemuk memerlukan waktu yang tidak singkat dan perawatan yang terus menerus. Nah berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan, tetapi sebelumnya saya asumsikan merpati anda dalam kondisi sehat tidak terkena cacingan pada merpati.

1. Konsumsi Kacang Tanah

kacang-tanah-merpati

Makanan pokok merpati pada umumnya adalah jagung, nah jagung juga sudah mempunyai protein yang cukup tetapi untuk mendapatkan badan yang cepat gemuk kita perlu menambahkan makanan yang mempunyai protein extra. Makanan tambahan yang saya rekomendasikan adalah kacang tanah. Kacang tanah adalah jenis ‘kacang-kacangan’ yang sangat disukai merpati dan mengandung protein paling banyak diantara biji-bijian lainnya. Tetapi ada beberapa merpati yang tidak bisa menelan kacang tanah. Solusinya yaitu dengan membiasakan terlebih dahulu dengan cara merpati jangan di beri makan terlebih dahulu sehingga akan menjadi lapar sekali lalu pilihkan kacang tanah kecil dan lemparkan atau berikan pada merpati satu persatu sehingga dia bisa menelannya, lalu berikan kacang yang lebih besar. Setelah bisa menelan kacang saya jamin mereka akan doyan dan ‘ketagihan’ dengan kacang hehehe.

Catatan : Bagi merpati yang sehari-harinya di dalam kandang berikan grit secukupnya untuk kelancaran bagi pencernaan merpati dan penyerapan nutrisinya. Grit sederhana bisa dibuat sendiri dengan meremukkan cangkang telor dan batu kecil.

2. Konsumsi Pur Babi

pur-babi-merpati

Konsumsi pur babi ini di rekomendasikan untuk merpati piyik. Konon jika merpati player di beri pur terbangnya akan melamban karena ‘badannya berat’ tetapi saya belum mencobanya secara langsung sehingga belum bisa memastikannya.

Pola Makan Merpati

Selain pada makanannya yang kita perhatikan agar merpati gemuk kita harus memperhatikan pola makannya. Pola ini adalah pola rutin yang harus diberikan pada merpati kita.

1. Pagi

Berikan sarapan kacang tanah sebanyak 10 butir setiap pagi, dan beri minum secukupnya. Bisa di berikan lebih juga tetapi jangan berlebihan. Jika masi piyik bisa berikan pur atau kacang pada indukannya.

2. Sore

Berikan makanan pokok yauti jagung setiap sore sebagai makanan pokoknya seperti biasa.

Pola ini bisa dirubah disesuaikan dengan kebiasaan masing-masing, yang penting berikan kacang tanah minimal 10 butir setiap harinya.

Tags: #agar merpati gemuk #makanan merpati agar gemuk #Merpati #merpati gemuk #supaya merpati menjadi gemuk

Mengawinkan Burung Merpati Sedarah Apakah Bagus?
Mengawinkan Burung Merpati Sedarah Apakah Bagus?
Mengawinkan Merpati Sedarah – Ada beberapa teman
Jual Ring Merpati Berbagai Model, Nama Atur Sendiri
Jual Ring Merpati Berbagai Model, Nama Atur Sendiri
Jual Ring Merpati – Ring merpati atau
Maksud dari Giringan A Giringan B Merpati Balap Koling Tinggi
Maksud dari Giringan A Giringan B Merpati Balap Koling Tinggi
Giringan A Giringan B Merpati – Pernahkah
Vitamin dan Suplemen Merpati Lomba Wajib
Vitamin dan Suplemen Merpati Lomba Wajib
Vitamin dan Suplemen Merpati – Suplemen dan
Makanan Burung Dara Merpati Balap dan Tinggi Lengkap
Makanan Burung Dara Merpati Balap dan Tinggi Lengkap
Makanan Burung Merpati – Makanan adalah salah
Perbedaan Burung Dara dan Merpati yang Benar
Perbedaan Burung Dara dan Merpati yang Benar
Perbedaan Burung Dara dan Merpati – Burung
2 Faktor Memilih Merpati Balap yang Bagus Berkualitas
2 Faktor Memilih Merpati Balap yang Bagus Berkualitas
Memilih Merpati Balap Berkualitas – Cara memilih
Memilih Burung Dara/Merpati Tinggian Kolong yang Bagus
Memilih Burung Dara/Merpati Tinggian Kolong yang Bagus
Memilih Burung Dara Bagus – Memilih burung
Beternak Merpati Balap dan Tinggian dengan Metode Genetic Breeding
Beternak Merpati Balap dan Tinggian dengan Metode Genetic Breeding
Berternak Merpati – Dalam beternak merpati Apakah itu
Warna Merpati Unik yang Jarang Terlihat
Warna Merpati Unik yang Jarang Terlihat
Warna Merpati Unik – Selain warna merpati
Memperbaiki Kinerja Merpati yang Menurun / Rusak
Memperbaiki Kinerja Merpati yang Menurun / Rusak
Kinerja Merpati Menurun – Barusan ada pesan masuk
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati Lengkap dari Piyik
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati Lengkap dari Piyik
Perawatan dan Pelatihan Burung Merpati – Kesempatan kali
Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Merpati
Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan Merpati
Manfaat Probiotik Untuk Merpati – Setelah sebelumnya
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Merpati
Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Merpati
Manfaat Cuka Bagi Merpati – Menjaga kesehatan
Tips Memelihara Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan
Tips Memelihara Kesehatan Merpati Saat Musim Hujan
Memelihara Kesehatan Merpati – Musim pancaroba yaitu
Memilih Indukan Betina Merpati Balap yang baik
Memilih Indukan Betina Merpati Balap yang baik
Memilih Indukan Betina Merpati Balap – Permainan
Cara Mengganti Pasangan Merpati
Cara Mengganti Pasangan Merpati
Mengganti Pasangan Merpati – Sebagai penghobi merpati
Mengenal Merpati Balap Leonard Legendaris
Mengenal Merpati Balap Leonard Legendaris
Merpati balap leonard – Bagi para pemain
Pola Pemberian Jamu Merpati yang Baik
Pola Pemberian Jamu Merpati yang Baik
Pemberian Jamu pada Merpati – Dunia adokan
Cabut Bulu Ekor Merpati dengan Benar
Cabut Bulu Ekor Merpati dengan Benar
Cabut bulu ekor merpati – Dalam memelihara
  1. [email protected]3 years ago

    gak mau di makan kacang tanah nya

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Suruh laper dulu, kasih kacang kecil2, nanti mau ko dimakan..

      Reply
  2. Muhammad tasdin3 years ago

    I love merpati.

    Gemuknya bgus,bsa d ajk lthn,untk prsiapan balapan.

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      mangga kang 😀

      Reply
  3. Yoga Fendi3 years ago

    Kacangnya mentah apa matang?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      mentah mas

      Reply
  4. setiawan3 years ago

    Mas.merpati ku susah banget makannya gimana eah

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kasih makan sehari sekali saja

      Reply
  5. setiawan says3 years ago

    kalau merpati nggak mau makan apah boleh di cekokkin

    Reply
  6. m.alif3 years ago

    Kalo di kasih kacang kulit boleh gak

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kayaknya ga bakal suka deh mas.

      Reply
  7. Wisnu Wijayanto3 years ago

    Kalok merpati ku doyan banget ma kacang,semoga merpati ku cept gemuk dan sehat…..

    Reply
  8. Gifari3 years ago

    Mas Kok merpati saya gak gemuk” padahal udah di rutinin jagung berasmerah pagi sore, kacang tanah juga udah 10 butir, gimana yaa kok gk gemuk gemuk ??

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      cacingan kali? coba kasih obat cacing. tapi kalo emang burung tulangannya kasar (lancip tulangannya) emang ga bisa ngisi mas.

      Reply
  9. jiwa fals3 years ago

    Misal diganti kacang ijo sama gak ??

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      kacang ijo kandaungan lemaknya masih dibawah kacang tanah

      Reply
  10. Gigin3 years ago

    kalau di kasih beras boleh ga mas

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      boleh tapi beras tidak bikin gemuk

      Reply
  11. Aguss3 years ago

    Maunya makan jagung madura gak mau kacang tanah

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      sedikit2 om, sampe laper dulu

      Reply
  12. sidki3 years ago

    Kalau di kasik pakan beras fungsinya apa si om..kok kadng2 mrpt blp tu d ksik berras..

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      Beras bisa buat sumber tenaga (karbohidrat) sama membuat badan berisi.

      Reply
  13. tahta khrisna3 years ago

    Merpati ku susah makan jagung tapi doyan banget makan kacang tanahngimana ni ? Bagus kagak klo kebanyakan kacang tanah

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang3 years ago

      bagus om, tapi jgn banyak2. Saya sehari 10-15 kacang aja, nanti berat terbangnya

      Reply
  14. Dwi adi p2 years ago

    Gimana caranya agar merpati saya mau makan

    Reply
  15. Jabot2 years ago

    Om melenceng dikit ngapo burung merpati aku ni setiap bertelur pecah oleh indukannyo terus ?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      karakter um, biasanya kadang gitu. Solusi yang bisa dicoba ada 2, pertama ganti pasangannya, kedua pisahkan dari pasangannya dulu (jangan sampe berjodoh) 2-3 minggu, baru jodohkan lagi. Kalo masih kaya gitu emang sudah karakter 😀

      Reply
  16. Aditya Mufi2 years ago

    gan itu ngasih kacang tanahnya 10 butir untuk porsi jantan saja atau sepasang?

    Reply
    • Author

      Pecinta Binatang2 years ago

      jantan saja mas

      Reply
  17. Syafdhan4 months ago

    Add wa q biar q lebih paham 081456161130

    Reply

Leave a reply "Makanan Merpati Agar Cepat Gemuk"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.


Top
error: Content is protected !!