Makanan Merpati Agar Cepat Gemuk

30
162350

Sebagian pemain merpati kadang kesulitan agar merpatinya menjadi gemuk dan sehat. Atau agar merpatinya terasa empuk saat di pegang. Ada beberapa cara untuk menjadikan itu semua. Tetapi kita juga harus faham ada beberapa merpati yang akan terasa keras (tulangan lancip) saat di pegang dan tidak bisa empuk karena itu sudah bawaan. Yang bisa di usahakan disini adalah otot yang ada di sampingnya. Nah bagaimana cara agar merpati gemuk? mari di simak

merpati-gemuk

Makanan Merpati Agar Gemuk

Makanan merpati agar cepat gemuk memerlukan waktu yang tidak singkat dan perawatan yang terus menerus. Nah berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan, tetapi sebelumnya saya asumsikan merpati anda dalam kondisi sehat tidak terkena cacingan pada merpati.

1. Konsumsi Kacang Tanah

kacang-tanah-merpati

Makanan pokok merpati pada umumnya adalah jagung, nah jagung juga sudah mempunyai protein yang cukup tetapi untuk mendapatkan badan yang cepat gemuk kita perlu menambahkan makanan yang mempunyai protein extra. Makanan tambahan yang saya rekomendasikan adalah kacang tanah. Kacang tanah adalah jenis ‘kacang-kacangan’ yang sangat disukai merpati dan mengandung protein paling banyak diantara biji-bijian lainnya. Tetapi ada beberapa merpati yang tidak bisa menelan kacang tanah. Solusinya yaitu dengan membiasakan terlebih dahulu dengan cara merpati jangan di beri makan terlebih dahulu sehingga akan menjadi lapar sekali lalu pilihkan kacang tanah kecil dan lemparkan atau berikan pada merpati satu persatu sehingga dia bisa menelannya, lalu berikan kacang yang lebih besar. Setelah bisa menelan kacang saya jamin mereka akan doyan dan ‘ketagihan’ dengan kacang hehehe.

Catatan : Bagi merpati yang sehari-harinya di dalam kandang berikan grit secukupnya untuk kelancaran bagi pencernaan merpati dan penyerapan nutrisinya. Grit sederhana bisa dibuat sendiri dengan meremukkan cangkang telor dan batu kecil.

2. Konsumsi Pur Babi

pur-babi-merpati

Konsumsi pur babi ini di rekomendasikan untuk merpati piyik. Konon jika merpati player di beri pur terbangnya akan melamban karena ‘badannya berat’ tetapi saya belum mencobanya secara langsung sehingga belum bisa memastikannya.

Pola Makan Merpati

Selain pada makanannya yang kita perhatikan agar merpati gemuk kita harus memperhatikan pola makannya. Pola ini adalah pola rutin yang harus diberikan pada merpati kita.

1. Pagi

Berikan sarapan kacang tanah sebanyak 10 butir setiap pagi, dan beri minum secukupnya. Bisa di berikan lebih juga tetapi jangan berlebihan. Jika masi piyik bisa berikan pur atau kacang pada indukannya.

2. Sore

Berikan makanan pokok yauti jagung setiap sore sebagai makanan pokoknya seperti biasa.

Pola ini bisa dirubah disesuaikan dengan kebiasaan masing-masing, yang penting berikan kacang tanah minimal 10 butir setiap harinya.

30 COMMENTS

    • cacingan kali? coba kasih obat cacing. tapi kalo emang burung tulangannya kasar (lancip tulangannya) emang ga bisa ngisi mas.

  1. Merpati ku susah makan jagung tapi doyan banget makan kacang tanahngimana ni ? Bagus kagak klo kebanyakan kacang tanah

    • karakter um, biasanya kadang gitu. Solusi yang bisa dicoba ada 2, pertama ganti pasangannya, kedua pisahkan dari pasangannya dulu (jangan sampe berjodoh) 2-3 minggu, baru jodohkan lagi. Kalo masih kaya gitu emang sudah karakter 😀

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.