Merpati Tidak Giring atau Lama Giringnya

10
197256

Merpati lama atau tidak mau giring – Banyak sekali yang bertanya kepada saya di blog ini ko merpati saya tidak mau giring? Ko merpati saya lama yah giringnya? Apa penyebab merpati tidak mau giring? Yah terkadang kita membeli merpati adalah untuk dimainkan Nah untuk membahas itu banyak sekali faktor yang saya tahu berdasarkan pengalaman saya memelihara merpati dan berdasarkan pengalaman teman-teman saya. Saya akan membagi kedalam beberapa faktor secara umum. Setelah diketahui penyebab apa yang salah maka pikirkan solusinya yah.

merpati-lama-giringnya

Merpati Tidak Mau Giring atau Lama Giringnya

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi kenapa merpati tidak mau giring atau merpati giringnya lama sekali. Sebelum mencari penyebab merpati tidak mau giring maka pahami dahulu siklus giring merpati, merpati giring hanya beberapa hari (Sekitar 4-5 Hari) setelah itu merpati disuruh mengerami telur merpati jangan disuruh giring terus menerus ini akan merusak merpati.

Lalu bagaimana jika merpati tidak mau bertelur? Solusinya dengan memancing telur, caranya dengan menggunakan telur dari merpati lain dan membiarkan merpati kita mengeram, jika tidak ada telur merpati lain bisa dengan telur palsu atau kita membuat telur palsu dari kayu atau batu lalu di cat putih seperti telur (bahannya bebas dari apa saja). Apakah harus ditetaskan telur yang di erami? Jika merpati untuk dimainkan sebaiknya jangan, jika merpati untuk di anakkan silahkan saja.

Jika merpati untuk dimainkan tidak penting itu telur atau bukan yang penting dia mau mengerami telurnya, itu saja. Baca siklus giring bertelur merpati. Oke setelah memahami siklus giring bertelur merpati kita simak penyebab merpati tidak mau giring.

Syarat umum merpati mau giring ada 4 :

1. Lingkungan

Merpati giring adalah merpati yang mau bertelur atau berkembang biak. Jika lingkungannya tidak mendukung maka merpati tidak akan giring atau lama giring karena tidak akan berkembang biak. Lingkungan disini adalah kandang yang memadai dan tertutup. Jika merpati tidak di umbar maka kandang merpati harus dibuat besar agar merpati bisa kawin didalam kandang. baca : Kandang merpati

Jika merpati baru beli giring lalu setelah beberapa hari giringnya hilang maka itu wajar, biarkan bertelur atau umbar agar mau bertelur.

2. Perawatan

Merpati akan mau giring jika makanan sehari-harinya terpenuhi secara rutin. Logikanya dia tidak mau berkembang biak kalau makanannya kurang, buat sendiri aja kurang bagaimana buat anaknya? Nah memberi makan merpati minimal 1 hari sekali waktunya bisa sore atau pagi. Tapi saya sarankan beri makan sore sekitar jam 4-5. Beri makan merpati sampai benar-benar kenyang.

3. Kesehatan

Merpati tidak akan birahi jika tidak sehat. Maka perhatikan kesehatannya perhatikan jika ada prilaku yang janggal. Baca : Penyakit merpati

4. Merpati itu sendiri

Faktor terakhir adalah merpati itu sendiri. Kita membeli merpati lalu tidak kunjung giring tetapi merpati kita yang lain sudah giring. Ditunggu beberapa bulan kok masih belum giring juga, sudah bertelur dan beranak tetapi tidak mau giring juga. Memang ada beberapa merpati yang seperti ini dan ini sudah bawaan dan lebih baik di ganti saja.

Tapi jika merpati belum bertelur atau beranak dan tidak mau giring maka ini wajar, apalagi merpati baru yang butuh waktu adaptasi yang sangat lama sekali. Merpati saya sendiri butuh waktu 3 bulan sampai mau birahi dan bertelur lalu giring harus sabar memang apalagi merpati piyik.

1898092_641014205946193_764064854_n

Bisa juga karena betina tidak cocok atau merpati tidak birahi. Solusinya pisahkan terlebih dahulu jantan dan betina selama 1 minggu. Biarkan jantan merasa rindu dengan membuat suara nggukk nggukk nggukk dan betina menjadi lenjeh (mau kawin) ditandai dengan mengangguk atau duduk ketika dibekuri. Nah jika sudah siap bisa dijodohkan ulang baca : cara menjodohkan merpati

Untuk mempercepat merpati bertelur dan giring saya sarankan merpati diumbar saja jika tidak punya kandang macan agar merpati mau kawin dan birahi juga agar adaptasi dengan lingkungan cepat. Memelihara merpati lebih dari satu pasang juga akan mempercepat proses ini. Karena pada dasarnya merpati hidup berkelompok jadi butuh dorongan dari kelompoknya. Merpati akan saling ‘unjuk gigi’ jika ada pasangan merpati lain dan bisa mempercepat birahi. Oke saya rasa cukup itu saja intinya sabar yah, semoga merpatinya cepat giring 😉

10 COMMENTS

  1. mohon solusinya kalau merpati saya sudah mau kawin/rakit berkali², dan sudah disekap selama 2 hari taoi setelah itu tidak mau giring sama sekali itu gimana ya?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.